sign up SIGN UP

Menjaga Kesehatan Mental dengan Rutin Journaling, Yuk Kenali 5 Manfaatnya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Senin, 15 Nov 2021 14:00 WIB
Menjaga Kesehatan Mental dengan Rutin Journaling, Yuk Kenali 5 Manfaatnya!
caption

Beberapa tahun belakangan ini, tak sedikit yang sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan mental adalah dengan melakukan journaling.

Journaling adalah suatu aktivitas menulis atau menumpahkan pikiran perasaan (emosi) dan kegiatan sehari-hari melalui buku harian. Kegiatan journaling dapat menjadi sebuah cara penyaluran emosi secara positif. Dengan journaling kita bisa mengekspresikan segala hal tanpa takut adanya penghakiman atau sinisme dari orang lain yang seringkali bikin kita suka overthinking.

Lantas, manfaat apa saja, sih, yang bisa kita dapatkan dari journaling? Yuk, simak pembahasannya!

Membantu Menguraikan Emosi dan Pikiran Negatif

Stress dapat merusak kesehatan mental
Manfaat dari journaling/ Foto: Pexels.com/Andrea Picaquadio

Salah satu manfaat utama dari journaling adalah menguraikan emosi dan pikiran yang sedang kacau. Dengan menulis jurnal kita bisa mengurai emosi dan pikiran negatif yang mengganggu kegiatan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menuliskan apa yang sedang dirasakan, penyebab rasa emosi negatif yang hadir dalam diri, dan solusi untuk menyudahi perasaan itu menurut kita sendiri. Ini sangat membantu untuk kita di saat belum bisa berjumpa teman curhat atau sedang enggan bercerita ke orang lain.

Mengurangi Stres dan Memberi Kesempatan Diri Berdialog Lebih Dalam

Luangkan waktu untuk berdialog dengan diri sendiri untuk mengurangis stress
Manfaat dari journaling/Foto: Pexels,com/Yan Krukov

Setiap individu pasti pernah merasakan stres, baik itu disebabkan diri sendiri ataupun orang lain. Dengan menuangkan perasaan dan pikiran negatif yang mengganggu hari-hari melalui jurnal, ini dapat mengurangi stres karena kita dapat menuliskan pemicu dari stres yang dirasakan. Selain itu, dengan jurnal kita bisa bercerita dengan diri sendiri sepuasnya, layaknya sedang berbicara dengan orang lain. Poin lebihnya lagi adalah kita bisa semakin mengenal diri sendiri.

Mencegah Perilaku Self Harm

Perilaku self harm
Manfaat dari journaling/Foto: Freepik.com/8photo

Ketika journaling sudah menjadi sebuah kebiasaan sebagai cara melepaskan emosi, tentu hal ini dapat mencegah perilaku menyakiti diri yang umumnya dilakukan saat merasakaan emosi yang berlebih, seperti memukul diri, menjambak, bahkan yang terburuk dengan menggunakan benda tajam.

Lebih lanjut, ketika journaling sudah menjadi sebuah kebiasaan saat merasakan diri sedang tidak baik-baik saja, otomatis pikiran akan mengingatkan dan mengarahkan kita untuk menuangkan perasaan negatif tersebut lewat menulis.

Menjadi Reminder untuk  Si Pelupa

Journaling dapat membantu mengingat to do list
Manfaat dari journaling/Foto: Pexels.com/Liza Summer

Beauties, apakah kamu termasuk tipe orang yang pelupa? Journaling mungkin bisa jadi solusinya.

Journaling bisa membantu kita untuk mengingat hal penting yang akan dilakukan baik hari ini, besok, atau hari-hari berikutnya. Dengan journaling kamu juga bisa membuat to do list, baik dari hal-hal yang harus dilakukan, daftar belanja, dan masih banyak lagi.

Melatih Kepekaan Terhadap Diri Sendiri dan Sekitar

Melatih kepekaan diri dengan mengenal diri lewat menulis
Manfaat dari journaling/Foto: Freepik.com/jcomp

Dengan rajin menulis membuat kita memiliki sudut pandang yang luas, apalagi terhadap persoalan perasaan. Journaling mampu membantu kita untuk mengenal dan merasakan lebih dalam bagaimana perasaan marah, senang, sedih, takut, dan gelisah. Tentunya hal ini baik untuk mengenal bentuk emosi sendiri juga orang lain, sehingga kita tau harus bersikap seperti apa terhadap orang lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id