Sering pusing karena kerjaan menumpuk? Atau bingung bagaimana agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu? Mungkin ada yang salah dengan cara kerjamu.
Banyak orang senang menerima banyak tugas karena mengharapkan upah yang berlipat. Namun, hal ini terkadang justru akan menyulitkan orang tersebut untuk mengerjakannya tepat waktu dengan hasil yang maksimal. Menerima banyak pekerjaan sekaligus memang bukanlah hal yang keliru, namun kita perlu cara cerdas agar semua pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.
Berikut ini merupakan cara cerdas agar seluruh pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu. Mari simak satu persatu agar tidak ada hal yang terlewat.
1. Menggunakan Pengatur Waktu
Jika kita memiliki banyak pekerjaan, tentunya kita harus mengatur waktu sedemikian rupa agar waktu kita efisien dan tidak terbuang sia-sia. Jika tidak, bisa saja kita hanya menghabiskan waktu senggang untuk bersantai tanpa memikirkan pekerjaan lain yang belum terselesaikan.
Ada baiknya jika kita menggunakan pengatur waktu seperti halnya saat kita ujian sekolah. Misalnya saja pekerjaan tersebut bisa memerlukan waktu 2 jam dalam mengerjakannya, maka aturlah waktu menggunakan alarm sesuai dengan durasi tersebut. Dengan begitu, kamu akan berpacu dengan waktu dan akan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.
2. Membuat Jadwal
Ilustrasi saat membuat jadwal sehari-hari/Foto: pexels.com/anete-lusina |
Pekerjaan memang bukan satu-satunya hal yang wajib kamu kerjakan. Mungkin ada sesuatu yang harus kamu lakukan seperti memasak, membersihkan rumah, atau kegiatan sehari-hari lainnya.
Oleh karena itu, kamu harus membuat jadwal sehari-hari agar kamu semakin teratur dan pekerjaanmu tidak terlewat. Setelah kamu membuat durasi untuk pekerjaanmu, kamu bisa membuat jadwal kegiatan yang harus kamu lakukan setiap hari. Buatlah jadwal dan lakukan sesuai jadwal tersebut, maka kamu akan mendapatkan efisiensi waktu.
3. Menyiapkan Ruang Kerja
Ilustrasi meja kerja dengan tanaman hias/Foto: pexels.com/rdne |
Coba perhatikan meja kerja atau ruang yang biasa kamu gunakan untuk bekerja. Jika kamu merasakan sesuatu yang tidak layak berada di sana seperti barang-barang yang berserakan atau benda yang membuatmu tidak nyaman, kamu bisa membereskan secepatnya.
Meja dan ruang kerja yang rapi bisa membuat pikiran kita jernih dan semakin semangat dalam bekerja. Kamu juga bisa menghiasi meja kerjamu dengan tanaman kecil atau aquarium kecil dengan ikan hias yang berwarna terang agar pikiran terasa tenang dan jernih.