sign up SIGN UP

Lucu, Nggak Masuk Akal, Hingga Menyeramkan! Mitos-mitos Ini Pasti Pernah Kamu Dengar Saat Masih Kecil

Ningrum | Beautynesia
Rabu, 11 Aug 2021 21:30 WIB
Lucu, Nggak Masuk Akal, Hingga Menyeramkan! Mitos-mitos Ini Pasti Pernah Kamu Dengar Saat Masih Kecil
caption

Saat masih kecil, kerapkali kita mendengar beberapa mitos yang di ucapkan oleh orang tua, keluarga, maupun lingkungan sekitar.

Tujuannya beragam, salah satunya untuk mengontrol perilaku anak dan menghindarkan kita dari hal-hal buruk, namun dengan cara penyampaian yang mudah dimengerti oleh anak seusia kita.

Ketika kita tumbuh dewasa, kita menyadari bahwa mitos-mitos tersebut cenderung tidak masuk di akal. Beberapa mitos di bawah ini contohnya, bisa bikin kamu flashback, nih. Yuk, simak!

Awas! Tertelan Biji Buah, Nanti Bisa Tumbuh

Pepaya buah sejuta manfaatAwas! tertelan biji buah, nanti bisa tumbuh/ Foto: Pexels.com

Tidak sengaja menelan biji buah dapat menyebabkan biji tersebut tumbuh di perutmu hingga tumbuh di atas kepala. Masih ingat mitos satu ini? Pasti dulu sempat bikin panik, deh!

Namun, apakah benar biji buah tersebut dapat tumbuh di tubuh kita?

Faktanya, biji yang tidak sengaja kita telan tersebut akan hancur di dalam lambung karena di dalam lambung terdapat asam klorida (asam lambung). Asam klorida tersebut akan merusak dan menghancurkan biji buah yang tidak sengaja kita telan tersebut.

Mungkin mitos ini ada agar kita berhati-hati ketika sedang makan, agar biji buah tersebut tidak menyebabkan kita tersedak, ya Beauties.

Hal-hal yang Bikin Auto Hamil: Pegangan Tangan, Berenang, Hingga Minum di Sedotan yang Sama

Kenali penyebab dan cara mengatasi halitosis atau bau mulut saat hamil/ Foto: Freepik/ DrobotdeanMitos-mitos yang bikin hamil. / Foto: Freepik/ Drobotdean

Saat masih kecil banyak mitos yang kita dengar berkaitan dengan penyebab kehamilan, salah satunya yaitu pegangan tangan.

Padahal kehamilan terjadi ketika sel sperma dan sel telur (ovum) bertemu. Selain pegangan tangan, mitos minum dari sedotan dan gelas bekas orang lain juga dapat menyebabkan hamil.

Sebenarnya ini tidak ada hubungannya dengan kehamilan, hanya saja mitos ini berkaitan dengan kesehatan mulut, karena mulut merupakan sarangnya bakteri.  

Berenang di kolam renang yang ada lawan jenis juga dikabarkan bisa bikin hamil, benar nggak sih? Mengutip dari detikhealth, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG menyatakan bahwa kehamilan tidak akan terjadi, karena sperma yang terkena air yang mengandung kaporit seperti kolam renang, pasti mati. Sperma tidak dapat hidup di luar tempatnya kecuali di dalam vagina, Beauties.

Meski mitos di atas terbukti tidak dapat menyebabkan kehamilan, namun mitos tersebut rupanya memiliki tujuan baik sebagai bentuk menghindarkan kita dari hal-hal yang tak diinginkan.

Meski begitu, mitos-mitos ini sepertinya sudah tidak relevan lagi ya, Beauties?

Mengintip, Bikin Mata Bintitan

Mata pandaMengintip bikin bintitan? /Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Saat kecil, sering kali mata bintitan di kaitkan dengan kegiatan atau kebiasaan mengintip orang lain. Faktanya, bintitan terjadi bukan karena mengintip, namun karena infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus.

Meski begitu, mengintip orang lain tetap tidak boleh dilakukan ya, Beauties! Mengintip merupakan perilaku tidak terpuji dan melanggar norma.

Melangkahi Orang, Hutang Darah!

Sengaja atau tidak, mitos melangkahi orang akan menyebabkan kita memiliki hutang darah pada orang tersebut. Kok, bisa?

Sebenarnya melangkahi orang berkaitan dengan adab atau norma, sopan santun. Meski tidak ada kaitannya dengan hutang darah, sebaiknya kita tak perlu melakukannya ya, Beauties.

Jangan Duduk di Atas Bantal, Nanti Bisulan!

Ganti sarung bantal secara rutin.Mitos atau fakta: duduk di atas bantal bikin bisulan?/Foto: Pexels.com

Mengutip dari laman kominfo, Dr Arhtur Tucker, seorang ahli kesehatan dari Barts dan London NHS Trust menyatakan bahwa, bantal di rumah adalah tempat yang paling ideal bagi berkembangnya kuman, bakteri, kutu debu, dan kotoran lainnya.

Sejauh ini belum ditemukan adanya penelitian/pembuktian medis yang mendukung anggapan/mitos tersebut. Namun, secara medis, bisulan bisa saja terjadi akibat duduk di atas bantal yang kotor.

Mungkin duduk di atas bantal dilarang karena dianggap tidak sopan, bantal kan di pakai untuk kepala ya, Beauties. 

Nggak Boleh Tunjuk Kuburan

Tidak boleh menunjuk ke sebuah kuburan menggunakan jari telunjuk memang cukup menyeramkan saat kita masih kecil, ya? Mitosnya jika sampai menunjuk ke sebuah kuburan dengan jari telunjuk, maka jari kita konon bisa membusuk hingga putus. Seram!

Meski mitos-mitos tersebut cenderung tidak masuk di akal, namun terbukti ampuh buat kita takut dan nurut, kan? Lagi pula tidak perlu juga ditunjuk-tunjuk segala ya..

Beberapa mitos memang mengandung pesan yang baik untuk kita. Jadi, apapun hal itu ambil baiknya dan buang buruknya ya, Beauties. Sepakat?


Our Sister Site

mommyasia.id