STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Suka Bergaul!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 07:00 WIB
Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Suka Bergaul!

Punya otak yang cerdas menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Bukan hanya itu, kecerdasan juga dianggap mampu memberikan keuntungan bagi siapa pun yang memilikinya. Kecerdasan biasanya lebih dikenal sebagai kemampuan dari bawaan lahir. Padahal kecerdasan otak bisa dibentuk lewat kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari, lho. 

Relatif nggak sulit untuk dilakukan, berbagai kebiasaan kecil ternyata bisa meningkatkan kecerdasan, Beauties. Ingin tahu gimana caranya? Baca sampai habis informasinya lewat artikel berikut ini, ya!

Dua Jenis Kecerdasan

Sebelum mengetahui berbagai kebiasaan sederhana buat meningkatkan kemampuan kognitif maupun otak yang cerdas, mari mengenal terlebih dahulu dua jenis intelegensi yang dimiliki oleh manusia.

Mengutip dari laman Healthline, kecerdasan atau intelegensi adalah kemampuan yang ternyata dapat diubah dan fleksibel untuk belajar maupun merangsang otak agar dapat meningkat seiring waktu.

Dua jenis kecerdasan yang bisa dimiliki oleh manusia.
Berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak/freepik/tirachardz

Terdapat dua jenis intelegensi yang biasanya ada di masing-masing individu. Pertama bernama kecerdasan yang 'mengkristal', mencakup kemampuan dalam kosakata, pengetahuan, hingga keterampilan. Lalu kedua ada kecerdasan cairan, mengacu pada kemampuan untuk bernalar dan berpikir secara abstrak.

Lantas gimana ya cara untuk meningkatkan kemampuan fungsi kognitif pada otak? Simak lebih lanjut berikut ini!

Rajin Membaca Buku

Kebiasaan kecil pertama buat meningkatkan kemampuan kognitif yang bisa kamu coba di rumah adalah membaca buku, Beauties. Rajin membaca buku ternyata dapat menambah pengetahuan sekaligus merangsang setiap bagian yang ada di otak. Masih dikutip dari laman yang sama, sebuah studi di tahun 2013 mengungkap membaca mampu meningkatkan konektivitas antara otak dengan pemahaman.

Rajin membaca buku untuk bantu meningkatkan kecerdasan.
Berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak/freepik/jcomp

Bukan hanya itu, dengan membaca otak juga berproses secara aktif melalui berbagai fungsi kognitif. Seperti perhatian, prediksi, memori, penalaran, pemahaman, sampai pemrosesan visual. Jadi nggak heran ya kalau membaca bisa memperluas pengetahuan sekaligus meningkatkan intelengesi seseorang.

Suka Bersosialisasi

Adakah di antara kamu yang suka bergaul, Beauties? Kebiasaan ini ternyata bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan kognitif, lho. Jarang disadari perilaku bersosialiasi dengan orang lain ternyata bisa merangsang kemampuan otak sekaligus fungsi kognitif. Masih dikutip dari Healthline, temuan ini diungkap lewat sebuah studi di tahun 2018.

Suka bersosialisasi bisa membantu otak semakin cerdas.
Berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak/freepik/lookstudio

Pengalaman-pengalaman melalui kegiatan sosial seperti pendidikan, pekerjaan, hingga pengalaman sepanjang umur dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Mulai dari kesejahteraan, kualitas hidup yang lebih baik, tingkat kematian yang rendah, sampai meningkatkan fungsi kognitif.

Belajar Bahasa yang Lain

Bukan hanya suka baca buku, mempelajari bahasa asing ternyata juga bisa membantu kamu meningkatkan intelegensi. Cara ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan juga pengalaman. Nggak melulu harus pergi ke luar negeri, kamu bisa belajar bahasa asing dari rumah.

Belajar bahasa lain membantu otak cerdas.
Berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak/freepik/tirachardz

Kini ada berbagai macam pilihan situs ataupun video buat belajar bahasa baru yang bisa diakses secara gratis. Tak harus buru-buru fasih, mempelajari bahasa lain bisa dilakukan secara perlahan tapi rutin, Beauties.

Mencoba Hal-hal Baru

Melakukan kebiasaan di luar yang sudah sering dilakukan sehari-hari terkadang susah-susah gampang buat dilakukan, ya. Tapi saat kamu mau mencoba untuk melakukannya, akan ada hal-hal yang justru mungkin bisa memberikan manfaat. Seperti kebiasaan yang satu ini. Mencoba hal-hal baru bisa menambah pengalaman dan keterampilan, Beauties.

Mencoba hal-hal yang baru bisa menambah kecerdasan.
Berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak/freepik/lifestylememory

Melansir dari laman The MuseSteve Jobs pendiri Apple sempat mengambil kelas kaligrafi setelah putus sekolah. Keterampilannya itu tak langsung berguna saat itu. Tapi kemampuan desain yang pernah dipelajari di waktu itu, justru dimasukkan ke dalam komputer Mac pertama. Jadi, mencoba hal yang baru bukan sesuatu yang sia-sia. Kemampuan yang dimiliki saat ini, mungkin dapat terhubung dengan pengalaman nantinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE