sign up SIGN UP

Kacamata Gratis Bisa Didapatkan dengan Cuma Modal BPJS Kesehatan, Ini Caranya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 22 Apr 2022 07:24 WIB
Kacamata Gratis Bisa Didapatkan dengan Cuma Modal BPJS Kesehatan, Ini Caranya!
caption
Jakarta -

Kacamata menjadi salah satu kebutuhan untuk mereka yang mengalami masalah rabun dekat, rabun jauh, atau hanya ingin melindungi matanya dari debu dan panasnya sekitar. Karena hal ini, banyak dari mereka pun yang akhirnya mengeluarkan bujet sendiri untuk membeli kacamata.

Harga kacamata sendiri cukup bervariasi, ada yang murah sampai dengan yang mahal. Semua telah tersedia, tinggal pilihan di tanganmu saja yang ingin membelinya seperti apa dan dimana. 

Namun, sebagai alasan demi kesehatan, membeli kacamata di optik dan sesuai resep dokter sangatlah disarankan. Jangan takut soal harga mahal, karena kini dengan modal BPJS Kesehatan saja, kamu bisa mendapatkannya!

BPJS Kesehatan merupakan layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakatnya. Ada berbagai macam layanan gratis yang bisa diakses dengan pakai BPJS Kesehatan ini, termasuk mendapatkan kacamata gratis. 

Cara Dapatkan Kacamata Gratis dengan Modal BPJS Kesehatan

BPJS KesehatanBPJS Kesehatan/ Foto: BPJS Kesehatan

Lantas, bagaimana ya Beauties cara mendapatkan kacamata gratis dengan modal BPJS Kesehatan ini? Simak yuk!

1. Datangi Faskes Tingkat I

Beauties, untuk mendapatkan kacamata gratis ini, cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I, seperti puskesmas, klinik, atau dokter yang sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS Kesehatanmu. 

Setelah mendatanginya, kamu bisa meminta rujukan, untuk selanjutnya dibawa ke dokter spesialis mata atau poliklinik yang memang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tersebut.

2. Dilanjutkan ke Dokter Spesialis Mata

Cara Dapatkan Kacamata Gratis Modal BPJS KesehatanCara Dapatkan Kacamata Gratis Modal BPJS Kesehatan/ Foto: Freepik.com/karlyukav

Sebelumnya kamu telah meminta rujukan, bukan? Nah, rujukan tersebut akan membawamu untuk ke spesialis mata. 

Pada tahap ini, kamu akan dilakukan pemeriksaan sekaligus mendapatkan resep untuk nantinya membeli kacamata. 

3. Legalisir Resep Dokter

Sudah melakukan pemeriksaan mata bersama dokter spesialis yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kini kamu sudah mendapatkan resepnya. 

Setelah ini kamu harus melegalisir resep dari dokter spesialis mata tadi untuk bisa digunakan. Caranya mudah saja, yakni dengan mendatangi loket BPJS Kesehatan terdekat lalu meminta legalisir pada petugasnya.

4. Bersiap Datangi Optik yang Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan

Cara Dapatkan Kacamata Gratis Modal BPJS KesehatanCara Dapatkan Kacamata Gratis Modal BPJS Kesehatan/ Foto: Freepik.com/karlyukav

Sudah datangi Faskes tingkat I, sudah lakukan pemeriksaan ke spesialis mata, lalu legalisir resep dokter tadi, kini waktunya untukmu mendapatkan kacamata gratis dengan modal BPJS Kesehatan.

Caranya, kamu bisa langsung untuk mendatangi optik yang memang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Di optik ini, kamu bisa mendapatkan kacamata sesuai kebutuhanmu.

Sebagai catatan, jangan lupa untuk selalu membawa fotokopi KTP dan kartu BPJS Kesehatan. 

Melansir dari detikFinance, itu dia cara mudah dapatkan kacamata gratis dengan modal BPJS Kesehatan. Bagaimana, mau ikut mencobanya nggak nih, Beauties?

Mungkin cukup sedikit menyita waktu dibandingkan dengan langsung membeli ke optik ya, tapi di samping ini kamu bisa lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan spesialis mata dan yang utama adalah gratis!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id