Nggak Lagi Lembur Apalagi Stres, Tingkatkan Performa Kerja dengan 7 Strategi Bekerja Cerdas Berikut!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 05 Feb 2023 20:30 WIB
Strategi Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien/ Foto: Freepik.com/benzoix

Terkadang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau meraih target membutuhkan yang namanya kerja keras. Namun, belum tentu kerja keras memberikan hasil yang memuaskan.

Daripada terjebak dengan kerja keras yang tidak membuahkan hasil yang sesuai. Ada yang namanya “kerja cerdas” agar pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien. Tentu saja tanpa harus memutar otak terlalu jauh dan menambah jam kerja.

Nah, kira-kira langkah apa yang bisa digunakan untuk bekerja cerdas di kantor? Dilansir dari Indeed, berikut adalah beberapa strategi yang bisa Beauties contoh untuk bekerja cerdas dan tanpa jam kerja tambahan.

1. Membuat Prioritas Pekerjaan


Membuat Prioritas Pekerjaan/ Foto: Freepik.com/author/rawpixel-com

Tak jarang kita merasa bingung ketika harus mengerjakan tugas harian di kantor. Nah, Beauties bisa mencoba membuat daftar prioritas pekerjaan dari yang paling penting hingga mudah untuk dikerjakan.

Letakkan tugas penting dan menantang dinomor pertama agar dirimu semakin produktif dan bersemangat untuk menyelesaikannya sebelum beralih ke tugas-tugas yang lain. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pekerjaan dan membuat estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas harian.

2. Mengatur Waktu Kerja


Mengatur Waktu Kerja/ Foto: Freepik.com/author/katemangostar

Meski waktu kerja sudah ditetapkan, namun tetap ada yang namanya waktu produktif karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, Beauties bisa menjadwalkan di waktu-waktu yang sesuai jam produktif untuk bekerja. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk cepat menyelesaikan tugas harianmu di kantor.

Sementara itu, di waktu luang, Beauties bisa memanfaatkannya untuk peregangan badan atau berjalan-jalan sebentar.

3. Menyelesaikan Tugas Berdasarkan Tingkatannya

Ketahui letak kesulitan dan mudahnya tugas-tugas yang ada. Kerjakan terlebih dahulu tugas-tugas penting di waktu produktif agar lebih efektif dan bersemangat. Karena di saat itulah otak dapat bekerja, sehingga menghasilkan pekerjaan yang baik.

Sebaliknya, kerjakan tugas-tugas yang mudah setelahnya. Hal ini karena Beauties tidak membutuhkan banyak energi dan tenaga untuk berpikir keras. Inilah yang dinamakan kerja cerdas dan efektif.

(ria/ria)