sign up SIGN UP

Mengenal Gaya Hidup Baru para Milenial, Ada Minimalism dan Zero Waste yang Miliki Manfaat Besar!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 23:00 WIB
Mengenal Gaya Hidup Baru para Milenial, Ada Minimalism dan Zero Waste yang Miliki Manfaat Besar!
caption

Bumi sudah semakin tua. Tapi di satu sisi, penduduk bumi juga makin banyak yang melonjak. Maka nggak heran kalau akhir-akhir ini, banyak sekali bencana yang silih bergantian datang.

Terutama bencana seperti kerusakan ekosistem akibat ulah manusia. Misalnya saja banjir, pencemaran air sungai, hingga matahari yang terlalu terik akibat ozon berlubang.

Berangkat dari isu tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dunia merumuskan skema yang disebut Sustainability Goal Developments (SGDs). Singkatnya, program ini bertujuan untuk membantu menjaga sekaligus melestarikan bumi hijau.

Nggak heran, jika gaya hidup minimalis dan zero waste mulai digemari di kalangan anak muda. Penasaran apa itu? Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

Gaya Hidup Minimalis

salah satu ciri minimalis adalah minimnya barang yang ada
gaya hidup minimalis/pinterest.com/kenh14.vn

Dikutip dari jurnal Toward a theory of minimalism and wellbeing karya Kasey dan William, gaya hidup minimalis diartikan sebagai gaya hidup yang lebih menekankan pada konsumsi rendah dan sengaja hidup dengan mengurangi penggunaan benda yang tidak dibutuhkan.

Banyak yang mengklaim bahwa hidup minimalis memiliki segudang manfaat untuk kesejahteraan dalam hidup, termasuk kebahagiaan, kepuasan dan makna hidup, hingga hubungan pribadi yang jauh lebih baik.

Singkatnya, konsep hidup minimalis adalah untuk lebih memprioritaskan sesuatu dan menilai barang atau benda dari segi mana sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dengan cara bijak dalam memilih dan menggunakan barang atau benda.

Gaya Hidup Zero Waste

gaya hidup zero waste bisa menjadi pilihan yang bijak
zero waste/pinterest.com/Jessica's Dinner Party

Berdasarkan artikel jurnal Atasi Sampah dengan Zero Waste karya Novi Dwi Astuti, gerakan zero waste merujuk pada upaya untuk mengurangi sampah. Mulai dari memilah hingga memproduksi. Gerakan ini tidak hanya memiliki konsep 3R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle, tapi juga 4R dan 5R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant.

Dengan begitu, secara tidak langsung gaya hidup ini membantu menjaga bumi dari limbah sampah yang berlebihan, tidak terurai serta polusi udara akibat bau sampah yang menyenggat maupun pembakaran sampah yang asal-asalan.

Manfaat Hidup Minimalis dan Zero Waste

zero waste bahkan menerapkan prinsip 5R
manfaat zero waste/pinterest.com/

Globalisasi yang terjadi menjadikan gaya hidup minimalis dan zero waste sebagai pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan banyaknya permasalahan yang muncul akibat ulah manusia itu sendiri. sehingga pengurangan dan pengelolaan barang ataupun benda yang tepat bisa menjadi solusi terbaik. Walau manfaatnya tidak terlihat langsung, tapi secara perlahan akan terasa.

Nah manfaat yang paling terasa banget adalah seseorang jadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja. Jadi lebih memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan.

Seseorang juga lebih sadar akan konsep pemilahan dan daur ulang sampah. Tidak lagi asal buang sampah yang beda jenis di dalam satu tempat. Selain itu, seseorang yang menerapkan gaya hidup tersebut cenderung lebih hemat dan sehat. Karena lebih memilih mengonsumsi makanan hijau dibandingkan kemasan, yang mana lebih fresh dan hemat jika berbelanja di pasar.

Bagaimana Beauties, sudah tergerak untuk merubah gaya hidup yang lebih seimbang dan sehat? Ayo mulai langkah besarmu dari sekarang. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id