Kerja Tim Bisa Makin Produktif dengan Lakukan Teknik RACI, Apa Itu?
Beauties, pernahkah kamu merasa kesulitan dalam pembagian tugas di suatu kegiatan manajemen proyek? Jika jawabannya adalah ya, mungkin kamu harus mengimplementasikan teknik matriks RACI untuk membagi peran setiap pekerja.
Teknik ini berguna untuk proyek kompleks dengan durasi panjang yang mencakup banyak pihak, tugas, dan pencapaian. Dengan menggunakan RACI, komunikasi dan alur kerja dalam suatu proyek dapat berjalan lebih lancar serta detail yang penting takkan terlewat. Agar lebih memahami tentang RACI, yuk simak penjelasannya pada artikel ini.
Apa itu Teknik RACI?
![]() Teknik RACI/ Foto: trackplus.com |
Teknik atau matriks RACI merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membagi tanggung jawab pekerja dalam manajemen proyek. RACI merupakan singkatan dari berikut:
Responsible (Bertanggung Jawab): merupakan orang yang bertanggung jawab untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang didelegasikan. Pihak yang bertanggung jawab biasanya berada di tim proyek dan biasanya merupakan pengembang atau pencipta. Setiap tugas atau kegiatan harus memiliki setidaknya satu orang yang bertanggung jawab dan dapat memiliki beberapa orang.
Accountable (Akuntabel): merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mendelegasikan dan meninjau pekerjaan proyek yang dilakukan. Tugas pihak accountable adalah memastikan bagian responsible mengetahui harapan proyek dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Pihak accountable biasanya mempunyai peran kepemimpinan atau manajemen.
Consulted (Dikonsultasikan): merupakan orang yang memberikan masukan dan umpan balik mengenai pekerjaan yang dilakukan dalam suatu proyek. Dimana dalam hal ini, pihak responsible wajib berkonsultasi dengan pihak consulted sebelum memulai proyek dan dalam mengambil keputusan besar. Pihak consulted mempunyai kepentingan terhadap hasil proyek karena hal tersebut dapat mempengaruhi pekerjaan mereka saat ini atau di masa depan. Pihak ini biasanya diisi oleh peran pemangku kepentingan atau stakeholders.
Informed (Diinformasikan): merupakan orang yang perlu mengetahui kemajuan suatu proyek tetapi tidak dikonsultasikan atau dibebani dengan rincian setiap tugas, karena setiap keputusan dapat mempengaruhi pekerjaan walau mereka bukan pengambil keputusan dalam proses tersebut. Pihak yang mendapat informasi biasanya berada di luar tim proyek dan seringkali berada di departemen yang berbeda.
Kapan Kamu Harus Menggunakan Matriks RACI?
Ilustrasi/ Foto: Pexels/Fauxels
Matriks RACI berguna untuk hampir semua proyek pekerjaan. Mari kita ambil contoh sederhana. Yang bertanggungjawab atau responsible untuk membuat artikel adalah Penulis, sementara Editor bertanggungjawab untuk menugaskan dan meninjau pekerjaan penulis. Di luar lingkup penulisan, mungkin Editor telah berkonsultasi dan memberikan informasi kepada orang lain di sekitar seperti Senior Editor.Â
Bagaimana Cara Menggunakan RACI?
Cara menggunakan RACI/ Foto: forbes.com
Untuk membuat matriks RACI, mulailah dengan membuat daftar semua tugas proyek di kolom sebelah kiri dan pihak yang terlibat di baris atas. Masukkan R, A, C atau I sesuai dengan tingkat keterlibatan masing-masing pihak dalam tugas yang berjalan. Contohnya dalam gambar diatas, proyek terbagi menjadi 2 fase yakni fase riset (research) dan struktur (structure).
Dalam tahapan pertama di fase 1 — econometric model atau model ekonometrik — Analis Senior (Senior Analyst) bertanggungjawab untuk melakukan pekerjaan tersebut. Sementara, SVP Finance juga bertanggung jawab untuk meninjau dan memastikan tugas tersebut berjalan dengan lancar.
Dalam tahap ini, Analis Senior menginformasikan kemajuan proyek kepada Manajemen Proyek (Project Manager), Kepala Bagian Desain (Head of Design), Direktur Penjualan (Sales Director), dan ke Manajemen Senior (Senior Management). Analis Senior akan mengonsultasikan dengan Pimpinan SEO (SEO Lead) untuk mendapat umpan balik dan masukan terhadap tugas.
 Nah bagaimana Beauties, apakah sekarang sudah mulai memahami tentang matriks RACI? Matriks RACI juga memungkinkan untuk melihat berapa banyak tugas yang menjadi tanggung jawab seseorang dalam jangka waktu tertentu sehingga jika orang tersebut mendapat terlalu banyak tanggung jawab, tim dapat membantu mendistribusikan pekerjaan secara merata untuk menghindari kewalahan.
Yuk mulai implementasikan teknik ini!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
