sign up SIGN UP

Luar Biasa, Ini Daftar Perempuan yang Berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Rabu, 17 Aug 2022 08:00 WIB
Luar Biasa, Ini Daftar Perempuan yang Berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
caption

Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus kembali datang. Hari ini, merupakan momentum besar bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jerih payah pahlawan terdahulu membebaskan Indonesia dari tangan penjajah.

Nyatanya perjuangan proklamasi kemerdekaan tak bisa sukses tanpa bantuan para perempuan. Walau tidak secara langsung terlibat, namun tanpa jasanya Indonesia tidak akan sampai sejauh ini. Siapakah sosok perempuan luar biasa tersebut? Baca lengkapnya di sini!

Perempuan dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia

1. Fatmawati

fatmawati merupakan istri bung karno
fatmawati/foto: pinterest.com/ssdc media

Nama perempuan satu ini pastilah tidak asing lagi. Fatmawati merupakan istri dari Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Sejak dahulu beliau selalu mendukung perjuangan suaminya untuk memerdekakan negeri tercinta, Indonesia. Saat detik-detik kemerdekaan pun, Ibu Fatmawati membantu menjahit bendera putih untuk upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 1945.

2. SK Trimurti

wartawan bersejarah pada masanya
S.K. Trimurti

Nama lengkapnya adalah Surastri Karma Trimurti, seorang perempuan kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 11 Mei 1912. Beliau dikenal sebagai wartawan pre-kemerdekaan Indonesia yang kerap menuliskan opini-opini pedas terhadap ketidakadilan sistem di Hindia Belanda pada saat itu. Keberaniannya beropinilah yang menjadikannya pahlawan di balik layar dari sebelum hingga setelah kemerdekaan RI.

3. Etty Abdurrachman

Etty merupakan salah satu dari sekumpulan mahasiswa yang turut hadir dalam menyaksikan prosesi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sebelum berangkat ke rumah Bung Karno, ia dan mahasiswa lain berdiskusi terlebih dahulu di kediaman Syahrir. Jadi, Etty merupakan salah satu Mahasiswa yang beruntung dalam menyaksikan prosesi bersejarah tersebut.

4. Ny. Satsuki

Perempuan yang satu ini merupakan salah satu di balik layar yang membantu proses pengetikan naskah proklamasi. Ny. Satsuki adalah asisten rumah tangga keluarga laksamana Tadashi Maeda yang pada saat itu diperintahkan untuk meminjamkan mesin tik di kantor militer Jepang agar Sayuti Melik merapikan naskah proklamasi yang telah ditulis sebelumnya.

Wah menginspirasi ya. Namun, selain keempat perempuan dia atas, masih ada pahlawan perempuan lainnya yang patut kita hormati ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id