sign up SIGN UP

4 Mindset Ini Bisa Bantu Menenangkan Hati dan Pikiran saat Dilanda Quarter Life Crisis

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 23:30 WIB
4 Mindset Ini Bisa Bantu Menenangkan Hati dan Pikiran saat Dilanda Quarter Life Crisis
caption

Krisis seperempat abad atau lebih dikenal dengan istilah quarter life crisis adalah fase perubahan signifikan kondisi krisis emosional yang dialami oleh seseorang berusia 20 tahun ke atas. Pencarian jati diri ini ditandai dengan perasaan tak berdaya, khawatir, terisolasi, ragu dengan kemampuan diri sendiri, cemas dan takut gagal terkait masalah karier, finansial, percintaan, serta kehidupan sosial.

Seseorang dalam rentang usia tersebut lebih sering menerima banyak tekanan dan tuntutan dari orang-orang yang akhirnya memaksa terbentuknya pola pikir dari remaja menjadi dewasa. Tak jarang, fase ini dapat membuat kamu terjebak ketakutan pada kehidupan masa depan karena merasa tidak percaya diri.

Agar kamu nggak merasa tertekan dan stres saat mengalami quarter life crisis, kamu bisa menanamkan beberapa mindset yang dilansir dari Life Hack untuk bantu menenangkan hati dan pikiran. Yuk, simak!

Berhenti Membandingkan Kehidupan dengan Orang Lain

Berhentin membandingkan kehidupanmu dengan orang lain/Foto: Freepik.com/8photo
Berhenti membandingkan kehidupanmu dengan orang lain/Foto: Freepik.com/8photo

Sering kali kamu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain, mulai dari pendidikan, pekerjaan, finansial, hubungan asmara dan berbagai pencapaian lainnya. Sayangnya, kebiasaan membandingkan diri ini hanya sia-sia belaka, dan malah membuat kamu semakin khawatir. Daripada kamu terus-terusan memikirkan kehidupan orang lain, mulailah cari tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup.

Batasi penggunaan media sosial dan hindari melihat unggahan kehidupan orang lain. Lebih baik kamu fokus untuk menemukan keinginan serta motivasimu.

Kembangkan Potensi Diri

Ilustrasi seorang kreator video/Foto: Freepik.com/Freepik
Ilustrasi seorang kreator video/Foto: Freepik.com/Freepik

Tanamkan dalam pikiranmu untuk mengenali bakat atau potensi dalam diri. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Sesuatu yang kamu senangi tentunya akan memberikan ketenangan hati dan pikiran, lho! Jika kamu gemar melukis, terus kembangkan bakatmu karena artinya ada sisi kreativitas pada dirimu. Begitu juga dengan hobi lainnya, seperti menulis, membuat konten, menyanyi, menari dan sebagainya. 

Lebih Sabar dan Bertanggung Jawab

Ilustrasi seseorang yang menenangkan diri dan bersabar/Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi seseorang yang menenangkan diri dan bersabar/Foto: Freepik.com/benzoix

Mengendalikan emosi dan pikiran menuju kedewasaan memang membutuhkan proses. Untuk membuat hati menjadi tenang, kamu bisa mulai dengan belajar sabar dan bertanggung jawab.

Kurangi mengeluh, perbanyak rasa syukur dan ucapkan terima kasih pada diri sendiri bahwa kamu telah berjuang. Kamu hebat, berharga, dan kuat. Jika kamu melakukan sesuatu yang salah, akuilah dan minta maaf, lalu temukan solusinya sebagai tanggung jawab.

Jadilah Sosok yang Proaktif

Ilustrasi seseorang yang bersikap proaktif/Foto: Freepik.com/yanalya
Ilustrasi seseorang yang bersikap proaktif/Foto: Freepik.com/yanalya

Seseorang yang proaktif cenderung berpikir sebelum bertindak dan bertanggung jawab atas diri sendiri karena sudah memiliki nilai-nilai yang dipegang. Tanamkan dalam pikiranmu untuk memandang masa depan dengan optimistis, selalu aktif meningkatkan kualitas hidup, memiliki inisiatif yang tinggi, dan tidak mudah tersinggung.

Nah, itulah beberapa mindset yang bisa kamu tanamkan saat mengalami quarter life crisis untuk bantu menenangkan hati dan pikiran. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id