sign up SIGN UP

Menerapkan Hidup dengan Metode JOMO untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Sheila Fathin | Beautynesia
Selasa, 16 Mar 2021 18:30 WIB
Menerapkan Hidup dengan Metode JOMO untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik
caption
Jakarta -

Pernah mendengar istilah FOMO bukan sebelumnya? Benar. FOMO adalah Fear of Missing Out yaitu keadaan di mana kita merasa takut ketinggalan sesuatu. Misalkan kita merasa takut ketinggalan dengan trend yang saat ini sedang hype, atau takut ketinggalan berita-berita yang hari ini sedang viral hanya karena takut dianggap tidak update dan banyak hal lainnya. Perlu diketahui bahwa FOMO dapat menyebabkan dan mempengaruhi kesehatan mental kita yang mana kita akan cenderung lebih tertekan dan stress. Kita merasa seolah-olah kita sedang diburu-buru sesuatu. 

FOMO sendiri memiliki antitesa yaitu JOMO atau Joy of Missing Out yang mana artinya adalah keadaan di mana kita bisa menikmati hidup dengan lebih santai, nyaman, tenang, menerima dan mensyukuri keadaan dan terutama kita tidak terobsesi untuk mengikuti tren yang ada di media sosial. 

Banyak manfaat dari JOMO yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan kita, agar kesehatan jiwa kita juga terjaga. Apa saja manfaat hidup dengan JOMO? Simak baik-baik, ya.

Mudah Berkata “Tidak”

Say No
Illustrasi Say No/freepik.com

FOMO membuat kamu merasa bahwa kamu akan kehilangan sesuatu yang istimewa bila kamu tidak menerima ajakan dari teman-temanmu, yang mana sebenarnya kamu ingin berkata tidak, tapi karena kamu merasa takut kehilangan sesuatu yang penting itu. Kamu pun tidak bisa menolaknya. 

Dengan JOMO kamu bisa mulai menikmati hidupmu dengan lebih tenang dan nyaman. Kamu tidak lagi merasa takut kehilangan informasi penting atau tren-tren yang sedang hype saat ini. Dengan JOMO kamu akan bisa lebih memperhatikan hidupmu dan keinginanmu, bukan lagi keinginan sosial. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk berkata “tidak”.

Banyak Waktu Untuk Self-Care

Self Care
Self Care/unsplash.com

Tanpa kita sadari, FOMO membuat hidup kita seolah-olah dikejar oleh sesuatu hal. Hal itu menyebabkan diri kita menjadi burnout dan tertekan. Namun, dengan JOMO kamu bisa lebih merawat dirimu dan memprioritaskan dirimu kembali. Sehingga, kamu bisa beristirahat dari hal-hal yang membuat kesehatan mental hingga fisikmu berantakan.Kamu tanpa sadar akan merasa bahwa dirimu kembali nyaman tanpa harus merasa diburu-buru oleh hal yang belum tentu juga penting di kehidupan kamu.

Membuat Kita Bisa Lebih Berhemat

Save Money
Save Money/unsplash.com

Tanpa sadar menjadi FOMO membuat kita lebih konsumtif. Namun dengan JOMO, kamu tidak akan merasa memiliki keharusan untuk membeli barang-barang yang sedang jadi trend di sosial media hanya karena itu sedang trend. Kamu bisa lebih menyimpan uangmu untuk hal-hal yang lebih dibutuhkan untuk jangka panjang.

Lebih Fokus Pada Tujuan 

Planning Goals
Planning Goals/unsplash.com

JOMO adalah tentang membuat kita lebih mencintai diri kita sendiri. Kita menjadi bisa lebih fokus pada apa yang sebenarnya ingin kita lakukan, pada tujuan awal kita tanpa perlu melihat keadaan orang lain. Dengan JOMO kamu bisa merancang semua rencana-rencanamu untuk mencapai tujuanmu dan fokus pada mimpimu. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id