sign up SIGN UP

Kenalan dengan NFT yang Bisa Raup Banyak Cuan & Lagi Banyak Dibicarakan Banyak Orang

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 29 Nov 2021 19:45 WIB
Kenalan dengan NFT yang Bisa Raup Banyak Cuan & Lagi Banyak Dibicarakan Banyak Orang
caption
Jakarta -

Apakah belakangan waktu ini kamu sering mendengar 'investasi NFT'? Lantas, apa sih maksudnya? Nah, untuk memuaskan keingintahuanmu, simak habis artikel satu ini yuk, Beauties!

Apa Itu NFT

NFT singkatan dari non-fungible token. Dilansir dari laman Etherum.org, NFT adalah token yang dapat kita gunakan untuk mewakili kepemilikan item unik kita.

Mengutip dari CNN, NFT memungkinkan untuk mendigitalisasi aset karya seni beserta barang koleksi lainnya menjadi aset yang dapat diverifikasi dan gampang diperjual-belikan dengan memanfaatkan blockchain.

Lantas apa bedanya dengan uang kripto?

Baju Digital NFT Dolce & GabbanaBaju Digital NFT Dolce & Gabbana/ Foto: Dok. UNXD x Dolce & Gabbana

Menurut Pendiri sekaligus Direktur OneShildt Financial Planning Budi Rahardjo, keduanya memang mirip karena sama-sama memanfaatkan teknologi blockchain.

Tetapi bedanya jumlah dari NFT yang diperdagangkan bisa jauh lebih terbatas dari kripto. Adapun karya seni yang diperdagangkan ini bisa berupa GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, skin video game, real estate virtual, dan masih banyak lagi.

"NFT ini bisa barangnya hanya ada satu di dunia, sehingga unik, keunikan ini yang memberi identitas pada NFT, misal lukisan karya seniman ini, seniman itu, yang cuma satu. Dan sekarang karya seni yang terbatas ini bisa didigitalkan, lalu diperjualbelikan, bahkan menjadi aset investasi yang berbasis koleksi," ungkap Budi dikutip dari CNN.

Bukan pakai uang biasa, tetapi jual beli aset seni digital ini menggunakan mata uang kripto. Diketahui sejumlah artis seperti musisi juga influencer, hingga pengusaha menghabiskan banyak uang demi mempunyai gambar digital versi NFT, lho!

Bisa Kaya Raya dari NFT?

Benyamin Ahmed, bocah 12 tahun yang raup Rp 5,7 miliar dari jualan NFTBenyamin Ahmed, bocah 12 tahun yang raup Rp 5,7 miliar dari jualan NFT/ Foto: Screenshot/detikINET

Melansir dari The Indian Express, seorang anak berusia 12 tahun asal Inggris, Benyamin Ahmed menjadi kaya raya karena menjual emoji piksel ikan paus, hasil kreasinya seharga 290 pondsterling atau setara Rp5,7 miliar.

Ahmed dan saudaranya, bikin karya digital berkat dorongan sang ayah yang merupakan pengembang perangkat lunak. Rupanya, mereka juga sudah belajar bahasa pemrograman sejak usia lima dan enam tahun, Beauties.

Pahami Risikonya

Bila kamu tertarik ingin terjun langsung, maka ada beberapa hal yang perlu dipelajari lebih lanjut. Budi melanjutkan, NFT merupakan instrumen yang bisa menjadi investasi, tetapi sebaiknya jangan dulu dijadikan tujuan keuangan.

Itu karena belum ada regulasi dan skema perdagangan yang jelas sehingga masih sangat spekulatif. Pasalnya sejak awal orang ingin memilikinya karena bentuk apresiasi karya seni, dan harganya yang bisa menaik sebagai bonus saja..

Dari karakteristik, menurut Budi, NFT itu punya dua nilai aset yakni riil, yakni aset NFT ibarat emas batangan, properti, dan lainnya. Dan secara finansial punya potensi kenaikan nilai meski bukan deposito atau saham.

Yang paling penting menurut Budi kalau kamu ingin melakukan pembelian NFT, pastikan kondisi keuangan kamu sudah lebih dulu prima ya, Beauties.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id