sign up SIGN UP

Malaikat Tanpa Sayap Itu Bernama Hendra, 'Ayah Sejuta Anak' yang Tampung 55 Bayi Terbuang

Tim Redaksi Detikcom | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 13:45 WIB
Malaikat Tanpa Sayap Itu Bernama Hendra, 'Ayah Sejuta Anak' yang Tampung 55 Bayi Terbuang
caption
Jakarta -

Maraknya kasus pembuangan anak yang tak diinginkan oleh orang tua mengetuk pintu hati Suhendra, pria asal Lampung yang merantau ke Jakarta. Hal tersebut membuat Hendra dikenal sebagai 'Ayah Sejuta Anak'.

Setidaknya ada 55 bayi terbuang yang telah Hendra, begitu ia akrab disapa, selamatkan dari jurang kematian. Aksi heroik dan humanis ini bermula ketika Hendra menyaksikan sendiri kasus anak-anak yang dibuang dan meninggal dunia.

Batin yang terusik membuat malaikat tanpa sayap ini bertekad untuk mencegah masalah serupa mengalami penurunan angka.

Gangguan tiroid pada anak.Ilustrasi anak terlantar. / Foto: iStockphoto

"Waktu itu saya menyaksikan sendiri ya, anak dibuang, meninggal dunia. Nah dari situ, kenapa sampai dia dibuang? Kenapa sampai meninggal dunia? Dan yang rata-rata ibu hamil lakukan ketika dia punya anak, dia buang, dia sangkanya masalahnya selesai, ternyata tidak," kata Hendra saat ditemui tim detikcom untuk program Sosok (26/6).

Menampung Anak-anak Terbuang di Rumah Pribadi

Hendra tak pikir panjang untuk melakukan kebaikan. Ia memilih menyulap rumah pribadinya menjadi shelter atau penampungan, tak hanya untuk anak, tapi juga bagi ibu hamil yang berpotensi membuang anaknya.

Awas toxic parenting. Stop kebiasaan berteriak kepada anak/Foto: pexels.com/Gustavo FringIlustrasi anak-anak terlantar. (Foto: pexels.com/Gustavo Fring)

Hendra sadar betul bahwa keputusasaan dan tekanan menjadi faktor utama penyebab para ibu tega membuang anaknya. Jadi, ia tidak hanya menjaga raga, tetapi juga jiwa para ibu muda yang merasa terbebani dengan kondisi.

Untuk mengetuk pintu kebaikan lain sehingga bisa menolong kasus serupa di luar sana, beberapa tahun belakangan Hendra mulai membagikan apa yang ia lakukan di media sosial. 

Ilustrasi Anak Menangis/Pexels/Lucas PezetaIlustrasi Anak Menangis. (Foto: Pexels/Lucas Pezeta)

"Kalau untuk para ibu yang tinggal disini, itu mereka yang memang benar-benar sudah tidak bisa kerja, karena tadi udah hamil tua. Ada yang takut ketahuan keluarga, mengharuskan mereka tidak ada tempat untuk bernaung lagi. Maka saya menampung mereka untuk tinggal sementara di tempat saya sampai mereka melahirkan," tutur Hendra.

Simak kisah selengkapnya di SINI, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id