sign up SIGN UP

Kamu Bisa Melewatinya! Yuk Lakukan Afirmasi Positif Saat Merasa Cemas

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 29 Oct 2021 17:45 WIB
Kamu Bisa Melewatinya! Yuk Lakukan Afirmasi Positif Saat Merasa Cemas
caption
Jakarta -

Ketika merasa cemas, kamu mungkin merasa tidak berdaya karena pikiran negatif yang kerap muncul. Perasaan ini membuat kamu merasa rapuh dan tegang.

Kecemasan adalah masalah kesehatan mental yang paling umum di dunia saat ini. Pada beberapa situasi, kecemasan ini mungkin tidak terlihat berbahaya. Namun jika tidak diatasi dengan baik, rasa cemas ini bisa membuat seseorang stres hingga depresi.

Jika saat ini kamu sedang merasa cemas, jangan khawatir. Tarik napas dalam-dalam dan lakukan afirmasi positif. Afirmasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa cemas. Sebagai jenis self-talk yang positif, afirmasi dapat membantu kamu mengubah pikiran di alam bawah sadar.

Cari tempat yang tenang dan ucapkan 5 kalimat di bawah ini untuk mengusir rasa cemas, yuk!

"Aku dalam Keadaan Aman dan Tidak Sedang Terancam"

Pikiran tenangAfirmasi positif adalah salah satu cara terbaik untuk atasi rasa cemas/Foto: Freepik.com

Ketika cemas melanda, kamu merasa bahwa kamu sedang dalam bahaya, baik secara emosional, fisik, ataupun mental. Tanpa sadar, kamu terus memikirkan hal-hal negatif sehingga merasa tidak aman dan nyaman.

Kalimat "aku dalam keadaan aman dan tidak sedang terancam" memiliki efek menenangkan. Coba ucapkan kalimat ini berulang kali untuk membantu menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang muncul ketika sedang merasa cemas.

"Aku Bisa Melewati Situasi Ini Lagi"

Musik akan membuat lebih bahagia.Afirmasi positif adalah salah satu cara terbaik untuk atasi rasa cemas/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Walaupun sudah sering dihadapkan pada situasi-situasi yang menantang dan tidak familiar, tidak bisa dipungkiri rasa cemas tetap bisa datang menghampiri. Namun seperti yang sudah-sudah, percayalah pada kekuatan diri sendiri dan yakin bahwa kamu bisa melewati situasi ini lagi.

"Aku Bisa Mengelola Kecemasanku tentang Kegagalan"

Cobalah untuk melanjutkan hidupmu dengan merayakan titik balik dari semua kesulitan dan masalah dalam hubunganmu yang lalu. Kamu bisa mulai merayakan hari-harimu menjadi seorang single yang bahagia tanpa beban.Afirmasi positif adalah salah satu cara terbaik untuk atasi rasa cemas/Foto: Freepik.com

Terkadang berpikir positif bisa dibawa terlalu jauh, jadi penting untuk tetap berpikir realistis. Ketika afirmasi positif menjadi tidak realistis, hal tersebut dapat membuat kamu merasa lebih cemas, lho!

Jangan takut untuk menerima pikiran dan rasa cemas yang muncul. Terima kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dan percayalah bahwa kamu bisa mengatasi dan mengendalikannya.

"Aku Memegang Kendali atas Perasaanku"

Rutin melakukan meditasiAfirmasi positif adalah salah satu cara terbaik untuk atasi rasa cemas/Foto: Freepik.com

Seringkali kamu merasa cemas karena hal-hal yang ada di luar kontrol. Contohnya seperti ucapan dan tindakan orang lain, penilaian orang lain terhadapmu, apa yang akan dihadapi di masa depan, hingga masalah yang akan menimpa.

Jika kamu menghabiskan waktu hanya untuk berusaha mengontrol hal-hal di atas, kamu hanya akan menjadi semakin cemas dan membuang-buang waktu. Karena yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol dan mengendalikan reaksi terhadap hal-hal tersebut, bukan hal-hal yang tidak ada di bawah kendali kamu.

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id