sign up SIGN UP

Kamu Sudah Tahu? Ini Negara Terkecil di Eropa, tapi Warganya Banyak yang Tajir!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 19 Aug 2022 13:00 WIB
Kamu Sudah Tahu? Ini Negara Terkecil di Eropa, tapi Warganya Banyak yang Tajir!
caption
Jakarta -

Beauties, pasti kamu tahu jika Vatikan termasuk negara terkecil di dunia. Namun, jika di Eropa, ada negara Liechtenstein yang dicap sebagai negara paling kecil.

Luas negara Liechtenstein hanya 160 kilometer persegi saja. Meski demikian, negara yang terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss ini, hidup warga yang penuh bahagia. 

Lebih lengkapnya, simak informasinya di bawah ini yuk!

1. Cuma Miliki Penduduk 37.000 Jiwa

Negara LiechtensteinNegara Liechtenstein/ Foto: (Getty Images)

Jadi negara terkecil di Eropa, tentu saja jumlah penduduk yang menetap pun tak banyak. Di negara Liechetenstein, hanya terisi oleh sekitar 37.000 jiwa saja. Hal ini pun membuatnya menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. 

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jakarta saja, tentu berpuluh kali lipat. Karena menurut data di 2020, jumlah penduduk di Jakarta sudah menyentuh angkat 10,56 juta jiwa. Wah, berbeda jauh bukan?

2. Tak Punya Tentara, tapi Jadi Negara Teraman

Members of the US Army march in New York on November 11, 2014. (AFP)Ilustrasi Tentara/ Foto: AFP PHOTO/FILES

Setiap negara umumnya memiliki pasukan militer untuk menjaga keselamatan bangsa dan wilayahnya. Namun, tidak dengan negara terkecil di Eropa ini. 

Di negara ini hanya ada 90 anggota polisi yang bertugas. Jika memang dibutuhkan, akan dibantu oleh tentara Swiss yang bertugas di hutan dekat perbatasan.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir jika suatu hari nanti ingin berkunjung, karena negara Liechtenstein menjadi salah satu negara teraman dari kejahatan.

3. Tajir dan Ada Industri Besar di Liechtenstein

Negara LiechtensteinNegara Liechtenstein/ Foto: (Getty Images)

Liechtenstein menjadi negara kaya raya karena memiliki PDB per kapita yang tinggi, sekitar USD 180.366 pada (2018) atau sekitar Rp2.6 miliar untuk kurs saat ini.

Selain itu, ada beberapa industri yang sukses juga di wilayahnya. Ada sektor perbankan yang sukses, industri produk gigi palsu yang paling populer, industri elektronik, manufaktur logam, farmasi dan lainnya. 

Kurang lebih ada sekitar 30 perusahaan industri besar, yang mempekerjakan sekitar 8.000 orang di Liechtenstein. Untuk gaji, mengutip Paylab.com, gaji pekerja di Liechtenstein paling tinggi bisa mencapai 9.587 CHF atau sekitar Rp148 juta per bulannya lho!

4. Tak Punya Bandar Udara

Negara LiechtensteinNegara Liechtenstein/ Foto: (Getty Images)

Untuk hilir-mudik, sejumlah daerah biasanya memiliki bandar udara, bukan? Tapi tidak dengan negara terkecil di Eropa ini. 

Negara yang terkurung daratan ini hanya memiliki bandara terdekat, Zurich di Swiss. Selain itu, ada juga pelabuhan yang menjadi tempat hilir mudik. 

5. Warganya yang Ramah dan Baik Hati

LiechtensteinNegara Liechtenstein/ Foto: (Thinkstock)

Sebagai salah satu negara teraman di dunia, warga di Liechtenstein sangatlah baik hati. Kamu yang ingin berkunjung, tentu akan dibuat betah, apalagi dengan pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan. 

Mengutip Gonomad.com, warga di negara ini akan saling berkata 'hoi' untuk menyapa orang lain. 

Itu dia fakta soal negara terkecil di Eropa tapi warganya banyak yang tajir. Bagaimana, Beauties tertarik untuk berkunjung nggak nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id