sign up SIGN UP

Membantu Menjaga Kesehatan Otak, Ini Manfaat Lainnya dari Rajin Mendengarkan Musik

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 16 Oct 2021 22:00 WIB
Membantu Menjaga Kesehatan Otak, Ini Manfaat Lainnya dari Rajin Mendengarkan Musik
caption

Beauties pasti pernah dengan istilah ‘hidup hampa tanpa musik’ kan?  Ternyata ini benar adanya lho. Kalau lagi diam saja, pasti tanpa sadar suka menyanyikan sebait lirik lagu kesukaan. Musik memang mempunyai efek luar biasa dalam kehidupan. Bahkan bisa merubah cara berpikir, bertindak, dan perasaan setiap orang. Ada beberapa alasan seseorang harus lebih sering mendengarkan musik atau jadi bagian dalam kehidupan.

Membuat Lebih Bahagia

Musik akan membuat lebih bahagia.
Jadi lebih bahagia/pexels.com/andreapiacquadio

Siapa yang di sini kalau sedang sedih atau nggak mood, langsung otomatis ambil headset kemudian mendengarkan musik? Salah satu alasan terbesar seseorang mendengarkan musik adalah mencari kebahagiaan. Entah itu kebahagiaan kecil atau besar. Musik memiliki kemampuan untuk membuat pendengarnya merasa bebas dari semua kekhawatiran dalam hidup. Jadi, pilih musik dengan bijak ya!

Relaksasi

Musik bisa untuk relaksasi.
Relaksasi/pexels.com/artembeliaikin

Nggak hanya itu saja, musik juga dapat digunakan untuk relaksasi yang hebat. Apalagi kalau sedang mandi, menyalakan lilin, kemudian mendengarkan alat musik klasik. Hal ini efektif banget untuk menenangkan jiwa. Cara lainnya bisa didapatkan dari melakukan yoga, tapi bisa pilih alunan musik yang lebih slow temponya.

Kesehatan Otak

Musik bermanfaat untuk kesehatan otak.
Kesehatan otak/pexels.com/vladakarpovich

Siapa yang nggak pengen punya otak yang sehat seumur hidup? Semua orang pasti mau, nah ini bisa didapatkan dengan mendengar musik lho. Ternyata musik membantu untuk melepaskan stres berlebih yang ada di dalam tubuh. Semakin banyak stres yang lepaskan dalam hidup, maka semakin baik fungsi otak. Kalau terlalu stres, bisa membuat seseorang jadi lebih cepat menua sehingga menurunkan fungsi otak di masa depan.

Jujur dengan Perasaan Sendiri

Musik bisa membuat seseorang jujur dengan perasaan.
Jujur dengan perasaan sendiri/pexels.com/austinguevara

Meskipun musik bisa memiliki kemampuan untuk membuat bahagia dalam hitungan menit. Tapi musik juga bisa membuat seseorang merasa sedih. Di sini musik sedih akan mendorong perasaan yang sebenarnya dirasakan oleh pendengarnya. Walaupun sedang nggak ingin menangis atau sedih. Sebaiknya jangan ditahan, karena setiap orang pasti punya titik di mana sedang bersedih.

Menemukan Kepercayaan Diri

Musik bisa menemukan kepercayaan diri.
Kepercayaan diri/pexels.com/bluebird

Hidup ini dipenuhi dengan pasang surut. Terkadang merasa luar biasa tapi kadang kala merasa nggak berguna. Tapi dengan musik dapat mengubah cara seseorang untuk percaya diri. Temukan jenis musik yang tepat seperti lagu-lagu Beyonce. Percaya diri bisa membuat pendengarnya nggak minder. Itulah betapa kuatnya efek musik dalam hidup.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id