STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kampanye Hingga Bentuk Komunitas, Ini 4 Artis Perempuan Indonesia yang Peduli Lingkungan

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 23 Apr 2022 13:00 WIB
Kampanye Hingga Bentuk Komunitas, Ini 4 Artis Perempuan Indonesia yang Peduli Lingkungan

Memasuki bulan April, kita akan diramaikan dengan beberapa peringatan momen penting, salah satunya ialah peringatan Hari Bumi atau Earth Day yang jatuh pada tanggal 22 April. Melansir dari detikcom, secara historis, adanya peringatan Hari Bumi awalnya diusulkan oleh seorang pengajar lingkungan dari Amerika Serikat pada tahun 1970 yaitu Gaylord Nelson yang mengangkat isu pencemaran lingkungan hidup.

Peringatan Hari Bumi sebagai bentuk aksi menyuarakan isu-isu penting kepada masyarakat dunia tentang kondisi bumi saat ini yang semakin kritis dan mengkhawatirkan akibat dari pemanasan global, perubahan iklim, hingga rusaknya lingkungan hidup. Terjadinya berbagai masalah krisis bumi tersebut juga merupakan akibat perilaku manusia, seperti membuang sampah sembarangan, penebangan pohon, penggunaan fast fashion, hingga gas emisi dari kendaraan yang digunakan setiap harinya.

Melihat kondisi tersebut, sederet artis Indonesia ini pun tergerak untuk melakukan kampanye dan edukasi isu seputar keselamatan bumi. Berikut 4 artis perempuan Indonesia yang peduli dengan lingkungan dan isu-isu seputar bumi, yuk simak!

Tasya Kamila

Tasya Kamila salah satu sosok artif perempuan yang aktif mengkampanyekan penghijauan lingkungan hidup
Tasya Kamila/Foto: instagram.com/tasyakamila/

Dikenal sebagai penyanyi cilik, Tasya Kamila merupakan salah satu artis yang peduli dengan masalah lingkungan hidup. Bentuk kepeduliannya ini diwujudkan secara nyata dengan membuat sebuah gerakan yang bernama Green Movement Indonesia yang berfokus pada gerakan penghijauan.

Salah satu program dari gerakan yang diinisasi ibu satu anak ini adalah drop box sampah kemasan. Bahkan ia sempat membuat  proyek Energy Empowered Village, yang dilakukan di Desa Tanggedu, Kabupaten Sumba Timur. Gerakan yang dibuat oleh Tasya ini sebagai bentuk wujud bakti dan kontribusinya kepada Indonesia sebagai penerima beasiswa LPDP saat menempuh pendidikan S2 dengan mengambil Master of Public Administration di Universitas Columbia. 

Nadine Chandrawinata 

Nadine Chandrawinata merupakan artis yang peduli dengan kondisi pencemaran laut
Nadine Chandrawinata/Foto: instagram.com/nadinelist/

Dikenal lewat ajang pemilihan Puteri Indonesia, aktris sekaligus istri dari aktor Dimas Anggara ini juga termasuk salah satu sosok artis perempuan yang peduli pada masalah bumi, khususnya sampah dan laut. Nadine sendiri memang dikenal sangat menyukai laut. Sebagai bentuk kecintaan dan rasa prihatinnya terhadap kondisi laut di Indonesia yang banyak tercemar sampah, ia membentuk sebuah gerakan peduli lingkungan bersama dengan seorang teman dengan nama Sea Soldier sejak 2015.

Melansir dari laman Sea Soldier, gerakan ini diharapkan dapat mengedukasi serta memotivasi masyarakat, khususnya kaum milenial agar dapat lebih peduli menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tindakan ramah lingkungan. Kegiatan dari gerakan  ini meliputi bersih-bersih pantai, menanam pohon mangrove, hingga pelatihan ecobrick. Sea Soldier ini juga bertujuan agar setiap orang  peduli dengan lingkungan dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Nadya Hutagalung

Nadya Hutagalung merupakan aktris senior yang juga concern terhadap keselamatan bumi
Nadya Hutagalung/Foto: instagram.com/nadyahutagalung/

Dikenal sebagai salah satu aktris senior, Nadya Hutagalung kini aktif mengkampanyekan berbagai masalah lingkungan hidup dan hewan, khususnya Orang Utan. Atas kecintaan dan kepeduliannya tersebut, Nadya dipercaya menjadi Duta PBB untuk perlindungan Orang Utan.

Selain aktif berkampanye dan mengedukasi masyarakat lewat sosial media, ia juga pernah berkontribusi menyumbangkan GPS Collar untuk dua gajah liar di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kecamatan Bireum Bayeum, Kabupaten Aceh Timur. Bahkan saat ini ia menjadi salah satu ambasador dari organisasi dunia yang bergerak pada bidang lingkungan hidup yaitu United Nations Environment Programme.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo dalam balutan koleksi kolaborasinya dengan brand Sejauh Mata Memandang
Dian Sastrowardoyo/Foto : instagram.com/therealdisastr/

Dikenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), Dian Sastrowardoyo selain menjadi aktris juga aktif menjadi seorang  aktivis. Dian sendiri gencar menyuarakan banyak isu, khususnya lewat Instagram kepada para followersnya. Mulai dari isu perempuan, pendidikan, hingga lingkungan hidup.

Saat ini ibu dua anak tersebut tengah berkolaborasi dengan salah satu brand pakaian yang fokus pada slow fashion dengan membuat gerakan setiap pembelian satu produk juga telah menyumbangkan satu pohon untuk penghijauan hutan di Taman Nasional Leuser, Aceh Timur. Melansir dari Instagramnya, dengan kolaborasinya ini ia ingin menyuarakan pentingnya berperan aktif dan aksi nyata untuk lebih mencintai alam dan menjaga bumi.

Nah, itu tadi 4 artis perempuan Indonesia yang peduli dengan isu lingkungan dan bumi. Yuk, kita jaga bumi dimulai dari diri sendiri!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE