sign up SIGN UP

Merasa Hubunganmu dengan Pasangan Banyak Mengeluhnya? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut, yuk

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Minggu, 14 Aug 2022 20:00 WIB
Merasa Hubunganmu dengan Pasangan Banyak Mengeluhnya? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut, yuk
caption

Berada dalam hubungan yang banyak diisi dengan keluhan bisa melelahkan. Entah itu diri kita atau pasangan yang suka mengeluh, atau bahkan mungkin keduanya. Boro-boro #relationshipgoals seperti di media sosial... Bisa menjaga mood agar tidak kesal pun rasanya sudah bagus.

Jika Beauties sedang ada dalam hubungan di mana Beauties lebih sering mengeluh, rehat sejenak, yuk! Lalu, pikirkan apa yang menjadi sebab Beauties mengeluh. Supaya tidak gegabah dalam membuat keputusan dan jadi tahu apa yang harus dilakukan.

Memahami Alasan Kita Mengeluh dalam Hubungan

Memahami Alasan Kita Mengeluh dalam Hubungan/Foto: Freepik/benzoix
Memahami alasan kita mengeluh dalam hubungan/Foto: Freepik/benzoix


Mengeluh adalah hal yang wajar. Tapi, kalau keseringan pasti bikin jengah juga, kan? Melansir dari PsychCentral sebab kita sering mengeluh bisa saja karena kita mencari koneksi, perhatian, resolusi, atau validasi. Kita juga bisa jadi suka mengeluh karena mencontoh dari sejak kecil dan menganggap bahwa hal itu menjadi cara terbaik agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Kemudian kebiasaan sosial, di setiap negara pastinya ada kebiasaan orang-orang yang melekat menjadi stigma. Segala bentuk interaksi ini bisa saja jadi disalahartikan oleh seseorang yang tidak biasa dengan hal itu.

Faktor lainnya bisa dikarenakan ada rasa benci yang dibiarkan terpendam. Kemudian secara tidak sadar dikeluarkan dalam bentuk menjadi keluhan. Kita seringkali tidak menyadari telah memproyeksikan apa yang kita rasakan dalam bentuk keluhan kepada orang lain, meskipun mereka sebenarnya tidak bersalah.

Keluhan Bisa Berdampak pada Orang Sekitar

Keluhan Bisa Berdampak untuk Orang di Sekitar/Foto: Freepik/benzoix
Keluhan bisa berdampak untuk orang sekitar/Foto: Freepik/benzoix

Masih dari sumber yang sama, dalam romantic relationships, kebiasaan mengeluh berisiko membuat hubungan berakhir. Atau dalam hubungan orang tua dan anak, saat anak masih kecil dan orang tua mengeluh, hal ini kemungkinan besar membuat anak kesulitan memproses atau mengerti mengapa orang tuanya mengeluh.

Hal ini berisiko bisa berdampak pada anak tersebut, ia jadi merasa bersalah, malu, menghindar, takut, dan membuatnya tumbuh menjadi anak yang selalu berupaya untuk 'menyenangkan orang lain' demi menghindari konflik.

Dalam hubungan interpersonal seperti persahabatan pun bisa berdampak negatif, pada akhirnya akan saling mencari cara untuk menghindari kontak, karena itu tadi, sudah merasa jengah.

Cara Agar Hubungan Minim Keluhan

Cara Agar Hubungan Bebas Keluhan/Foto: Freepik/cookie_studio
Cara agar hubungan minim keluhan/Foto: Freepik/cookie_studio

Supaya hubungan minum keluhan, coba pelan-pelan mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil ini, yuk:

  • Saat ingin mengeluh, cobalah untuk mengubah bahasamu menjadi lebih baik dan berempati. Dan cobalah straight to the point saat menginginkan sesuatu.
  • Tidak banyak menggunakan kata “kamu” yang terdengar seperti menyalahkan, perbanyak menggunakan kata “aku” untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya sedang dirasakan dengan jujur. Namun ingat, kembali lagi ke poin pertama.
  • Meski telah melakukan poin pertama dan kedua,  jangan lupa mengatur ekspektasi, expectations might kill you is very much true.
  • Jika ada hal penting yang ingin dibicarakan, carilah waktu yang tepat di saat sama-sama senggang dan dalam keadaan mood yang baik.
  • Kalau perlu, tuliskan apa yang kamu rasakan dengan bahasa yang sopan.
  • Berdiam sejenak dan pahami apa yang Beauties butuhkan. Buatlah gratitude list, tuliskan hal-hal yang Beauties syukuri setiap harinya, termasuk hal apa saja yang Beauties sukai dari orang yang saat ini sedang membuat Beauties kesal.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id