sign up SIGN UP

Mengenal 5 Teknik Grounding untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Risma Oktaviani | Minggu, 04 Jul 2021 13:45 WIB
Mengenal 5 Teknik Grounding untuk Atasi Gangguan Kecemasan
caption

Teringat suatu kejadian yang nggak menyenangkan di masa lalu atau harus menghadapi acara penting seperti ujian atau wawancara terkadang memunculkan rasa panik atau rasa cemas berlebihan secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. Saat gangguan panik muncul, kamu mungkin akan merasa tertekan akibat suatu beban yang terasa sulit untuk dihadapi. Berbicara masalah gangguan kecemasan, ada suatu metode khusus yang bisa kamu gunakan saat mengalami serangan panik atau anxiety yang datang tiba-tiba yaitu dengan menggunakan metode grounding. 

Grounding Techniques adalah suatu teknik khusus yang fokus untuk menurunkan intensitas perasaan atau trauma dengan pengalihan panca indra, dan bertujuan untuk menjauhkan diri dari pikiran negatif, ingatan, atau perasaan yang mengganggu secara psikologis. Teknik grounding dilakukan dengan melibatkan penglihatan, peraba, penciuman, pendengaran, dan perasa.

Penglihatan

menonton sesuatu yang menarik dapat mengalihkan diri dari gangguan cemas
menonton dapat mengalihkan diri dari rasa cemas / foto: unsplash/Mollie Sivaram

Teknik grounding yang pertama yaitu melibatkan indra penglihatan. Contohnya, kamu bisa melihat keadaan sekitar atau menonton sesuatu untuk mengatasi rasa cemas kamu. Lihatlah sesuatu yang dapat menarik perhatian kamu, entah itu melihat langit yang cerah, air hujan yang menenangkan, menonton film favorit, atau menyusun puzzle. 

Peraba

berendam di air hangat merupakan teknik grounding menggunakan indra peraba
berendam dapat menenangkan pikiran /foto: pexels/ Roberto Nickson

Peganglah sesuatu yang ada di sekitar kamu. Mungkin kamu pernah melihat seseorang yang berbicara di depan umum dengan sambil memegang sebuah pulpen bukan? Itu merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengurangi rasa gugup saat harus melakukan public speaking. Selain itu,  kamu juga bisa memecahkan bubble wrap atau mandi air hangat dan rasakan ketenangan yang kamu dapatkan saat kamu melakukannya.

Penciuman

mencium aroma essential oil dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan
mencium aroma essential oil / foto: unsplash/ Chelsea shapouri

Mencium sesuatu yang menenangkan memang ampuh untuk mengusir rasa cemas. Seperti mencium lilin aroma terapi, diffuser oil, atau mencium bau tanah sesaat setelah hujan turun. Namun, kamu harus ingat ya beauties! Grounding ini sebaiknya kamu lakukan dalam keadaan sadar. Bisa saja penggunaan teknik ini dapat menyebabkan ketergantungan jika misalnya saat kamu cemas, kamu merasa nyaman saat menghirup wangi essential oil secara terus menerus dan melakukannya tanpa batasan.

Pendengaran

mendengarkan musik dapat membuat kamu lebih rileks
musik membuatmu rileks / foto: unsplash/Blaz Erzetic

Mendengarkan musik ternyata bisa meredakan gangguan kecemasan loh, beauties. Mendengarkan musik mampu menurunkan perasaan gugup atau tertekan, dan berdampak positif terhadap fisik, sosial, dan psikologis seseorang. Kamu bisa mendengarkan musik yang upbeat untuk menaikkan mood kamu, atau mendengarkan musik jazz atau musik klasik untuk membuat perasaan kamu lebih rileks.

Perasa

makan sesuatu yang disukai dan rasakan setiap gigitannya
nikmati makanan yang disukai / foto: unsplash/ Pablo Montes

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kamu suka, biarkan kamu sepenuhnya untuk merasakan kenikmatan di setiap gigitan dan tegukannya. Pikirkan bagaimana rasanya, bagaimana baunya, dan bagaimana teksturnya. Beberapa orang akan memakan coklat atau makanan manis lainnya untuk mengurangi rasa gugup. Namun, perlu diperhatikan agar nggak makan secara berlebihan ya beauties, bisa-bisa kamu malah terserang obesitas. 

5-4-3-2-1

lakukan teknik grounding 5-4-3-2-1 untuk lebih tenang
perhatikan sekitar dan tenang / foto: unsplash/Julia Caesar

Salah satu metode grounding gabungan adalah dengan menerapkan metode 5-4-3-2-1. Kamu bisa mulai dengan mulai melihat keadaan sekitar, dan jawab pertanyaan ini: 5 hal yang bisa kamu lihat, 4 hal yang bisa kamu rasakan, 3 hal yang bisa kamu dengar, 2 aroma yang bisa kamu cium, dan 1 hal yang bisa kamu cicip.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id