STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kebiasaan dan Aturan Unik Masyarakat Korea Saat Makan yang Orang Lain Nggak Bisa 'Relate'

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 20:37 WIB
Kebiasaan dan Aturan Unik Masyarakat Korea Saat Makan yang Orang Lain Nggak Bisa  'Relate'

Ketika menyaksikan drama Korea, salah satu adegan yang membuat penonton 'gagal fokus' ialah adegan makan, terutama ketika para karakter mengadakan jamuan makan di rumah.

Selain menyajikan menu yang menggugah selera, namun terdapat beberapa kebiasaan hingga aturan yang cukup unik saat mereka makan, lho. Nggak hanya terjadi di drama Korea, namun kebiasaan tersebut juga terjadi pada masyarakat Korea Selatan di kehidupan sehari-hari.

Ini dia beberapa kebiasaan unik masyarakat Korea ketika makan yang mungkin membuat orang lain nggak bisa relate!

Memulai dengan Memakan Sup

Ilustrasi sup ala KoreaIlustrasi sup ala Korea/ Foto: preview.ph

Masyarakat Korea Selatan umumnya memulai acara makan bersama dengan mengonsumsi sup terlebih dulu, terutama jika mereka tengah menikmati masakan rumahan.

Kendati berbagai lauk pauk hingga nasi sudah tersaji di meja makan, mereka tetap akan mengonsumsi sup sebagai 'makanan pembuka', Beauties. Melansir Asian Inspirations, mengonsumsi sup dalam kebiasaan masyarakat Korea makan bisa membantu menghangatkan lidah hingga tubuh, serta 'mempersiapkan' indra pengecap untuk mencicipi hidangan-hidangan lainnya.

Nggak Boleh Mengangkat Piring atau Mangkuk

Kebiasaan makan di KoreaKebiasaan makan di Korea/ Foto: scmp.com

Beberapa orang mungkin punya kebiasaan mengangkat mangkuk atau piring mereka selagi makan, namun hal ini nggak berlaku bagi masyarakat Korea, Beauties. Melansir 90daykorean, mengangkat piring atau mangkuk 'jarang' terjadi di tradisi makan masyarakat Korea.

Hal ini dikarenakan salah satu etika makan di Korea Selatan ialah memastikan jika piring atau mangkuk tetap ada di atas meja hingga kegiatan makan diselesaikan.

Harus Menggunakan Dua Tangan untuk Berbagi Makanan atau Minuman

Lima kebiasaan makan orang Korea yang sering muncul di drama Korea (Kebiasaan makan di Korea/Foto: asianwiki.com)Ilustrasi orang Korea makan/Foto: asianwiki.com

Selain nggak boleh mengangkat piring atau mangkuk, ada kebiasaan hingga aturan unik lainnya bagi masyarakat Korea saat makan, Beauties. Yaitu harus menggunakan dua tangan untuk berbagi makanan hingga minuman.

Istilah berbagi makanan atau minuman ini maksudnya ketika menggeser suatu jenis makanan di sebuah piring atau mangkuk hingga mengoper gelas ke orang lain.

Kegiatan tersebut pun harus dilakukan dengan dua tangan, seperti mengoper gelas dengan cara menggesernya menggunakan kedua tangan untuk menunjukkan sikap sopan santun seperti dilansir dari Asian Inspirations.

Aturan Menggunakan Sendok dan Sumpit

Ilustrasi orang Korea menggunakan sumpitIlustrasi orang Korea menggunakan sumpit/ Foto: hancinema.net

Seperti beberapa negara Asia lainnya, masyarakat Korea juga menggunakan sendok hingga sumpit sebagai alat makan sehari-hari. Eits, namun ada aturan tersendiri bagi mereka untuk menggunakannya, lho.

Melansir Asian Inspirations, sumpit digunakan untuk mengonsumsi hingga mengambil lauk pauk atau saat memakan mie. Sementara untuk mengonsumsi nasi dan sup, masyarakat Korea harus menggunakan sendok.

Nggak hanya itu saja, salah satu etika makan masyarakat Korea ialah menggunakan sendok dan sumpit di tangan yang berbeda seperti melansir 90daykorean.

Dari beberapa kebiasaan hingga aturan unik masyarakat Korea saat makan, mana yang paling membuat kamu nggak bisa relate, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE