sign up SIGN UP

Kolaborasi dengan Seniman Asal Bali, Simak Koleksi Terbaru Tulola Jewerly Melalui 'Ketenangan Jiwa'

Sierra Muktisari | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 18:00 WIB
Kolaborasi dengan Seniman Asal Bali, Simak Koleksi Terbaru Tulola Jewerly Melalui 'Ketenangan Jiwa'
caption
Jakarta -

Bagi para pencinta fashion, perhiasan atau jewelry menjadi salah satu fashion item yang kerap dicari untuk melengkapi penampilan. Salah satu brand lokal asal Indonesia, Tulola Jewelry kembali hadir dengan koleksi perhiasan terbaru mereka yang berkolaborasi dengan seniman asal Bali.

Di tahun 2021 lalu, Tulola Jewelry sempat merilis koleksi bertajuk 'Jiwa Penuh Sinar', dan di tahun 2022 ini Tulola Jewelry pun merilis sebuah program Pustaka Tulola dengan koleksi baru yang bertajuk 'Ketenangan Jiwa'. Koleksi perhiasan yang cantik nan indah itu pun turut dipamerkan pada Kamis, (24/3) yang berlokasi di Savyavasa.

Tulola Jewelry menghadirkan program Pustaka TulolaTulola Jewelry menghadirkan program Pustaka Tulola/ Foto: Dok. Sierra Muktisari

Pustaka Tulola sendiri merupakan laboratorium penciptaan kreatif bagi para founder-nya yaitu Sri Luce-Rusna, Happy Salma, dan co-founder Franka Franklin-Makarim, sekaligus sebagai payung kekayaan intelektual Tulola.

Pustaka Tulola juga menjadi upaya pencatatan motif kultural Nusantara, teknik adiluhung, kisahan mitos, legenda, dan sastra Indonesia, inovasi desain terkini, berikut ide-ide kreatif lintas bidang dari para pendirinya.

Kolaborasi Pustaka Tulola dengan I Made Pada

Menariknya lagi, koleksi Ketenangan Jiwa merupakan kolaborasi Tulola Jewelry dengan seniman ukir keris asal Bali, yaitu I Made Pada. Beliau saat ini dikenal sebagai pembuat pendok (selongsong pelindung dari logam mulia yang membungkus keris) terbaik di Bali.

Karya ciptaannya kaya dengan inovasi artistik dan memiliki dimensi yang detail, rapi, tegas, serta halus. Awal mula kolaborasi ini pun tercetus ketika Happy Salma bertemu dengan I Made Pada saat kegiatan adat yang diadakan di Bali.

Franka Franklin-Makarim dan Happy Salma di peluncuran koleksi Pustaka Tulola: Ketenangan JiwaFranka Franklin-Makarim dan Happy Salma di peluncuran koleksi Pustaka Tulola: Ketenangan Jiwa/ Foto: Dok. Sierra Muktisari

Bertemu dengan sosok menginspirasi serta karya-karyanya yang penuh makna, Happy Salma pun kemudian mengajak Sri Luce-Rusna untuk mengunjungi studio I Made Pada hingga akhirnya mewujudkan kolaborasi ini.

Happy Salma sempat mengutarakan keinginannya untuk terus berkolaborasi dengan berbagai maestro dari berbagai Nusantara. "Kita inginnya setiap tahun, kita belajar dari para maestro di Indonesia.

Yang dari sekarang, dimulai dari I Made Pada, mungkin tahun depan inginnya dengan seorang maestro seni murni perhiasan yang ada di Sumatra, atau Kalimantan," terangnya.

Happy Salma dalam peluncuran koleksi Pustaka Tulola: Ketenangan JiwaHappy Salma dalam peluncuran koleksi Pustaka Tulola: Ketenangan Jiwa/ Foto: Dok. Sierra Muktisari

"Kami berharap Pustaka Tulola dapat terus berkontribusi secara berkelanjutan. Tidak hanya melestarikan budaya dan keterampilan para seniman mumpuni, namun juga memberikan napas baru melalui kolaborasi yang dilakukan bersama," ungkap Franka Franklin-Makarim.

Melalui Ketenangan Jiwa, terdapat beberapa item yang dirilis seperti sirkam, anting, cuff, hingga artwear brooch dengan edisi terbatas. Selain itu, secara khusus ada tiga Keris Tangguh Kamardikan milik I Made Pada yang dihadirkan sebagai sumber inspirasi penciptaan.

Koleksi Pustaka TulolaKoleksi Pustaka Tulola/ Foto: Dok. Tulola Jewelry

Koleksi dari Tulola JewelryKoleksi Pustaka Tulola/ Foto: Dok. Tulola Jewelry
Koleksi Pustaka TulolaKoleksi Pustaka Tulola/ Foto: Dok. Tulola Jewelry

Selain itu, proses pembuatan koleksi 'Ketenangan Jiwa' ini berbeda dengan teknik yang telah dikelola Tulola Jewelry selama ini. I Made Pada pun memadukan unsur bahan-bahan alami, motif tradisional, dan teknik 'menatah' dari warisan leluhur yang kerap dipakainya dalam menciptakan ukiran emas dan perak pada Barong Suci, Keris, hingga Pratima.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memiliki koleksi terbaru dari Tulola Jewelry ini, kamu bisa kunjungi Instagram @tuloladesigns untuk informasi lebih lanjut, ya!

------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id