sign up SIGN UP

Kasus Penguntit atau 'Stalker' di Korea Selatan yang Turut Menuai Perhatian

| Rabu, 27 Oct 2021 16:00 WIB
Kasus Penguntit atau 'Stalker' di Korea Selatan yang Turut Menuai Perhatian
caption
Jakarta -

Beauties, kamu pernah mendengar istilah stalker, bukan? Istilah ini merujuk pada sebutan untuk seorang penguntit. Tak hanya stalker di media sosial, namun stalker juga ada di kehidupan sehari-hari, bahkan di sekitar kita.

Salah satunya di Korea Selatan. Beberapa kasus penguntit di Korea turut menuai perhatian publik, bahkan tak jarang para selebriti pun mendapat pengalaman tak menyenangkan terkait stalker yang bisa membuntuti mereka hingga menuju kediaman pribadi sang selebriti.

Kasus Stalker di Korea yang Dialami Selebriti

Melansir The Straits Times, ada salah satu kasus penguntit yang cukup menghebohkan. Hal itu dialami oleh aktris sekaligus penyanyi Korea Selatan bernama Bae Da Hae, ia diganggu oleh seorang penggemar yang kemudian berubah menjadi sosok penguntit.

Penggemar tersebut merupakan sosok laki-laki yang mengagumi Bae Da Hae. Sebelumnya, ia sempat menulis lebih dari 100 komentar jahat melalui media sosial karena Bae Da Hae tak merespon pesan dari penggemar tersebut setelah ia menyatakan cintanya pada Bae Da Hae.

Bae Da HaeBae Da Hae/ Foto: zapzee.net

Jika ungkapan cinta yang diungkapkan hanya sebatas kecintaan fans dengan idola, itu hal yang wajar, Beauties. Namun, jika sudah melewati batas bahkan hingga memaksa, hal itu termasuk dalam tindakan yang tak baik.

Ia juga memberikan sebuah hamster untuk Bae Da Hae, namun ketika sang idola tak menerimanya, sang stalker justru mengirimkan foto hamster tersebut yang telah dimakan oleh seekor kucing.

Drama 18 AgainDrama 18 Again/ Foto: dramabeans.com

Tak hanya itu, sang penggemar yang berubah menjadi seorang penguntit itu pun mulai menyebarkan fitnah, melakukan pemerasan, serta tindakan lain yang mengintimidasi. Akhirnya setelah Bae Da Hae mengumpulkan cukup bukti dan melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian, sang pelaku penguntitan itu ditangkap dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara.

Pengadilan pun memutuskan bahwa menguntit adalah kejahatan serius yang menghancurkan kepribadian seseorang dan kehidupan sehari-hari, dan hukuman harus sepadan dengan rasa sakit yang diderita korban seperti melansir The Straits Time.

Istilah Sasaeng, Fans atau Termasuk Stalker?

Di Korea Selatan, ada istilah sasaeng yang merupakan sebutan untuk seorang penggemar yang obsesif bahkan kerap menguntit idola mereka. Mulai dari menyelinap ke hotel yang ditempati para idola, berusaha berada di dalam pesawat yang sama bersama mereka, hingga menunggu di depan rumah sang artis.

Meski mereka adalah penggemar, namun tindakan yang mereka lakukan sudah melewati batas. Mulai dari mengganggu privasi sang artis, membuat kehidupan sehari-hari mereka tak nyaman, hingga melakukan berbagai hal nekat lainnya.

EXO memiliki penghasilan tinggi di 2021EXO./Foto: instagram.com/weareone.exo

Seperti kasus idol K-Pop dengan beberapa sasaeng fans mereka. Misalnya seperti grup EXO beberapa tahun lalu. Para member EXO baru saja menyelesaikan jadwal mereka, dan kembali ke van untuk segera pulang.

Sang manajer grup merasa ada sesuatu yang aneh, dan benar saja, van yang akan dimasuki para member EXO ternyata adalah mobil van yang disewa para sasaeng fans. Karena sangat mirip, para member EXO hampir salah mengenali van yang biasa mereka tumpangi.

BTS memborong banyak piala di The Fact Music Award 2021BTS./ Foto: instagram.com/bighit_ent

Lain halnya dengan grup BTS. Ketika para member sedang syuting di Swedia, mereka sempat beristirahat sejenak di kafe sambil menikmati camilan. Ternyata, ada sekelompok fans yang mengerumuni bagian depan cafe. Melihat hal tersebut, para staff akhirnya memutuskan untuk mengajak para member pergi dari sana.

Tiba-tiba, sekelompok fans tersebut lari mengejar BTS tepat ketika para member keluar dari kafe. Tak hanya kasus tersebut, ada pula seorang sasaeng fan perempuan yang nekat mengikuti para member di bandara, bahkan berdiri di sisi yang benar-benar dekat dengan mereka.

Meski menyebut diri mereka sebagai fans, namun tindakan berupa menguntit tersebut tak bisa dibenarkan. Maka, jadilah fans yang juga menghormati privasi idolamu ya, Beauties. Selain itu, selalu berhati-hati di manapun kalian berada ya, karena penguntit bisa saja tersebar di tempat-tempat yang tak kamu bayangkan!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id