sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Orangtua Harus Tahu! Tips Aman Berkendara dengan Anak-Anak

Rumaysha Milhania | Senin, 02 Nov 2020 20:45 WIB
Orangtua Harus Tahu! Tips Aman Berkendara dengan Anak-Anak
caption
Jakarta -

Bepergian dengan anak-anak bisa menyenangkan, baik untuk mereka maupun untuk kamu sebagai orang tua. Namun sebagai orang tua sudah menjadi tanggung jawab bagi kamu untuk menjaga anak-anak tetap aman selama dalam perjalanan. Hal ini dapat menyebabkan stres ekstra jika kamu tidak yakin apa yang diperkirakan. Meskipun kamu mungkin tidak memiliki kendali atas pengemudi lain, kamu dapat memastikan bahwa anak-anak terlindungi dengan baik di dalam mobil kamu sendiri. Melansir dari Consumer Reports, berikut langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan untuk memastikan anak-anak selalu aman di dalam dan di sekitar kendaraan.

Bepergian dengan anak-anak bisa menyenangkan, baik untuk mereka maupun untuk kamu sebagai orang tua. Namun sebagai orang tua sudah menjadai tanggung jawab bagi kamu untuk menjaga anak-anak tetap aman selama dalam perjalanan.
Anak-Anak di Mobil/ Sumber: Freepik.com

Selalu gunakan sabuk pengaman. Tampaknya sangat mudah untuk dilakukan, tetapi beberapa orang masih tidak menggunakan sabuk pengaman meskipun manfaatnya luar biasa besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa sabuk pengaman bertanggung jawab untuk menyelamatkan 329.715 nyawa dalam 50 tahun terakhir.

Ketahui tempat untuk masing-masing anak. Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah harus selalu duduk di kursi belakang menggunakan car seat yang sesuai atau dengan sabuk pengaman kendaraan.

Amankan peralatan, khususnya mainan anak-anak di seluruh sudut mobil. Segala barang atau peralatan bayi dan anak-anak yang berada di dalam mobil dapat menjadi berbahaya jika kamu mengalami kecelakaan atau jika harus menginjak rem secara tiba-tiba. Amankan barang-barang di bagasi menggunakan tali pengaman. Letakkan barang berat di bagasi belakang. Jangan letakkan apapun di atas tumpukan barang lainnya yang dapat terlempar atau bergeser ke area tempat duduk. Selain itu, orang juga bisa menjadi berbahaya. Penumpang kursi belakang tanpa sabuk dapat terdorong ke depan dalam kecelakaan, melukai diri sendiri dan orang di depannya.

Pelajari panduan mengenai usia yang tepat untuk anakmu ke car seat sesuai umurnya, tetapi jangan terlalu terburu-buru.
Tips Aman Berkendara Bersama Anak/ Sumber: Freepik.com

Pastikan anak-anak menggunakan car seat yang tepat dan dipasang dengan benar. Pelajari panduan mengenai usia yang tepat untuk anakmu ke car seat sesuai umurnya, tetapi jangan terlalu terburu-buru. Tempatkan anakmu di kursi pengaman anak yang sesuai dengan tinggi dan beratnya. Ini penting untuk memastikan anakmu terlindungi dengan baik sesuai dengan bentuk dan postur tubuhnya.

Jangan mengirim SMS dan mengemudi. Kita semua tahu daya pikat dari bunyi notifikasi ponsel. Namun, pastikan untuk selalu menahan godaan untuk membaca dan menanggapi pesan singkat di ponsel. Letakkan ponselmu dalam mode pesawat, kecilkan volume, matikan, atau simpan. Pengemudi yang tidak fokus tidak hanya menempatkan semua orang dalam situasi berbahaya, tetapi juga mengajarkan kebiasaan buruk bagi anak-anak.

Kita semua tahu daya pikat dari bunyi notifikasi ponsel. Namun, pastikan untuk selalu menahan godaan untuk membaca dan menanggapi pesan singkat di ponsel.
Tips Berkendara/ Sumber: Freepik.com

Jangan pernah meninggalkan anak-anak sendirian di dalam atau di sekitar mobil. Banyak anak-anak meninggal setiap tahun karena kepanasan di dalam kendaraan. Banyak yang secara tidak sengaja tertinggal di dalam mobil. Waspada dan pastikan kamu tahu dimana anak kamu berada. Jika kamu sering lupa, buat pengingat untuk diri sendiri bahwa ada anak di kursi belakang, seperti mainan di kursi depan atau tinggalkan tas kerja atau dompet di kursi belakang. Dengan begitu kamu harus melihat ke belakang sebelum keluar dari mobil.

Dengan berhati-hati, penuh perhatian, dan berpikiran aman dengan anak-anak, kamu dapat membantu memastikan mereka tetap aman di dalam dan di sekitar kendaraan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id