STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Sosok Inspiratif Fatima Al Fihri, Perempuan Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Selasa, 12 Apr 2022 04:30 WIB
Mengenal Sosok Inspiratif Fatima Al Fihri, Perempuan Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Beauties, tahukah kamu bahwa universitas tertua di dunia berada di Maroko dan telah berdiri lebih dari 1.000 tahun yang lalu? Berada di kota Fez, Maroko, Universitas Al Qarawiyyin menyandang titel universitas tertua di dunia.

Universitas yang berada di kota yang dulu dianggap sebagai kota metropolis ini didirikan oleh Fatima binti Muhammad Al Fihriya Al Qurashiya atau yang lebih dikenal Fatima Al Fihri. Bagaimana latar belakangnya dan mengapa ia mendirikan universitas pada saat itu? Yuk, kenalan lebih jauh dengan sosok Fatima Al Fihri, pendiri universitas tertua di dunia

Latar Belakang Fatima Al Fihri

Mengenal Fatima Al Fihri, Pendiri Universitas Tertua di Dunia
Fatima Al Fihri/Foto: natgeo.com/National Geographic

Dikutip dari Manchester University Press, sosok Fatima lahir pada tahun 800 M dan merupakan putri dari dari Mohammed Bnou Abdullah Al Fihri, seorang pedagang kaya raya pada masa pemerintahan Idris II.

Fatima bukan berasal dari Maroko, melainkan Tunisia. Lalu, pada abad ke-9, keluarganya bermigrasi ke Maroko bersama orang Arab lainnya. Sejak kecil, Fatima dibesarkan dalam keluarga yang taat agama dan menghargai pendidikan tanpa memandang gender. 

Setelah kematian ayahnya, ia menginvestasikan harta kekayaan yang diwariskan kepadanya untuk membangun masjid serta lembaga pendidikan. Proyek pembangunan dari masjid dan lembaga pendidikan yang ditujukan untuk komunitasnya dimulai pada bulan Ramadan tahun 859 M.

Secara bertahap pula, pendirian masjid berkembang menjadi universitas yang dikenal dengan Al Qarawiyyin yang merupakan tempat kelahiran Fatima yaitu Qayrawan di Tunisia. 

Sosok Fatima Al-Fihri sangat dihormati hingga kini terutama di wilayah Fez. Sebuah penghargaan dibuat di Tunisia pada 2017 untuk menghormati jasanya. Penghargaan ini bertujuan meningkatkan akses pelatihan dan tanggung jawab profesional perempuan, serta memberi beasiswa bagi pelajar di Eropa dan Afrika Utara, sebagaimana dilansir dari detikEdu.

Fakta Universitas Al Qarawiyyin

Mengenal Fatima Al Fihri, Pendiri Universitas Tertua di Dunia
Perpustakaan Tertua di Dunia/Foto: havehalalwilltravel/ Have Halal Will Travel

Universitas Al Qarawiyyin menjadi Universitas paling kuno di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Selain itu, Universitas yang berada di Kota Fez ini juga memiliki perpustakaan tertua di dunia yang berisikan lebih dari 4.000 manuskrip, termasuk karya sejarawan terkenal seperti Ibn Khaldun dan Muqaddimah pada abad ke-14.

Pada awal pendiriannya, pengajaran berfokus pada agama dan Al Quran. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengajaran diperluas dan mencakup musik, tasawuf, tata bahasa Arab, astronomi hingga kedokteran.

Dikutip dari Muslima Obsession, banyak sarjana terkemuka yang mengenyam pendidikan di Universitas Qarawiyyin, salah satunya Paus Sylvester II, yaitu orang yang mengenalkan angka Arab yang sampai saat ini digunakan.

Bukan hanya itu, UNESCO dan Guinness World Record secara resmi mengakui bahwa universitas tertua ini menjadi universitas yang memberikan gelar pertama di dunia.

Tonggak Kebangkitan Perempuan dan Inspirasi untuk Membangun Universitas

Mengenal Fatima Al Fihri, Pendiri Universitas Tertua di Dunia
Universitas Al Qarawiyyin/Foto: wikipedia.com/Wikipedia

Menjadi tonggak sejarah, universitas yang didirikan oleh sosok perempuan ini juga melahirkan perempuan hebat lainnya yang tak kenal menyerah untuk meraih pendidikan. Contohnya seperti Lubna, yaitu ahli matematika dan penyair yang dulunya menjadi seorang budak.

Ada juga Maryam Al Asturlabi, seorang astronom terkenal, hingga pada abad ke-14, ada Zaynab Bint Ahmad yang menjadi guru dari seorang musafir yang sangat terkenal, Ibn Battuta.

Pendirian Universitas Al Qarawiyyin menjadi inspirasi bagi negara lain seperti pendirian Universitas Al-Azhar di Mesir 100 tahun setelahnya, Universitas Bologna di Italia yang dibangun sekitar tahun 1.088 M, dan Universitas Oxford di Inggris pada tahun 1.096 M. Kemudian, 7 abad setelahnya Universitas Cambridge dibangun pada tahun 1.722 M.

Kepedulian dan gagasan Fatima dalam bidang pendidikan dan kebangkitan perempuan banyak menginspirasi dan berhasil mengubah dunia. Ia juga dikenal sebagai pembelajar, bahkan di tahun-tahun terakhirnya, Fatima Al Fihri masih bersemangat menuntut ilmu dengan menghadiri kuliah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE