sign up SIGN UP

Mau Dapat Penghasilan Tambahan dari Side Hustle? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

Nadya Quamila | Minggu, 07 Nov 2021 15:45 WIB
Mau Dapat Penghasilan Tambahan dari Side Hustle? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah saat ini kamu sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan? Mungkin kamu bisa mencoba side hustle.

Side hustle adalah pekerjaan sampingan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan utama yang dapat menghasilkan uang. Biasanya, side hustle berhubungan dengan hal-hal yang kita sukai dan yang sejalan dengan passion.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memulai side hustle, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan nih, Beauties. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Cari Tahu Apa yang Disukai

Foto : Manfaat dari Hobi MelukisTips sebelum memulai side hustle/Foto: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, side hustle adalah pekerjaan sampingan yang berhubungan dengan hal yang kita sukai. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah pikirkan sesuatu yang kita sukai dan kuasai.

Apakah kamu menyukai ketertarikan di bidang pendidikan? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi tutor di topik yang kamu kuasai. Atau jika kamu menyukai melukis, mungkin sudah saatnya menjual karya-karya kamu.

Yang harus diperhatikan, pastikan side hustle ini adalah sesuatu yang benar-benar kamu sukai sehingga kamu tidak akan merasa terbebani saat menjalaninya. Lakukanlah sesuatu yang benar-benar kamu nikmati prosesnya, Beauties!

Manfaatkan Keahlian yang Dimiliki

Menulis caption dengan susunan bahasa yang rapi dan baik | Foto : Freepik/drobotdeanTips sebelum memulai side hustle/Foto: Freepik/drobotdean



Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari side hustle namun masih bingung dengan hal apa yang disukai, coba pikirkan keahlian yang dimiliki. Apakah ada sesuatu yang kamu kuasai, namun tidak bisa menyalurkan skill tersebut di tempat kerja?

Mungkin inilah saatnya kamu memulai side hustle. Seperti contoh, mungkin kamu memiliki bakat di bidang tulis menulis, maka cobalah dengan melakukan freelance menulis. Pikirkan tentang skill yang kamu kuasai dan manfaatkan dengan baik.


Bijak dalam Mengelola Waktu

Tips Berbisnis Pasca Resign atur manajemen waktu sebaik mungkin/freepik.comTips sebelum memulai side hustle/Foto: Freepik



Ketika kamu memutuskan untuk melakukan pekerjaan sampingan, pastikan kamu sudah berkomitmen ke diri sendiri untuk dapat mengelola waktu dengan baik. Pasalnya, kini tidak hanya harus bekerja di pekerjaan utama, kamu pun harus menjalankan side hustle alias pekerjaan sampingan.

Pikirkan tentang berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan sampingan dan kapan kamu bisa melakukannya. Apakah di malam hari usai bekerja? Atau di akhir pekan saja?

Agar lebih teratur, buatlah jadwal yang memungkinkan kamu untuk menyeimbangkan dua pekerjaan. Namun, jangan lupa untuk tetap membuat waktu istirahat ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id