STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kalau Mau Terlihat Cerdas di Depan Banyak Orang, Coba Lakukan 5 Trik Simpel Ini, Dijamin Mereka Akan Terpukau!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Rabu, 07 Dec 2022 21:00 WIB
Kalau Mau Terlihat Cerdas di Depan Banyak Orang, Coba Lakukan 5 Trik Simpel Ini, Dijamin Mereka Akan Terpukau!

Beauties, sadar atau nggak, kita cenderung menilai seseorang secara sekilas atau setelah obrolan pendek. Para peneliti telah mendokumentasikan bagaimana orang mencoba tampil lebih cerdas atau menggunakan kriteria tertentu untuk memutuskan apakah orang lain cerdas. Banyak anggapan yang hanya berakar pada stereotip, namun masih diyakini hingga sekarang.

Namun demikian, kalau kamu tidak ingin terlihat cerdas hanya berdasarkan stereotip, kamu dapat mempraktikkan beberapa trik cerdas berikut yang berdasarkan sains.

1. Berkomunikasi dengan Jelas

Berkomunikasi dengan jelas/ Foto: unsplash.com/Christina Wocintechchat
Berkomunikasi dengan jelas/ Foto: unsplash.com/Christina Wocintechchat

Daniel Oppenheimer, profesor psikologi kognitif di University of California, Los Angeles mengatakan bahwa orang pintar memiliki kosakata yang bagus. Namun, menggunakan kata yang rumit nggak lantas menjadikanmu sosok yang cerdas.

Lebih lanjut, dalam penelitiannya, Oppenheimer menunjukkan kalau penulis dapat dianggap lebih pintar ketika tulisannya dipahami dengan baik. Menggunakan kata-kata rumit hanya untuk mengesankan orang mungkin memiliki efek sebaliknya.

Oppenheimer menambahkan, bahwa orang yang lebih pintar memang sering menggunakan kata-kata yang lebih panjang dalam tulisan mereka, tetapi tujuannya untuk menulis dengan jelas.

2. Lebih Banyak Mendengarkan

Lebih banyak mendengarkan/ Foto: unsplash.com/Adam Winger
Lebih banyak mendengarkan/ Foto: unsplash.com/Adam Winger

Listen more, talk less! Mendengarkan adalah keterampilan yang perlu dikembangkan. Ini memungkinkan kamu untuk mencerna semua informasi yang disampaikan. Ini penting, agar nantinya kamu dapat memberikan respons yang sesuai dengan penyampaian lawan bicaramu.

Jangan mendengarkan hanya untuk mendapat tanggapan atau reaksi spontan. Sebaliknya, dengarkan untuk memahami. Hal ini akan memberikan kesan cerdas karena kamu dapat menempatkan diri dalam perspektif orang yang berbicara.

3. Ekspresif

Ekspresif/ Foto: unsplash.com/Tyler Nix
Ekspresif/ Foto: unsplash.com/Tyler Nix

Pernah nggak sih suka banget dengerin orang yang lagi berbicara karena orangnya ekspresif banget? Nah, ternyata berbicara dengan ekspresif bisa membuat kamu terdengar cerdas dengan memvariasikan intonasi suara.

Seorang pakar komunikasi, Leonard Mlodinow mengatakan kalau ada dua pembicara yang mengucapkan kata-kata yang persis sama, tetapi yang satu berbicara sedikit lebih cepat dan lebih keras dan dengan jeda yang lebih sedikit serta variasi volume yang lebih besar, pembicara itu akan dinilai lebih energik, berpengetahuan luas, dan cerdas. Jadi mulai sekarang mainkan intonasi saat ngobrol ya, Beauties.

4. Membuat Kontak Mata

Split Bill Saat Kencan PertamaMembuat kontak mata/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Kontak mata dari lawan bicara menandakan feedback karena berarti orang tersebut responsif terhadap apa yang kamu katakan. Wojciszke mengatakan kalau lawan bicaramu tidak responsif, bisa berarti kamu membosankan atau memang ia yang bodoh.

Selain itu, para peneliti di Brandeis University di Massachusetts menemukan bahwa pembicara yang mempertahankan kontak mata memiliki nilai lebih tinggi pada tes IQ daripada mereka yang menghindari tatapan seseorang.

5. Memakai Kacamata

Memakai Kacamata/ Foto: unsplash.com/Brian Tromp
Memakai Kacamata/ Foto: unsplash.com/Brian Tromp

Menurut sebuah survei oleh College of Optometrists yang berbasis di Inggris, sebanyak 43 persen orang berpikir bahwa kacamata membuat orang terlihat lebih pintar, dan 40 persen orang menganggap memakai lensa bening tampak cerdas.

Wojciszke, yang mengajar di Universitas Ilmu Sosial dan Humaniora di Sopot, Polandia, mengatakan pemakaian kacamata bisa memberikan kesan cerdas secara instan dan effortless. Pemakai kacamata dianggap bijaksana, karena kebanyakan profesor, hakim, dan negarawan lebih sering memakai kacamata.

Selain itu, atribut lainnya seperti buku tebal, ucapan yang lancar, bahkan uban juga dapat menimbulkan kesan cerdas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE