STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cara Mengatur Keuangan Agar Beauties yang Anak Kos Tidak Sengsara Sejak Pertengahan Bulan

Meuthia Khairani | Beautynesia
Selasa, 16 Aug 2022 17:15 WIB
Cara Mengatur Keuangan Agar Beauties yang Anak Kos Tidak Sengsara Sejak Pertengahan Bulan

Ada kalanya, uang kiriman orangtua untuk mahasiswa perantau tidak bertahan lama di dompet dan rekening, karena pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Misalnya, uang tergerus untuk memfotokopi materi perkuliahan, nge-print tugas, bikin tugas kelompok, ditagih oleh tim dana usaha untuk menyelenggarakan acara fakultas atau jurusan, dan sebagainya.

Maka dari itu, mahasiswa harus pintar-pintar mengelola uang agar kondisi keuangan stabil, menghindari meminjam pada teman, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beautynesia telah merangkum beberapa kiat untuk Beauties yang merantau di kota lain atau ngekos agar tidak cekak di tanggal tua. Apa saja?

Prioritaskan Belanja Kebutuhan

Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/Lifestylememory
Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/Lifestylememory

Dilansir dari USNews, Beauties perlu membuat daftar pengeluaran per minggu atau per bulan dan memprioritaskan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Misalnya, kamu harus memprioritaskan uang yang telah disediakan untuk membeli makan, pegangan sehari-hari untuk memfotokopi atau print tugas, dan ongkos angkutan umum atau bensin untuk pergi dan pulang kuliah.

Apabila masih ada sisa, kamu baru bisa mengalokasikan ke hal lain, seperti membeli skincare baru atau pernak-pernik yang kamu idamkan.

Membawa Bekal

Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/xb100
Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/xb100

Dilansir dari Forbes, kamu tak perlu malu untuk membawa bekal ke kampus. Sebab, biasanya  bahan makanan yang kamu beli di pasar lebih murah daripada makanan yang telah tersaji di kantin.

Memang agak repot karena kamu perlu memasak sendiri. Namun, apa salahnya dicoba? Dengan cara ini, kamu bisa menghemat uang sekaligus melatih kemampuan memasakmu, Beauties! Kamu juga bisa menjamin makanan yang kamu santap nanti diolah dengan higienis.

Kalaupun tidak, cobalah untuk memilih menu makanan yang sesuai dengan budget makanmu setiap hari.

Mencoba Kerja Part Time

Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/pressfoto
Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/pressfoto

Kerja paruh waktu bisa menambah pemasukan secara mandiri, Beauties. Misalnya, dengan mengajar les mata pelajaran sekolah yang kamu kuasai dengan baik, atau bekerja paruh waktu di posisi yang berkaitan dengan jurusan kuliahmu.

Kamu bisa banget learning by doing dengan magang atau menjadi part timer. Asyiknya lagi, jika perform-mu bagus, kamu bisa direkrut oleh perusahaan tersebut. 

Kamu bisa mencari pekerjaan part time atau lowongan magang di akun dan website jobseeker seperti @magang_id, Glints, Jobstreet, dan lainnya.

Pinjam Buku Referensi di Perpustakaan

Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/freepik
Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/freepik

Selain membeli buku referensi, kamu dapat meminjam buku yang cocok menjadi referensi tugas makalah atau presentasi di perpustakaan kampus. Namun, jangan lupa untuk menjaga buku tersebut, ya, Beauties.

Jangan sampai lecek, tercoret, basah, dan yang paling penting jangan sampai hilang! Karena biasanya buku yang tersimpan di perpustakaan kampus adalah keluaran lama yang sulit dicari karena sudah lama berhenti beredar di toko-toko buku. Kalaupun ada, harganya terbilang mahal. Sayang kan, kalau uangmu hanya dipakai untuk bayar denda atau mengganti buku?

Manfaatkan Fasilitas dan Acara kampus

Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/bedneyimages
Cara hemat dan mengatur keuangan untuk anak kos/Freepik/bedneyimages

Dilansir dari CASL, kamu bisa menghemat pulsa dan kuota internet handphone-mu dengan menggunakan wifi yang tersedia di kampus, perpus, atau rumah kos untuk mengerjakan tugas dan browsing referensi. Untuk menghibur diri, kamu juga bisa memanfaatkan wifi kampus untuk bermain medsos, menonton streaming atau men-download film untuk kamu saksikan sepulang kuliah, atau menghabiskan waktu menunggu kelas mata kuliah berikutnya.

Selain itu, mengikuti berbagai acara kampus yang diselenggarakan setiap fakultas atau jurusan yang biasanya memberikan penampilan musik, teater, sastra, dan pertunjukan seni lainnya juga bisa kamu lakukan. Selain mendapat hiburan, kamu bisa menambah teman dan menikmati pertunjukan yang HTM-nya murah meriah bahkan gratis.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE