sign up SIGN UP

LIFE

4 Tips Sehat Mental dari Psikiater dr. Jiemi Ardian

Dian Aprilia | Jumat, 16 Oct 2020 12:00 WIB
4 Tips Sehat Mental dari Psikiater dr. Jiemi Ardian
caption
Jakarta -

Hai ladies, apakah kamu sudah mengenal dr. Jiemi Ardian? Dr. Jiemi Ardian adalah seorang psikiater lulusan Universitas Sebelas Maret.

Saat ini beliau menjadi psikiater di Rumah Sakit Siloam Bogor dan advisor di Ibunda.id. Dikutip dari ibunda.id, beliau memiliki ketertarikan yang besar pada isu depresi, bunuh diri, self harm, dan juga borderline.

Sehingga tak jarang beliau juga memberikan nasehat dan pesan-pesan yang diunggah di akun instagramnya @jiemiardian berkaitan dengan upaya untuk tetap sehat mental. Berikut adalah 4 tips sehat mental dari dr. Jiemi Ardian:


1. Menyadari dan Mengakui Jika Sedang Sakit

Unggahan tips sehat mental
Unggahan dr. Jiemi/instagram.com/jiemiardian

Dalam sebuah studi, diketahui persepsi publik terhadap orang-orang yang memiliki penyakit mental di negara berkembang di Asia berbeda-beda.

Sebanyak 49,6% merasa orang lain harus dijauhkan dari orang yang memiliki gangguan mental. Sebanyak 38,3% merasa orang gangguan mental berbahaya, dan 21,5% percaya bahwa gangguan yang berkaitan mental adalah kesalahan orang itu sendiri.

Jika melihat dari studi tersebut, maka tak aneh jika akhirnya banyak yang mengalami gangguan mental, tapi tak mau mengakuinya.

Meski begitu, menurut dr. Jiemi, tidak mengakui atau berpura-pura tidak sakit adalah suatu respon yang kurang tepat. Dalam unggahannya, beliau pernah menjelaskan bahwa “Kamu tidak bisa sembuh kalau kamu masih pura-pura tidak sakit”

Untuk itu, dia mengingatkan bahwa langkah awal untuk sembuh adalah mengakui jika sedang sakit dan butuh bantuan. Meski menyakitkan di awal, hal tersebut penting dilakukan, supaya bisa terbuka dengan segala upaya kesembuhan. 

2. Tidak Berusaha Memastikan Masa Depan

Tips sehat mental
Unggahan dr. Jiemi/instagram.com/jiemiardian

Ladies, pernahkah kamu merasa khawatir dengan masa depan hingga membuatmu cemas?

Hal ini bisa jadi salah satu gejala seseorang mengalami kecemasan antisipatori. Kecemasan antisipatori adalah kondisi peningkatan kecemasan karena memikirkan suatu peristiwa/situasi di masa depan.

dr. Jiemi pernah berpesan dalam unggahannya di Instagram mengingatkan pada pembaca, “Tugas kita adalah merencanakan dan mengusahakan yang terbaik untuk masa depan. Biarkanlah masa depan dengan misterinya sendiri.”

Jadi yang terpenting adalah lakukan yang terbaik, biarlah usaha kita yang mencari jalannya untuk menjemput masa depan.

3. Kurangi Menghakimi, Perbanyak Memahami

Tips sehat mental
Unggahan dr. Jiemi/instagram.com/jiemiardian

Biasanya kita akan menilai perbuatan 'menghakimi orang lain' itu sebagai perbuatan tidak baik karena menyakiti hati orang lain.

Padahal jika diteliti lebih lanjut, sering menghakimi orang lain justru berdampak buruk terhadap diri sendiri lho, Ladies. Mulai dari membuat hubungan lebih renggang, melelahkan jiwa dan pikiran, dan juga takut menjadi diri sendiri.

Dalam unggahannya, dr. Jiemi pernah memberikan suatu contoh menarik tentang hal ini.

Saat kita sibuk dan sering menghakimi orang lain, bahkan tak segan berkata-kata jahat, ia berpesan begini, “Maka jangan heran jika diri sendiri melakukan kesalahan, pikiran kita juga kejam berkata-kata jahat. Lalu sibuk heboh membandingkan dan merendahkan diri sendiri”

4. Mencintai Diri Sendiri

Tips sehat mental
Unggahan dr. Jiemi/instagram.com/jiemiardian

Ladies, pernahkah kamu mendengar istilah ‘Self Love’? Tahukah kamu bahwa self love penting untuk menjaga kesehatan kita, lho!

Self love atau mencintai diri sendiri ini akan mendorong seseorang untuk hidup dengan baik. Seperti halnya menjaga kesehatan tubuh, memanjakan diri, meluangkan waktu untuk ‘me time’ dan lainnya yang akan mendorong kamu bisa merasakan bahagia yang seutuhnya.

dr. Jiemi pernah berpesan dalam unggahannya, bahwa kita tak perlu menunggu jadi sempurna untuk bisa mencintai diri sendiri, sebab hal itu tak akan pernah terjadi.

Beliau juga mengingatkan “Kalau setiap ada kekurangan kita memaki dan merendahkan diri sendiri ya wajar kita terbiasa membenci diri. Cintailah dirimu dengan segala lebih dan kekurangannya”

Itulah 4 tips sehat mental dari dr. Jiemi, jangan lupa diterapkan ya. Yuk kita jaga kesehatan mental kita supaya hidup terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id