Kerja dari rumah atau pun dari kantor, pertengahan minggu selalu jadi waktu yang sibuk. Beragam pekerjaan datang dan harus segera diselesaikan agar tidak menumpuk di akhir minggu. Seringkali, hal ini bikin kita jadi pusing sendiri dan akhirnya semua pekerjaan jadi keteteran. Biar hal ini nggak terjadi lagi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.
Buat Daftar Pekerjaan
Kamu mungkin tahu kalau ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi, bisa jadi kamu tidak sadar jumlah pasti dari pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini. Padahal, mengetahui dengan pasti banyaknya pekerjaan yang perlu kamu selesaikan bisa membantumu menyusun timeline agar kerja jadi lebih efektif.
Selalu catat setiap pekerjaan yang masuk sehingga tidak ada yang terlewat. Setelah itu, susun daftar pekerjaan dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting. Prioritaskan juga pekerjaan yang harus segera selesai agar tidak membebanimu.
Untuk pekerjaan yang tidak terlalu penting, kamu bisa coba mendelegasikan pekerjaan itu ke orang lain.
Kerjakan Satu per Satu
Siapa bilang kalau multitasking itu selalu baik? Dalam urusan pekerjaan, sebaiknya selesaikan tugas kamu satu per satu. Selain bisa lebih fokus, mengerjakan tugas satu per satu bisa membuat kamu lebih minim stres dibandingkan saat kamu harus multitasking.
Agar lebih efektif, kamu bisa mencoba teknik time blocking. Gunakanlah durasi waktu tertentu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Pastikan kamu bekerja dengan fokus sehingga pekerjaanmu bisa selesai di durasi waktu tersebut. Setelah satu tugas selesai, saatnya kamu beralih ke tugas lainnya.
Jauhkan Gangguan
Bekerja jadi lebih berat jika ada banyak gangguan yang datang. Apalagi saat bekerja dari rumah, kamu harus menjaga pikiran agar tetap fokus di tengah keributan anggota keluarga. Belum lagi, notifikasi handphone dari grup kantor yang terus menerus bunyi. Agar pekerjaan kamu lebih cepat selesai, coba untuk menjauhkan gangguan-gangguan tersebut.
Cari ruangan paling tenang yang bisa kamu pakai untuk bekerja. Lalu, matikan notifikasi handphone yang bisa mengganggu fokus kamu. Kamu hanya perlu menyalakan notifikasi dari grup yang menurut kamu paling penting.
Luangkan waktu 5-10 menit setiap jam untuk mengecek dan membalas pesan. Sehingga meskipun mematikan notifikasi, kamu tidak benar-benar menghilang dari urusan chat group kantor.
Bergerak dan Konsumsi Air Putih
Kalau bekerja membuat kamu sampai lupa minum, berarti kamu harus menyediakan botol minum di meja kamu. Sekarang sudah banyak botol berukuran 2 liter yang membantu kamu agar selalu ingat minum. Jangan sampai kamu dehidrasi ya, Beauties. Meskipun tidak banyak bergerak, tapi tubuh kamu tetap perlu air putih agar bisa terus fokus.
Selain itu, lakukan peregangan dan bergeraklah dari meja kerja setidaknya satu jam sekali. Bergerak bisa membantu aliran darah lebih lancar sehingga sirkulasi oksigen lebih baik. Efeknya, kamu bisa berpikir lebih jernih dan tidak rawan mengantuk.