sign up SIGN UP

Mengapa Cuti Haid Penting Bagi Pekerja Perempuan? Ini Alasannya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 17:00 WIB
Mengapa Cuti Haid Penting Bagi Pekerja Perempuan? Ini Alasannya!
Alasan Cuti Haid Penting Bagi Pekerja Perempuan/Foto: Pexels.com/karolina-grabowska

Salah satu tantangan yang dirasakan oleh para pekerja perempuan adalah saat mengalami haid atau menstruasi setiap bulannya. Yup, bagi sebagian perempuan, kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan tak nyaman, seperti emosi yang naik turun, nyeri dan kram perut, hingga sakit kepala.

Tentu hal ini dapat membuat pekerjaan menjadi tidak optimal. Oleh karena itu para pekerja perempuan mendapat suatu keistimewaan yang telah menjadi sebuah hak, yakni cuti haid.

Seperti halnya di Indonesia, cuti perempuan telah diatur oleh pemerintah dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan yang tertuang pada pasal 81. Pasal tersebut menjelaskan bahwa setiap pekerja atau buruh perempuan yang merasakan sakit saat haid serta memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu siklus tersebut. Tak hanya di Indonesia, bahkan aturan semacam ini pun juga ada di beberapa negara lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan, hingga Zambia.

Gejala menstruasi yang berlebihan menjadi tanda adanya gangguan tertentu/foto: freepik.comIlustrasi perempuan yang mengalami sakit saat menstruasi/Foto: Freepik.com

Sayangnya di Indonesia sendiri, hal ini masih menjadi polemik dan hal awam bagi sebagian orang. Sebab, masih terdapat beberapa perusahaan yang tidak benar-benar menjalankan aturan tersebut seperti mempersulit izin cuti, potongan gaji, hingga gaji yang tak dibayarkan selama masa cuti saat haid.

Selain itu, sebagian pekerja perempuan pun dinilai masih banyak yang belum mengetahui haknya tersebut. Lantas, mengapa cuti haid penting bagi pekerja perempuan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Hak Reproduksi Perempuan

Cuti haid merupakan bentuk pemenuhan hak reproduksi perempuan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/

Melansir dari CNN Indonesia, cuti haid merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak reproduksi perempuan. Hal ini pada akhirnya berkaitan dan berpengaruh pada kesehatan ibu dan anak. Dilansir dari Washington Post, Sioban Harlow, seorang Profesor epidemiologi Kesehatan Masyarakat Global di Universitas Michigan, mengatakan sekitar 15 sampai 25 persen perempuan yang mengalami haid akan mengalami kram sedang hingga berat.

Bahkan, beberapa perempuan memiliki kondisi endometriosis atau fibroid rahim yang memperburuk rasa sakit, sementara yang lain menderita pendarahan menstruasi yang sangat banyak. Pemberian cuti juga secara tidak langsung telah memberikan rasa tenang pada pekerja perempuan selama melewati rasa sakit akibat menstruasi.

Mendukung Produktivitas Kerja

Cuti haid merupakan dukungan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Pada tiga hari pertama menstruasi, biasanya hal ini akan menimbulkan rasa sakit, seperti nyeri dan kram. Ditinjau dari aspek psikologi, dilansir dari Outlook India, perempuan cenderung mengalami banyak depresi, perubahan suasana hati dan beberapa juga mengalami hot flushes. Sehingga pada kondisi demikian, akan berpengaruh pada produktivitas para pekerja perempuan dalam bekerja.

Hal ini sejalan dengan temuan penelitian yang dimuat oleh British Medical Journal. Melansir dari Time, sebuah survei yang dilakukan di Belanda pada tahun 2017 menemukan hanya 14 persen dari 32.748 perempuan yang mengambil cuti haid saat sekolah atau bekerja. Perempuan yang tak mengambil cuti tersebut ditemukan rata-rata 8,9 hari kehilangan produktivitas per perempuan setiap tahunnya.

Daya Tarik Perusahaan

Melansir dari Forbes, pemberian cuti pada pekerja perempuan juga dapat menguntungkan bagi perusahaan. Sebab di era para pekerja milenial saat ini, banyak yang mencari value perusahaan sesuai dengan value yang dimilikinya. Kebijakan demikian dapat membuat pekerja perempuan merasa didukung dan dipahami. Sehingga hal ini dapat memunculkan serta meningkatkan nilai loyalitas dan retensi para pekerja perempuan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id