sign up SIGN UP

Kasus Plagiat MV Lagu K-Pop yang Paling Heboh, 'Pelaku' Jadi Sasaran Empuk Serangan Fans

Istikhomah | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 18:00 WIB
Kasus Plagiat MV Lagu K-Pop yang Paling Heboh, 'Pelaku' Jadi Sasaran Empuk Serangan Fans
Taeyeon di MV INVU/ Foto: instagram.com/taeyeon_ss
Jakarta -

Lagu K-Pop kini makin mendunia dan dicintai banyak kalangan. Tidak hanya popularitas penyanyi serta ciri khas musik yang menarik, tapi musik video lagu K-Pop selalu dinanti. Dibalik kepopuleran lagu-lagu K-Pop tersebut, ada banyak kasus plagiat yang mencuat dan bikin geger penggemar. 

Tak ayal, ada beberapa kasus plagiat yang menjadi medan perang antar penggemar. Nah, penasaran apa saja musik video lagu K-Pop yang diduga diplagiat dan hebohkan jagat musik Korea Selatan?

Berikut ini daftarnya!

Lit (Lay EXO)

Lay - Lit / Foto : kpopstarz.com
Lay - Lit/ Foto: kpopstarz.com

Belum lama ini, lagu Lay yang berjudul Lit kembali menjadi topik hangat. Hal ini tidak lain karena fandom EXO menduga jika penyanyi Filipina bernama FELIP (dikenal dengan nama Ken) menjiplak lagu serta musik video milik Lay tersebut.

Menurut penggemar Lay, lagu Bulan milik FELIP memiliki kesamaan dengan lagu Lit, mulai dari ketukan, ritme lagu, visual, hingga bingkai. Usai munculnya kasus plagiat, pihak FELIP membantah atas tuduhan tersebut. Melalui akun Twitternya, FELIP mengatakan jika lagu Bulan mengambil inspirasi dari banyak artis termasuk Lay.

FELIP membantah jika dirinya tidak melakukan plagiarisme dan merinci perbedaan antara dua lagu, Lit dan Bulan. Sebelum FELIP, Young Lex juga pernah 'disemprot' oleh penggemar Lay EXO. Musik video The Last King (Raja Terakhir) milik Young Lex pun sempat diduga meniru musik video miliki Lay. 

INVU (Taeyeon Girls' Generation)

INVU - Taeyeon/ Foto : allkpop.com
INVU - Taeyeon/ Foto : allkpop.com

Taeyeon selalu hadirkan lagu-lagu merdu yang memanjakan telinga. Konsep musik video member Girls' Generation ini selalu segar dan unik. Pada Februari lalu, Taeyeon merilis album anyar berjudul INVU, dengan lagu utama berjudul sama, yaitu INVU. Tak butuh lama, lagu tersebut melejit. 

Akhir Mei 2022, lagu INVU kembali jadi bahan perbincangan. Kali ini, Yuyan (penyanyi Tiongkok) dituduh menjiplak musik video INVU. Kabar tersebut muncul setelah Yuyan merilis musik videonya yang berjudul WHO.

Netizen Tiongkok menyebut banyak kemiripan antara dua MV tersebut. Salah satunya setting video seperti aula bertiang putih dan gurun tandus. Tak hanya itu saja, baju dan aksesoris Yuyan juga dinilai menyerupai kostum milik Taeyeon.

Illusion (ATEEZ)

Illusion / Foto : kpoppost.com
Illusion - ATEEZ/ Foto : kpoppost.com

Sebelum kasus INVU milik Taeyeon, JYP Entertainment mendapatkan 'semprotan' dari penggemar ATEEZ. Kritikan pedas tersebut dimulai setelah JYP Entertainment mendebutkan girl group bernama NMIXX.

Alih-alih fokus pada bakat dari member girl group baru ini, netizen menyebut jika musik video NMIXX berjudul O.O mirip dengan musik video Illusion milik ATEEZ. Sumber kemiripan tersebut berasal dari adanya kapal bajak laut terbang yang menjadi konsep unik dari ATEEZ. 

Black Mamba (aespa)

aespaaespa/ Foto: SM Entertainment

Berbeda dari tiga lagu K-Pop di atas, musik video Black Mamba milik Aespa mendapatkan kritikan lantaran diduga memplagiat beberapa artis lain. Berdasarkan spekulasi netizen, Black Mamba memiliki kemiripan dengan lagu Pop/Stars milik K/DA, di bagian adegan kereta bawah tanah serta wajah monster yang menyeramkan.

Musik video Black Mamba juga dituduh mirip dengan karya Vacades (Timo Helgert). Usai hebohkan netizen, Timo Helgert merilis pernyataan resmi mengenai kasus tersebut. Ia menyebutkan jika masalah tersebut sudah diselesaikan baik baik bersama dengan SM Entertainment, selaku agensi aespa.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id