
Malas Saat WFH? Ayo Cegah Rasa Malas Saat Kerja dari Rumah dengan 5 Cara Ini!

Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah banyak dilakukan oleh masyarakat selama pandemi covid-19. WFH merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 melalui pembatasan kegiatan di luar rumah. WFH menyasar pada setiap sektor, baik yang bekerja di seluruh sektor industri dan pendidikan.
Tidak sedikit masyarakat yang mulai merasakan kejenuhan akibat kerja dari rumah. Sebab, kegiatan tidak dapat berlangsung secara maksimal, suasana kerja yang kurang memadai, kurangnya motivasi kerja dari rumah, dan masih banyak kendala yang dirasakan. Melihat kondisi tersebut, kita harus mampu beradaptasi dengan situasi ini dan tetap mengupayakan semangat dalam bekerja. Oleh karena itu, 5 cara dibawah ini bisa menjadi solusi kamu untuk mencegah rasa malas saat WFH.
Menyusun Agenda Kegiatan
![]() Persiapan awal kerja dari rumah/ sumber: freepik.com/ frimufilms |
Sebelum mulai berkegiatan, kamu bisa memulainya dengan menyusun agenda kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari tersebut. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya agar kamu tidak malas untuk berkegiatan atau melakukan WFH. Ada banyak hal yang bisa kamu tulis pada draft kegiatan kamu. Buatlah list agenda dimulai saat pagi hingga malam hari. Selain menjadi lebih produktif, kamu juga bisa menerapkan pola hidup yang teratur. Dengan demikian, meski sedang WFH tidak ada alasan untuk hanya berdiam diri.
Mencatat Target yang Harus Dicapai
![]() Capaian target kerja dari rumah/ sumber: freepik.com/ tirachardz |
Dalam hidup tentunya memiliki target atau tujuan yang hendak dicapai. Untuk mencapai target tersebut, diperlukan sebuah usaha yang besar. Mencatat target yang harus dicapai bisa kamu lakukan sebagai ‘penyemangat’ ketika kamu mulai merasa malas untuk berkegiatan, misalnya saat WFH. Rasa malas yang hadir saat Work From Home bisa menjadi penghambat dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan. Untuk itu, kamu dapat melakukan cara ini agar kembali bersemangat untuk bekerja.
Membangun Pikiran Positif
![]() Melawan rasa malas kerja dari rumah/ sumber: freepik.com/ tirachardz |
Pikiran menentukan seseorang untuk bertindak. Ada 2 (dua) sifat pemikiran yang dimiliki manusia, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran positif menentukan seseorang untuk melakukan tindakan yang baik, begitu pula sebaliknya. Pikiran negatif menjadi penghambat seseorang untuk melakukan tindakan yang baik. Seperti halnya melakukan Work From Home, membangun pikiran positif sangat diperlukan untuk memperlancar kegiatan yang sedang dilakukan serta menumbuhkan rasa semangat. Hindari pikiran-pikiran yang bersifat negatif karena dapat menghambat, misalnya rasa malas.
Menciptakan Suasana yang Nyaman
![]() Suasana nyaman kerja dari rumah/ sumber: freepik.com |
Menciptakan suasana yang nyaman bisa menjadi cara untuk membangkitkan semangat bekerja di rumah, lho. Suasana kerja yang nyaman dapat membuat suasana hati lebih senang dan menghindari pikiran yang stress. Buatlah suasana kerja senyaman mungkin versi kamu. Cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, mulai dari pemilihan ruangan untuk bekerja, menghias ruangan untuk bekerja, menambahkan pewangi ruangan untuk menambah kesan rileks, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa betah untuk bekerja dari rumah dan lebih bersemangat.
Berikan ‘Penghargaan’ untuk Diri Sendiri
![]() Bersantai setelah kerja dari rumah/ sumber: freepik.com/ |
Padatnya pekerjaan saat melakukan WFH membuat tubuh menjadi lelah bekerja. Disela-sela padatnya pekerjaan, tubuh mu juga memerlukan istirahat. Istirahat bisa menjadi salah satu contoh self reward yang bisa kamu lakukan setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Memberikan ‘penghargaan’ untuk diri sendiri penting dilakukan sebagai bentuk menghargai diri sendiri atas pencapaian yang berhasil dilakukan. Ada banyak bentuk ‘penghargaan’ yang bisa kamu berikan untuk diri mu sendiri, misalnya tidur, memakan makanan yang disukai, menonton film, perawatan tubuh, dan sebagainya.