Nggak Lagi Bikin Otak Ruwet, Terapkan 6 Cara Cerdas Ini Agar Pekerjaan yang Menumpuk Bisa Selesai Tepat Waktu!

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Selasa, 23 May 2023 21:00 WIB
Cara Cerdas Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu Selanjutnya: Fokus!
Ini cara cerdas agar pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu/Foto: pexels.com/olly

Sering pusing karena kerjaan menumpuk? Atau bingung bagaimana agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu? Mungkin ada yang salah dengan cara kerjamu.

Banyak orang senang menerima banyak tugas karena mengharapkan upah yang berlipat. Namun, hal ini terkadang justru akan menyulitkan orang tersebut untuk mengerjakannya tepat waktu dengan hasil yang maksimal. Menerima banyak pekerjaan sekaligus memang bukanlah hal yang keliru, namun kita perlu cara cerdas agar semua pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.

Berikut ini merupakan cara cerdas agar seluruh pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu. Mari simak satu persatu agar tidak ada hal yang terlewat.

1. Menggunakan Pengatur Waktu

Jika kita memiliki  banyak pekerjaan, tentunya kita harus mengatur waktu sedemikian rupa agar waktu kita efisien dan tidak terbuang sia-sia. Jika tidak, bisa saja kita hanya menghabiskan waktu senggang untuk bersantai tanpa memikirkan pekerjaan lain yang belum terselesaikan.

Ada baiknya jika kita menggunakan pengatur waktu seperti halnya saat kita ujian sekolah. Misalnya saja pekerjaan tersebut bisa memerlukan waktu 2 jam dalam mengerjakannya, maka aturlah waktu menggunakan alarm sesuai dengan durasi tersebut. Dengan begitu, kamu akan berpacu dengan waktu dan akan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

2. Membuat Jadwal

kamu harus membuat jadwal sehari-hari agar kamu semakin teratur dan pekerjaanmu tidak terlewat/Foto: pexels.com/anete-lusina
Ilustrasi saat membuat jadwal sehari-hari/Foto: pexels.com/anete-lusina

Pekerjaan memang bukan satu-satunya hal yang wajib kamu kerjakan. Mungkin ada sesuatu yang harus kamu lakukan seperti memasak, membersihkan rumah, atau kegiatan sehari-hari lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus membuat jadwal sehari-hari agar kamu semakin teratur dan pekerjaanmu tidak terlewat. Setelah kamu membuat durasi untuk pekerjaanmu, kamu bisa membuat jadwal kegiatan yang harus kamu lakukan setiap hari. Buatlah jadwal dan lakukan sesuai jadwal tersebut, maka kamu akan mendapatkan efisiensi waktu.

3. Menyiapkan Ruang Kerja

Kamu juga bisa menghiasi meja kerjamu dengan tanaman kecil atau aquarium kecil dengan ikan hias yang berwarna terang agar pikiran terasa tenang dan jernih/Foto: pexels.com/rdne
Ilustrasi meja kerja dengan tanaman hias/Foto: pexels.com/rdne

Coba perhatikan meja kerja atau ruang yang biasa kamu gunakan untuk bekerja. Jika kamu merasakan sesuatu yang tidak layak berada di sana seperti barang-barang yang berserakan atau benda yang membuatmu tidak nyaman, kamu bisa membereskan secepatnya.

Meja dan ruang kerja yang rapi bisa membuat pikiran kita jernih dan semakin semangat dalam bekerja. Kamu juga bisa menghiasi meja kerjamu dengan tanaman kecil atau aquarium kecil dengan ikan hias yang berwarna terang agar pikiran terasa tenang dan jernih.

Cara Cerdas Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu Selanjutnya: Fokus!

Ini cara cerdas agar pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu/Foto: pexels.com/olly

4. Fokus

Saat kamu sedang mengerjakan pekerjaanmu, cobalah untuk fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Mungkin terbersit pikiran bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di hari yang sama, namun jangan sampai pikiranmu bercabang sebelum menyelesaikan pekerjaan pertamamu.

Percayalah, jika kamu benar-benar fokus dengan satu hal dan taat mengikuti jadwal yang sudah dibuat, maka pekerjaanmu pasti akan terselesaikan semua di hari itu juga.

5. Meminimalisir Gangguan

Saat kamu sedang mengerjakan pekerjaanmu, cobalah untuk fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan/Foto: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi fokus saat bekerja/Foto: pexels.com/cottonbro

Jika kamu adalah orang yang mudah terpecah pikirannya, cobalah untuk meminimalisir sesuatu yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasimu. Misalnya saja handphone, jika kamu menyalakan sinyalmu otomatis akan ada pesan masuk dan berbagai notifikasi lainnya.

Ketika pesan dan notifikasi tersebut masuk, tentunya kamu ada pikiran untuk mengeceknya, bukan? Oleh karena itu, cobalah untuk mengaktifkan flightmode agar sinyalmu mati sementara. Setelah pekerjaan utamamu selesai, kamu bisa mengaktifkan kembali sinyalmu.

6. Memilih Prioritas

Jika kamu memiliki jadwal yang sangat sibuk di hari tersebut, cobalah untuk memilih mana yang paling prioritas. Hal ini bukannya menyepelekan tugas-tugas yang lain, ya. Tentunya kamu ada hal-hal lain yang bisa kamu kerjakan lebih cepat agar bisa menyelesaikan tugas yang kamu anggap prioritas.

Nah, setelah kamu membaca 6 cara agar pekerjaanmu cepat selesai dengan hasil yang maksimal, apakah kamu akan segera memulainya? Tunggu apa lagi, jangan buang waktumu untuk hal-hal yang sia-sia, ya. Tetap semangat menjalani harimu, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE