sign up SIGN UP

Lia ITZY dan Sederet Idol K-Pop Lain yang Tersandung Kasus Bullying

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 21 Jun 2021 11:00 WIB
Lia ITZY dan Sederet Idol K-Pop Lain yang Tersandung Kasus Bullying
caption

Sepanjang 2021, dunia hiburan Korea marak diterpa isu bullying yang melibatkan sederet idol K-pop ternama. Belum lama ini, isu kasus perundungan yang menimpa Lia ITZY pada Februari lalu kembali diberitakan media.

Sebelumnya, Lia dituding pernah melakukan tindak bullying oleh seseorang yang mengaku teman sekolahnya. Ia disebut pernah meminjam uang dan tidak mengembalikannya, serta melakukan penindasan verbal yang membuat salah satu temannya trauma.

lia itzy
Lia Itzy/Foto: instagram.com/itzy.all.in.us

Menanggapi hal itu, JYP Entertainment selaku pihak agensi ITZY segera membantah tuduhan tersebut dan mengambil tindakan hukum atas dugaan pencemaran nama baik. Namun pada Minggu (13/6) lalu, Kantor Polisi Incheon Yeonsu membebaskan teman sekolah Lia yang mengaku korban bully tersebut lantaran tidak adanya cukup bukti.

Pihak JYP Entertainment pun mengaku sulit menerima hasil ini dan meminta dilakukannya penyelidikan ulang. 

Selain Lia ITZY, 5 artis K-pop berikut juga tersandung kasus bullying Korea di tahun 2021!

1. Hyunjin Stray Kids

hyunjin stray kids
Hyunjin Stray Kids/Foto: instagram.com/realstraykids

Masih dari JYP Entertainment, salah satu personel boy band Stray Kids, Hyunjin juga tersandung isu bullying yang melibatkan dirinya. Idol berusia 20 tahun itu dituduh melakukan kekerasan dan bullying verbal semasa sekolah dulu.

Meski pihak agensi telah membantah kebenaran isu tersebut, Hyunjin tetap menuliskan permintaan maaf melalui akun instagram resmi Stray Kids @realstraykids dan hiatus sementara dari grupnya. Brand kosmetik CLIO juga mengumumkan menghentikan aktivitas promosinya bersama Hyujin dan Stay Kids.

2. Soojin (G)I-DLE

soojin (G)I-DLE
Soojin (G)I-DLE/Foto: instagram.com/official_g_i_dle

Personel (G)I-DLE, Soojin juga pernah diisukan melakukan tindak bullying pada masa sekolah. Namun Soojin sendiri beserta pihak agensi Cube Entertaiment segera membantah tuduhan tersebut. 

Dampak dari rumor yang beredar, Soojin pun hiatus sementara waktu dari segala aktivitasnya bersama (G)I-DLE. Iklan promosinya dengan brand Peripera juga dihapus. 

3. Mingyu Seventeen

mingyu seventeen
Mingyu Seventeen/Foto: instagram.com/min9yu_k

Isu serupa juga menimpa Mingyu Seventeen. Namun tidak hanya dituduh melakukan tindak bullying, Mingyu juga disebut merokok, membolos dan merampas uang temannya semasa sekolah. 

Menanggapi tuduhan tersebut, Pledis Entertainment selaku agensi menyatakan bahwa isu yang beredar salah dan tidak mendasar. Mereka juga meminta maaf kepada penggemar atas kegaduhan yang ditimbulkan, serta mengumumkan bahwa Mingyu akan jeda sementara dari aktivitasnya di dunia hiburan.

4. Kim So Hye eks I.O.I

kim so hye
Kim So Hye/Foto: instagram.com/s_sohye

Dalam sebuah komunitas online, seseorang yang mengaku lulusan dari sekolah yang sama dengan Kim So Hye mengungkapkan mantan personel I.O.I ini pernah melakukan bullying kepada teman sekolahnya.

Kim So Hye dituduh melakukan penindasan fisik dengan menarik rambut, menyuruh korban berlutut kemudian memukulnya. Sebelumnya pada 2017, idol berusia 21 tahun ini juga pernah tersandung isu serupa. Oleh karena itu, agensi yang menaungi Kim So Hye, S&P Entertainment telah meminta penyelidikan polisi dan akan mengambil tindakan tegas kepada penyebar isu palsu tersebut.

5. Kihyun MONSTA X

kihyun monsta x
Kihyun MONSTA X/Foto: instagram.com/yookihhh

Personel MONSTA X, Kihyun juga terlibat isu bullying setelah namanya disebut-sebut melakukan kekerasan fisik terhadap teman sekelasnya di SMP. 

Seseorang yang mengaku teman sekelas sekaligus korban bullying Kihyun ini menyebut sang idol sebagai iljin atau pengganggu bereputasi buruk di sekolah. Korban juga menyertakan bukti berupa foto perawatan PSTD dan luka lama karena menyakiti diri sendiri di masa lalu. Namun agensi MONSTA X, Starship Entertainment dengan tegas membantah tudingan tersebut.


Our Sister Site

mommyasia.id