sign up SIGN UP

Kenalan Sama Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris Indonesia yang Namanya Jadi Trending Topic!

Neysa Alicia | Beautynesia
Selasa, 26 Jan 2021 10:15 WIB
Kenalan Sama Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris Indonesia yang Namanya Jadi Trending Topic!
caption

Hai, Beautynesian! Siapa sih, yang tidak menyukai musik? Biasanya, banyak orang mendengarkan musik untuk sekedar hiburan, atau sebagai teman ketika mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Tidak hanya enak didengar, sebuah musik atau lagu juga memiliki sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh penulisnya melalui lirik dan irama.

Seperti grup musik Tanah Air yang satu ini. Bisa dibilang, mereka adalah girl group versi kasidah. Yup, Nasida Ria! Konon katanya, grup ini sudah 45 tahun berdiri, loh! Penasaran? Yuk, kita kenalan bersama!

Nasida Ria tempo dulu / foto: instagram.com/nasidariasemarang
Nasida Ria tempo dulu / foto: instagram.com/nasidariasemarang

Kamu pasti pernah mendengar lagu yang liriknya "Perdamaian, perdamaian. Banyak yang cinta damai, Tapi perang semakin ramai". Tapi, tahu kah kamu siapa yang menyanyikan lagu tersebut? Yup, Nasida Ria! Mereka adalah sebuah grup Kasidah modern asal Indonesia, yang seluruh anggotanya terdiri dari sekelompok wanita. Buat yang belum tahu, Kasidah sendiri merupakan seni suara asal Arab, yang liriknya berisi unsur dakwah atau nasihat baik sesuai ajaran islam. Nasida Ria pertama kali terbentuk di Semarang, Jawa Tengah, oleh H.M Zain, pada tahun 1975 lalu. Wow, tidak heran kalau grup ini menjadi salah satu grup Kasidah legendaris di Indonesia!

Nasida Ria formasi 2020 / foto: instagram.com/nasidariasemarang
Nasida Ria formasi 2020 / foto: instagram.com/nasidariasemarang

Baru-baru ini, nama Nasida Ria kembali diperbincangkan setelah BBC Indonesia mengunggah video mereka di akun media sosial Twitter. Saking ramainya, Nasida Ria bahkan sempat menjadi trending topic. Selama 45 tahun berkarya,Nasida Ria telahmengalami bongkar-pasang anggota. Pada awal dibentuk, grup yang seluruh anggotanya diwajibkan untuk menguasai tiga macam alat musik ini, diisi oleh sembilan orang, yang menjadi generasi pertama Nasida Ria. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, personel Nasida Ria ikut beregenerasi, hingga pada tahun 2020 lalu menjadi generasi lima yang diisi oleh dua belas orang. 

Lagu-lagu Nasida Ria di platform musik digital, Spotify / foto: spotify.com
Lagu-lagu Nasida Ria di platform musik digital, Spotify / foto: spotify.com

Era 80 sampai 90-an menjadi zaman emas Nasida Ria. Grup yang juga populer dengan lagu "Kota Santri" ini bahkan sempat mendapatkan undangan untuk tampil di acara-acara besar beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Jerman. Sayangnya, memasuki era 2000-an, eksistensi Nasida Ria tidak setinggi dulu. Perkembangan teknologi modern dan globalisasi merupakan tantangan bagi Nasida Ria untuk mempertahankan eksistensi mereka.

Seperti pemusik lainnya, dulu Nasida Ria juga mendistribusikan karya melalui penjualan CD. Namun sejak tahun 2013, mereka mulai ikut terjun ke media sosial dan memanfaatkan berbagai macam platform digital yang ada. Langkah yang mereka ambil sangat tepat, karena para penggemar dapat mendengarkan lagu-lagu mereka di era modern ini. Tidak berhenti di situ saja, Nasida Ria juga kembali aktif merilis karya-karya baru melalui berbagai platform musik digital. Lagu terbaru yang berjudul "Kebaikan Tanpa Sekat", berhasil dirilis pada bulan September 2020 lalu.

Ezzura, versi
Ezzura, versi "junior" dari Nasida Ria / foto: instagram.com/qasidah.ezzura

Semangat dan kreativitas berkarya Nasida Ria memang patut ditiru. Meskipun tahun 2020 dunia dilanda pandemi Covid-19, dimana kegiatan manggung mereka otomatis berkurang, Nasida Ria tidak berdiam diri. Agar tetap bisa berjumpa dengan para penggemar, mereka melakukan live perform atau konser secara online melalui akun Youtube mereka yang bernama Nasida Ria Management. Mereka juga berhasil mendebutkan grup baru dengan  genre pop dan anggota-anggota yang lebih muda bernama Ezzura. Melalui Ezzura, diharapkan Kasidah Indonesia tetap terus eksis, dan semakin banyak generasi milenial yang menyukainya. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id