STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kiat Persiapan Masuk Kampus Favorit Tanpa Jalur Belakang

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 30 Aug 2022 04:30 WIB
Kiat Persiapan Masuk Kampus Favorit Tanpa Jalur Belakang

Beauties, masuk kampus favorit memang butuh effort yang tinggi. Bukan rahasia lagi jika pendaftar di kampus-kampus favorit memang selalu membludak sehingga tingkat persaingan pun tinggi. Bahkan belakangan ini, santer terdengar kasus yang cukup memprihatinkan dari salah satu PTN di Indonesia yang diduga menerima suap dalam hal penerimaan mahasiswa baru.

Wah, jangan sampai kamu seperti itu ya, Beauties. Guna memastikan satu kursi untuk ditempati, jelas saja kamu harus mempersiapkan diri sematang mungkin. Nah, berikut adalah persiapan yang bisa kamu lakukan supaya diterima di kampus favorit.

Buat dan Patuhi Rencana Studi

Ilustrasi membuat rencana/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi membuat rencana/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Pertama, buat dan patuhilah rencana studi. Bagaimana caranya? Dikutip dari laman CIIT, kamu bisa memulainya dengan mengetahui cakupan tes yang akan diujikan. Setelah itu, buatlah rencana belajar dan sisihkan waktu untuk itu.

Kamu bisa menjadwalkannya pada waktu di mana kamu merasa paling produktif. Dengan mengetahui cakupan tes dan membuat jadwal belajar, kamu bisa mengatur target-target selanjutnya.

Evaluasi Kekuatan dan Kelemahan

Ilustrasi strategi belajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi strategi belajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Jenis soal yang diujikan saat seleksi masuk kampus memang berbeda-beda. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk sedini mungkin mengetahui kekuatan dan kelemahan pada bidang tertentu.

Misalnya, kamu merasa lemah di bidang numerik ataupun kuantitatif. Maka dari itu, kamu bisa memfokuskan bidang tersebut secara khusus lebih dulu. Meski demikian, jangan lupakan bidang lain yang juga bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan skor tinggi.

Ketahui Sistem Penilaian

Ilustrasi belajar semangat/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi belajar semangat/ Foto: Freepik.com/benzoix

Aturan mengenai sistem penilaian juga sepatutnya kamu ketahui, Beauties. Mengapa? Karena ini penting untuk menentukan strategi menjawab soal. Berhubung sistem penilaian ini sewaktu-waktu bisa berubah dari tahun ke tahun, maka cobalah mencari tahu sistem penilaian yang akan dipakai pada tahun tes mu.

Semisal sistem penilaiannya tidak ada pengurangan nilai jika salah dalam menjawab soal, maka sebaiknya kamu jawab semua soal. Sebaliknya, jika ada pengurangan nilai apabila salah dalam menjawab, maka jawablah soal yang benar-benar kamu ketahui jawabannya.

Kerjakan Soal-soal Tahun Sebelumnya

Ilustrasi drilling soal/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com
Ilustrasi drilling soal/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com

Tes masuk kampus adalah hal yang umum dilakukan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, kamu bisa mencari tahu kumpulan soal-soal yang pernah keluar di tahun sebelumnya, dan cobalah untuk mengerjakannya.

Sebagaimana dikutip dari CIIT, ada kemungkinan bahwa soal maupun pertanyaan tahun sebelumnya muncul lagi di tahun tes kamu. Meskipun tidak sama persis,  setidaknya kamu bisa memahami bentuk soalnya. Untuk itu, carilah strategi untuk menjawabnya seefisien mungkin.

Belajar Menggunakan Timer

Ilustrasi set timer/ Foto: Freepik.com/jittima1921
Ilustrasi set timer/ Foto: Freepik.com/jittima1921

Dikutip dari laman Learning Lift Off, Dr. Oakley menyarankan untuk menggunakan Teknik Podomoro yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo untuk lebih bisa fokus ketika belajar. Kamu bisa menyetel timer selama 25 menit belajar kemudian setelah itu, ambil waktu untuk beristirahat. Hal ini bisa menjadi langkah efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda ketika mencoba untuk belajar.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE