STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Skotlandia Resmi Jadi Negara Pertama di Dunia yang Sediakan Produk Menstruasi Gratis di Fasilitas Umum

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 19 Aug 2022 09:30 WIB
Skotlandia Resmi Jadi Negara Pertama di Dunia yang Sediakan Produk Menstruasi Gratis di Fasilitas Umum

Kabar baik, Skotlandia menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan seluruh produk menstruasi secara gratis di fasilitas umum bagi siapa saja yang membutuhkannya. Mulai minggu ini, produk menstruasi akan tersedia di tempat-tempat seperti apotek dan pusat komunitas, berkat undang-undang yang disetujui oleh parlemen Skotlandia pada tahun 2020.

Inisiatif ini menjadikan Skotlandia sebagai negara pertama di dunia yang menyediakan produk sanitasi gratis, bagian dari upaya global untuk mengakhiri period poverty atau kemiskinan menstruasi, yaitu sulitnya mengakses produk menstruasi karena biaya yang sangat tinggi.

Pembalut banyak digunakan ketika haidIlustrasi pembalut/Foto: Pexels/ Sora Shimazaki

Penelitian dari kelompok Women for Independence mengungkapkan bahwa hampir satu dari lima perempuan pernah mengalami period poverty, dilansir dari The Guardian. Hal ini berdampak pada kebersihan, kesehatan, dan kesejahteraan mereka.

Kesulitan membeli produk menstruasi mengakibatkan perempuan tidak bisa belajar di sekolah atau memaksa mereka untuk bekerja dari rumah. Hal ini dapat berdampak pada pendidikan dan peluang ekonomi mereka dalam jangka panjang.

Monica Lennon, anggota parlemen yang mengajukan rancangan proposal untuk Undang-Undang Produk Menstruasi pada tahun 2020, mengatakan bahwa Skotlandia mungkin menjadi negara pertama yang memberlakukan kebijakan produk menstruasi gratis, namun tidak akan menjadi yang terakhir.

"Bangga dengan apa yang telah kami capai di Skotlandia. Kami adalah yang pertama tetapi tidak akan menjadi yang terakhir," tulisnya di akun Twitter @MonicaLennon7, Minggu (14/8).

Ilustrasi menstruasiIlustrasi pembalut/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem Laktikov

"Kami menyaksikan perubahan budaya besar-besaran, di mana stigma soal menstruasi tidak lagi ditoleransi. Ada lebih banyak penekanan pada kesehatan menstruasi dan fokus baru untuk mengatasi misogini di bidang medis," ungkapnya ke New York Times.

Menilik negara lain, Irlandia Utara dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjalankan kebijakan serupa, sementara itu Selandia Baru dan Korea Selatan sudah memiliki kebijakan menyediakan produk menstruasi gratis di sekolah. Pada bulan Juni lalu, Hawaii juga telah mengesahkan undang-undang yang mewajibkan sekolah umum untuk memberikan produk menstruasi secara gratis kepada semua siswa. 

"Ini memberi saya harapan bahwa kita tidak akan menjadi negara terakhir yang menempatkan akses ke produk menstruasi gratis di undang-undang," kata Lennon.

Shona Robison, Sekretaris Keadilan Sosial Skotlandia, sependapat dengan Monica Lennon.

"Menyediakan akses ke produk menstruasi gratis sangat penting untuk kesetaraan dan martabat, dan menghilangkan hambatan finansial untuk mengaksesnya," katanya dalam sebuah pernyataan.

Karena biaya hidup meningkat dan banyak yang membuat pilihan sulit, dia menambahkan, "Kami tidak pernah ingin siapa pun berada dalam posisi di mana mereka tidak dapat mengakses produk menstruasi."

Young woman wearing protective face mask, buying tampons or sanitary napkins during covid-19 outbreak, blank label on tampon packageIlustrasi pembalut/ Foto: Getty Images/zoranm

Undang-undang tahun 2020 di Skotlandia muncul setelah undang-undang sebelumnya yang memberikan akses gratis ke tampon dan pembalut di sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan bangunan umum lainnya.

Kini setiap dewan di Skotlandia wajib berkonsultasi dengan masyarakat setempat untuk menentukan titik akses terbaik untuk produk menstruasi. Lennon mengatakan bahwa produk menstruasi akan tersedia di perpustakaan, kolam renang, pusat kebugaran umum, gedung komunitas, balai kota, apotek, dan kantor dokter.

Masyarakat dapat menemukan lokasi terdekat dengan produk menstruasi gratis melalui aplikasi seluler bernama PickupMyPeriod. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memfilter produk mana yang tersedia dan bagaimana menemukannya di lokasi. Tak hanya itu, pengiriman ke rumah juga tersedia, Beauties. Keren, ya!

Wah, kira-kira kapan ya Indonesia akan memberlakukan kebijakan serupa?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE