sign up SIGN UP

Lelah Karena Pandemi COVID-19 Belum Juga Berakhir? Hati-hati Pandemic Flux Syndrome, Cari Tahu Faktanya di Sini!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 22:00 WIB
Lelah Karena Pandemi COVID-19 Belum Juga Berakhir? Hati-hati Pandemic Flux Syndrome, Cari Tahu Faktanya di Sini!
caption
Jakarta -

Tak terasa hampir dua tahun sudah pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia. Kamu mungkin merasa lelah dan khawatir tak berkesudahan semenjak pandemi datang. Kamu adalah salah satu di antara banyaknya orang yang merasa perlu beradaptasi karena kehilangan aktivitas dikarenakan pandemi ini. Kamu juga merasa bahwa pandemi adalah fenomena yang tidak berkesudahan.

Jika kamu merasakan hal tersebut, kondisi ini disebut pandemic flux syndrome. Menurut Very Well Health, pandemic flux syndrome merupakan kondisi yang mengacu pada dampak emosional fase pandemi terhadap kehidupan. Sebagai akibat dari wabah pandemi, banyak yang telah mengalami perubahan yang signifikan, khususnya setelah ada berita munculnya varian baru COVID-19, yakni omicron.

Yuk, simak lebih jauh fakta seputar pandemic flux syndrome di bawah ini!

Penyebab Pandemic Flux Syndrome

Merasa Lelah Karena Pandemi Belum Juga Berakhir, Hati-hati Pandemic Flux Syndrome
Seseorang Mengalami Pandemic Flux Syndrome/Foto: pexels.com/Ican Samkov

Beauties, tahukah kamu bahwa tubuh manusia dirancang untuk berada di bawah tekanan hanya untuk waktu yang singkat? Tapi untuk pandemi yang terasa seakan belum ada ujungnya saat ini, sangat sulit untuk mendapatkan keamanan, mengatasi kesedihan, dan bergerak maju ketika telah berada dalam krisis selama hampir dua tahun. Hal inilah yang bisa memicu pandemic flux syndrome.

Pandemi COVID-19 juga membuat segala hal menjadi terbatas, sehingga manusia menyadari bahwa mereka tidak merasakan sukacita dan kepuasan seperti yang mereka inginkan. Akibatnya, banyak dari yang merasa bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Sebagian besar dari apa yang kamu rasakan saat ini didasarkan pada masa depan. Bayangan akan masa depan terasa menjadi lebih kabur, kamu juga tidak tahu harus berjuang seperti apa untuk membuat rencana di masa depan. Hal ini akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Dampak dari Pandemic Flux Syndrome

Merasa Lelah Karena Pandemi Belum Juga Berakhir, Hati-hati Pandemic Flux Syndrome
Dampak Pandemic Flux Syndrome/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Seseorang yang mengalami pandemic flux syndrome kemungkinan besar mengalami peningkatan dalam kecemasan, depresi, dan perasaan mati rasa karena menyadari bahwa pandemi mungkin tidak akan pernah hilang.

Seseorang juga dapat mengalami beberapa kekosongan yang membawa ketidaknyamanan, dan ketidaknyamanan tersebut dapat membuat seseorang merasa di luar kendali. Pandemic flux syndrome juga “memaksa” seseorang untuk kembali meredefinisi konsep akan dirinya karena perlu mengubah hal-hal yang mungkin dapat diubah, seperti pekerjaan, penampilan hingga hubungan dengan seseorang.

Cara Mengatasi Pandemic Flux Syndrome

Merasa Lelah Karena Pandemi Belum Juga Berakhir, Hati-hati Pandemic Flux Syndrome
Me Time/Foto: pexels.com/RODNAE Productions

Meyakinkan diri bahwa kamu tidak sendiri menghadapi pandemi ini bisa menjadi alasan untuk terus maju, karena kesusahan ini bukan hanya kamu yang rasakan. Banyak orang yang dapat berjalan maju, kamu pun juga bisa melakukannya.

Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa mengambil langkah-langkah kecil. Amanda E. White, LPC, pendiri Therapist for Women yang diwawancarai oleh Washington Post merekomendasikan untuk menerima fase pandemi dengan melakukan hal-hal di luar kebiasaan. Menurutnya, penerimaan tidak berarti kamu harus menyukai apa yang terjadi dan bukan berarti kamu juga menyetujuinya. 

Kamu juga bisa menetapkan batasan seperti beristirahat dari media sosial, ambil cuti dari pekerjaan, dan lakukan hal-hal yang menyehatkan yang bisa kamu lakukan. Ingat, kamu tidak sendiri. Semangat, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id