STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Musim Liburan Segera Tiba! Begini Cara Memastikan Keselamatan Anak saat Berkendara ala Rifat Sungkar

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 06 Dec 2021 20:00 WIB
Musim Liburan Segera Tiba! Begini Cara Memastikan Keselamatan Anak saat Berkendara ala Rifat Sungkar

Yeay! Musim liburan akan segera tiba. Tentunya, kamu sudah merancang jadwal liburan terbaik untuk keluarga, bukan? Nah, salah satu hal yang jangan sampai dilewatkan, apalagi saat liburan dengan menggunakan mobil pribadi adalah keselamatan sang buah hati.

Selain memeriksa kondisi mobil sebelum perjalanan, penting juga untukmu memiliki car seat. Penggunaan car seat pada anak saat diperjalanan ini dapat meminimalisir kecelakaan dan berbagai kejadian yang tidak diinginkan lainnya.

Car seat memang dirancang untuk anak dari risiko cedera di area kepala, leher serta tulang belakang. Sebab, seat belt yang dianggap aman dan cukup, sebenarnya sangat tidak direkomendasikan dan bukan dirancang untuk mereka yang masih kecil. Karena hal inilah, car seat untuk anak sangat diperlukan. 

Event MothercareEvent Mothercare/ Foto: Dok. Press Conference Mothercare

Dipenghujung tahun 2021 ini, Mothercare sebagai gerai retail yang menyediakan berbagai kebutuhan ibu dan anak, menghadirkan produk yang mengutamakan keamanan bagi si kecil, yaitu POLED. Sebuah produk car seat terbaru dari Korea Selatan yang telah mendapatkan banyak penghargaan terkait dengan keselamatan anak. 

"Di Indonesia, car seat belum menjadi prioritas orang tua untuk dimiliki dan digunakan selama berkendara. Salah satu cara Mothercare untuk mengedukasi orang tua agar mengutamakan keamanan dan keselamatan anak selama berkendara adalah dengan menghadirkan produk car seat berkualitas tinggi. Melihat spesifikasinya dengan kualitas tinggi serta besarnya animo masyarakat terhadap produk POLED asal Korea ini, di penghujung tahun 2021 ini Mothercare Indonesia menghadirkan 2 produk unggulan dari POLED. Keamanan anak merupakan prioritas utama sehingga perlu bagi orang tua untuk memberikan produk berkualitas untuk menjaga keselamatan mereka dengan menggunakan car seat selama berkendara," ujar Vasudev Kataria, Senior Vice President Mothercare Indonesia, Rabu (24/11).

Ada dua produk yang ditawarkan oleh POLED, yaitu All Aged 360 car seat dan Airluv cooling seat.

Car Seat POLEDCar Seat POLED/ Foto: Instagram.com/mothercareindo

1. All Aged 360 - Car Seat

All Aged 360 - Car Seat adalah satu car seat yang dapat digunakan anak mulai dari baru lahir hingga usia 12 tahun atau setara dengan 36 kg. Dirancang untuk keamanan yang mendasar untuk segala usia, dilengkapi dengan sabuk pengunci yang merupakan sistem keamanan paling mendasar untuk car seat yang harus diketahui orang tua, dan pusat gravitasi rendah yang dirancang untuk memberikan keamanan yang tak tergoyahkan. Car seat ini juga akan mempermudah orang tua dengan mekanisme rotasi 360 derajat dan dapat ditidurkan hingga 160 derajat untuk digunakan bayi yang baru lahir. ISOFIX pada All Age 360 merupakan 'One click ISOFIX' dimana dapat diatur dengan mudah dan aman serta bersertifikat standar keamanan.

2. Airluv - Cooling Pad

Airluv - cooling pad adalah lapisan pendingin pertama di dunia dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dan filter anti debu mikro untuk kesehatan nafas bayi. Airluv Cooling Pad juga kompatible dengan stroller, car seat, dan bouncer apapun. Dibuat dari bahan ramah lingkungan sehingga aman untuk anak yang menderita ruam, atopi, dan eksim. Desain 3D ergonomis yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh anak.

Cara Memastikan Anak Telah dalam Posisi Terbaik dan Aman ala Rifat Sungkat

Rifat Sungkar dan AnakRifat Sungkar dan Anak/ Foto: Instagram.com/rifato

Rifat Sungkar, pembalap sekaligus super dad ini menyampaikan jika penggunaan car seat pada anak ini sangatlah penting. Ia pun membagikan bagaimana cara untuk mengetahui anak telah dalam posisi terbaik dan aman saat akan berkendara. 

"Masalah kenyamanan dengan car seat memang tidak bisa satu kali jadi. Ketika kita mulai membiasakan diri dengan car seat anak, artinya kita juga menginvestasikan pengetahuan baru kepada mereka, kalau mereka itu harus punya tata tertib di dalam berkendara. Ketika mereka bisa duduk nyaman, setelahnya mereka baca doa. Jadi, saya sudah punya satu klik. Ketika mereka sudah mulai baca doa, artinya mereka sudah dapat poin dimana duduknya enak dan perasaannya pun enak," kata Rifat Sungkar.

Ia pun menambahkan jika kita sebagai orang tua harus memperhatikan mereka secara berkala, karena terkadang tangan-tangan kecil mereka sering kali iseng.

"Yang perlu sangat diperhatikan, walaupun keliatannya anak duduknya enak, tapi kita sebagai orang tua harus bertanggung jawab terhadap posisi strap. Karena posisi strap anak-anak itu, kalau kita selalu lihat ke depan, anak-anak itu suka jail, suka main tarik-tarik. Jadi bukan masalah duduknya, tapi masalah posisi strapnya itu juga," jelas Rifat.

"Pastiin, walaupun posisinya (anak) udah nyaman, udah enak, tapi kita sebagai orang tua harus tetap melihat ke belakang sewaktu-waktu, apakah strapnya sudah dalam posisi yang benar atau belum, baru mulai berkendara," tutupnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.