STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Merasa Jakarta Makin Panas Beberapa Hari Ini, Beauties? Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 13:30 WIB
Merasa Jakarta Makin Panas Beberapa Hari Ini, Beauties? Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Kondisi cuaca maupun suhu di setiap daerah memang bisa berubah-ubah karena disebabkan banyak faktor. Seperti yang terjadi di Jakarta dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia akhir-akhir ini yang cuacanya terasa makin panas.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui keterangan resminya pada Selasa, (10/5) menegaskan bahwa suhu panas yang terjadi di Jakarta bukan gelombang panas.

Foto : Menjaga Badan tetap Fit saat cuaca Panas/freepik.comIlustrasi perempuan yang mengalami cuaca panas/ Foto: Freepik.com

BMKG lebih lanjut menjelaskan jika gelombang panas menurut WMO (World Meteorological Organization) merupakan fenomena kondisi udara panas berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut.

"Fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti di Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah," ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam rilis yang diterima CNN Indonesia.

"Sementara, yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas/terik dalam skala variabilitas harian," terangnya lebih lanjut memastikan.

Sepekan lalu, sebagian masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia merasakan suhu panas yang memicu gerah. Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG dari 1 - 7 Mei 2022, suhu maksimum terukur berkisar antara 33 - 36,1 derajat celcius.

Jalanan Jakarta /Foto: Alifia Harina/PexelsIlustrasi kota Jakarta/Foto: Pexels

Di mana suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius yang terjadi di wilayah Tangerang - Banten dan Kalimarau - Kalimantan Utara. Cuaca panas terik pada siang hari di beberapa wilayah Indonesia ini masih akan terjadi hingga pertengahan Mei 2022 menurut BMKG.

Selain itu, pihak BMKG juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh hingga kecukupan cairan tubuh. Terutama untuk masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, masyarakat yang masih di perjalanan mudik agar tidak mengalami dehidrasi, kelelahan, atau dampak buruk lainnya.

Yuk cek informasi lebih lanjut SELENGKAPNYA, Beauties!

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE