Cara kita berkomunikasi memainkan peran penting dalam memengaruhi orang lain dan mencapai hasil yang diinginkan. Menurut Jonah Berger, seorang profesor pemasaran di Wharton School dan penulis buku laris Magic Words: What to Say to Get Your Way, kata-kata yang kita pilih dapat memiliki dampak signifikan pada seberapa efektif pesan kita diterima.
Dalam bukunya, Berger mengungkapkan teknik berkomunikasi persuasif, tetapi sederhana yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengikuti permintaanmu hingga 30 persen. Dilansir dari Upworthy, ini konsep kunci dari teori Berger, yaitu bagaimana strategi komunikasi efektif memengaruhi orang hanya dengan satu kata saja!
Pengaruh Kata-Kata
Sebuah studi di Stanford University melibatkan anak-anak prasekolah untuk menguji pengaruh cara menyampaikan permintaan terhadap respons mereka. Para peneliti mengacaukan sebuah ruangan kelas dan memberikan dua jenis permintaan berbeda kepada kelompok anak berusia 5 tahun untuk membantu membersihkannya.
Kelompok pertama dimintai bantuan dengan kalimat, “Can you help clean?” (Bisakah kamu membantu membersihkan?), sedangkan kelompok kedua diminta, “Can you be a helper and clean up?” (Bisakah kamu menjadi seorang penolong dan membantu membersihkan?).
Hasilnya, anak-anak yang diminta untuk menjadi “helper” 30 persen lebih cenderung membantu dibandingkan mereka yang hanya diminta untuk “membantu”. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak tidak termotivasi oleh tindakan membersihkan itu sendiri, tetapi oleh identitas positif sebagai “penolong” yang membuat mereka lebih bersedia untuk bertindak.