Menurut Studi Harvard, 1 Kata Ini Bisa Bikin Orang Lain Lebih Nurut Sama Kamu
Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata yang digunakan bisa menentukan kamu dalam memengaruhi tindakan seseorang.
Menurut sebuah studi dari Universitas Harvard, satu kata ini bisa bikin orang lain lebih nurut sama kamu.
Kira-kira, apa kata tersebut?
Kata Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Mudah Pengaruhi Orang Lain
Menurut Studi Harvard, 1 Kata Ini Bisa Bikin Orang Lain Lebih Nurut Sama Kamu/Foto: Freepik
Menurut studi Harvard, kata "karena" bisa membantu kamu mengubah pemikiran seseorang.
Jonah Berger, profesor pemasaran di Wharton School, Universitas Pennsylvania, menyusun daftar “kata-kata ajaib” yang dapat mengubah cara seseorang berkomunikasi. Menggunakan kata “karena” ketika mencoba meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu membuahkan hasil yang menarik, menurut Berger.
"Lebih banyak orang akan mendengarkan Anda, dan melakukan apa yang Anda inginkan dengan menggunakan kata tersebut," ungkap Berger kepada CNBC Make It.
Berger merujuk pada penelitian berusia hampir 50 tahun dari Universitas Harvard, di mana para peneliti duduk di perpustakaan universitas dan menunggu seseorang untuk menggunakan mesin fotokopi. Kemudian, mereka berjalan dan meminta untuk memotong kertas di depan peserta yang tidak mengetahui mereka.
Mereka mengutarakan permintaan mereka dalam tiga cara berbeda:
- “Bolehkah saya menggunakan mesin Xerox?”
- “Bolehkah saya menggunakan mesin Xerox karena harus membuat salinan?”
- “Bolehkah saya menggunakan mesin Xerox karena sedang terburu-buru?”
Kedua permintaan yang menggunakan kata “karena” membuat orang yang sudah membuat salinan memiliki kemungkinan lebih dari 50 persen untuk mematuhinya, demikian temuan para peneliti.
Bahkan ungkapan kedua, yang dapat diartikan ulang sebagai "Bolehkah saya melangkah ke depan Anda untuk melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan?", terbukti efektif. Sebab kalimat itu menunjukkan bahwa orang asing yang meminta bantuan setidaknya mempertimbangkan hal tersebut, menurut studi tersebut.
“Persuasi tidak didorong oleh alasan itu sendiri,” tulis Berger dalam buku dengan topik “Kata Ajaib,” yang diterbitkan tahun lalu. “Hal ini didorong oleh kekuatan kata.”
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!