sign up SIGN UP

Kenapa Sulit Keluar dari Toxic Relationship? Ini Alasannya!

Cindy Krisania | Beautynesia
Rabu, 28 Oct 2020 18:15 WIB
Kenapa Sulit Keluar dari Toxic Relationship? Ini Alasannya!
caption

Ketika melihat orang terdekat kita terjebak dalam suatu hubungan yang toxic, inisiatif pertama kita adalah meminta mereka untuk mengakhiri hubungan tersebut. Namun, kerap kali tidak pernah di dengar. Inisiatif ini wajar dilakukan karena kita tidak mau melihat orang terdekat kita terus merasa tidak bahagia ketika menjalani hubungan tersebut. 

Bagaimana Caranya Keluar dari Hubungan yang Toxic
Bagaimana Caranya Keluar dari Hubungan yang Toxic/Foto: freepik.com

Terjebak dalam hubungan yang toxic memang mimpi buruk, dan tentu tidak semua orang menginginkannya. Akan tetapi, untuk bisa keluar dari hubungan ini tentu tidak mudah. Situasi ini seolah umum terjadi pada seseorang yang sedang berada di toxic relationship. Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi alasan mereka sulit untuk keluar dari hubungan yang toxic? Berikut beberapa alasannya!

1. Berharap Pasangan Akan Berubah

Berharap Pasangan Akan Berubah Lebih Baik
Berharap Pasangan Akan Berubah Lebih Baik/Foto: freepik.com

Ini dia salah satu alasan yang mungkin sering kamu dengar dari mereka yang terjebak di hubungan toxic. Mereka selalu berharap dan percaya bahwa pasangannya bisa berubah menjadi lebih baik.

Padahal, pada nyatanya kita tidak akan pernah bisa merubah seseorang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Seseorang hanya dapat berubah atas kehendak dirinya sendiri, tanpa pengaruh orang lain.

Jika kamu selalu percaya bahwa pasangan akan berubah dan selalu memaklumi atas kesalahan yang mereka lakukan. Padahal pasangan kamu tidak menunjukkan perubahan yang kamu mau, lalu sampai kapan? Berhentilah menganggap dirimu sebagai tempat rehabilitasi pasanganmu.

2. Terlalu Bergantung Pada Dia

Jangan Terlalu Bergantung pada Si Dia
Jangan Terlalu Bergantung pada Si Dia/Foto: freepik.com

Saat kita berada dalam suatu hubungan, kita sering berbagi cerita dan berkeluh kesah. Kita menumpahkan segalanya tanpa memfilter sedikitpun, yang tanpa sadar membuat kita menjadi bergantung pada dirinya.

Contohnya, saat kamu sedang bersedih lalu si dia tidak ada di sampingmu, kamu akan merasa kalang kabut seperti kehilangan arah. Kamu seperti tidak tahu bagaimana cara mengatasi rasa kesedihanmu tanpa dia. Dia seperti memiliki peran penting dalam pengendalian emosimu sendiri. 

Ini salah satu ciri bahwa kamu sudah terlalu jauh bergantung dengan dirinya dan tentu ini tidak baik untuk ke depannya. Kamu perlahan akan mulai kehilangan kontrol atas diri kamu sendiri. 

Maka, cobalah untuk tidak terlalu bergantung pada si dia. Mulai belajar mengelola emosi yang sedang kamu rasakan. 

3. Kurangnya Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri

Cintailah Dirimu Sebanyak Mungkin
Cintailah Dirimu Sebanyak Mungkin/Foto: freepik.com

Berada di dalam hubungan yang toxic tanpa sadar akan membuat pandangan kita berbeda dalam mencintai diri sendiri. Kamu akan selalu mengedepankan kebahagiaan si dia dibanding dirimu sendiri.

Padahal salah satu cara agar bisa terbebas dari jenis hubungan ini, kamu harus lebih percaya pada dirimu sendiri, memberikan rasa cinta yang begitu banyak dan memiliki tekat yang kuat. 

Itu dia tiga alasan yang sering menjadi alasan seseorang sulit keluar dari hubungan yang toxic. Mungkin tidak mudah dan akan terasa menyakitkan. Tapi, tidak apa-apa, sakitnya hanya sebentar saja. Mulailah mencintai dirimu sendiri lebih banyak agar kamu tidak selamanya terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. 

Tidak apa-apa kamu kehilangan banyak orang, asal kamu tidak kehilangan diri kamu sendiri. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id