Nggak Lagi Lembur Apalagi Stres, Tingkatkan Performa Kerja dengan 7 Strategi Bekerja Cerdas Berikut!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 05 Feb 2023 20:30 WIB
7 Strategi Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien, Wajib Diterapkan!
Strategi Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Terkadang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau meraih target membutuhkan yang namanya kerja keras. Namun, belum tentu kerja keras memberikan hasil yang memuaskan.

Daripada terjebak dengan kerja keras yang tidak membuahkan hasil yang sesuai. Ada yang namanya “kerja cerdas” agar pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien. Tentu saja tanpa harus memutar otak terlalu jauh dan menambah jam kerja.

Nah, kira-kira langkah apa yang bisa digunakan untuk bekerja cerdas di kantor? Dilansir dari Indeed, berikut adalah beberapa strategi yang bisa Beauties contoh untuk bekerja cerdas dan tanpa jam kerja tambahan.

1. Membuat Prioritas Pekerjaan

Memprioritaskan pekerjaan dapat memudahkan tugas yang perlu diselesaikan.
Membuat Prioritas Pekerjaan/ Foto: Freepik.com/author/rawpixel-com

Tak jarang kita merasa bingung ketika harus mengerjakan tugas harian di kantor. Nah, Beauties bisa mencoba membuat daftar prioritas pekerjaan dari yang paling penting hingga mudah untuk dikerjakan.

Letakkan tugas penting dan menantang dinomor pertama agar dirimu semakin produktif dan bersemangat untuk menyelesaikannya sebelum beralih ke tugas-tugas yang lain. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pekerjaan dan membuat estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas harian.

2. Mengatur Waktu Kerja

Waktu kerja yang tepat bisa membuat dirimu produktif di jam tersebut.
Mengatur Waktu Kerja/ Foto: Freepik.com/author/katemangostar

Meski waktu kerja sudah ditetapkan, namun tetap ada yang namanya waktu produktif karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, Beauties bisa menjadwalkan di waktu-waktu yang sesuai jam produktif untuk bekerja. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk cepat menyelesaikan tugas harianmu di kantor.

Sementara itu, di waktu luang, Beauties bisa memanfaatkannya untuk peregangan badan atau berjalan-jalan sebentar.

3. Menyelesaikan Tugas Berdasarkan Tingkatannya

Ketahui letak kesulitan dan mudahnya tugas-tugas yang ada. Kerjakan terlebih dahulu tugas-tugas penting di waktu produktif agar lebih efektif dan bersemangat. Karena di saat itulah otak dapat bekerja, sehingga menghasilkan pekerjaan yang baik.

Sebaliknya, kerjakan tugas-tugas yang mudah setelahnya. Hal ini karena Beauties tidak membutuhkan banyak energi dan tenaga untuk berpikir keras. Inilah yang dinamakan kerja cerdas dan efektif.

7 Strategi Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien, Wajib Diterapkan!

Strategi Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien/ Foto: Freepik.com/tirachardz

4. Waktu Istirahat

Setelah lelah bekerja, Beauties perlu beristirahat sejenak untuk meregangkan badan dan menjernihkan pikiran.

Pastikan waktu istirahat digunakan untuk kegiatan yang positif agar energi kamu dapat kembali lagi. Saat istirahat jangan lupa untuk melakukan peregangan, minum air putih, dan berjalan-jalan sejenak untuk meluruskan kaki.

Pembagian waktu istirahat sebenarnya juga gampang-gampang susah. Namun, ada yang namanya teknik Pomodoro yaitu 25 menit kerja, kemudian lima menit istirahat. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung kinerja dan menghindari stres di kantor, lho.

5. Menghindari Multitasking

Multitasking dapat membuat pekerjaan tidak fokus
Menghindari Multitasking/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Mampu melakukan multitasking memang dapat membuat dirimu terlihat keren. Tetapi, alih-alih memudahkan pekerjaan yang ada sekaligus, justru bisa memecahkan fokus.

Pada dasarnya, multitasking adalah mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Hampir tidak ada orang yang dapat mengerjakan pekerjaan dengan sempurna dan cepat saat melakukan multitasking tersebut.

Jadi, sebaiknya hindari multitasking dan fokus mengerjakan tugas satu per satu agar hasilnya pun maksimal dan memuaskan.

6. Respon Cepat

Mulailah kebiasaan untuk menanggapi suatu kerjaan dengan secepat mungkin. Seperti saat menerima email dan membutuhkan respons segera, maka lakukanlah hal tersebut. Jangan membuat orang lain menunggu responsmu dan itu lebih memudahkan pekerjaan.

7. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Ilustrasi diskusi di kelasIlustrasi diskusi/Foto: Pexels/RODNAE Productions

Jika Beauties memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka akan memudahkan tugas dan pekerjaan. Terutama saat bekerjasama dengan orang lain, kemampuan dalam komunikasi sangat dibutuhkan. Jangan sampai terjadi miskomunikasi karena dapat berpengaruh pada hasil pekerjaan.

Untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Beauties bisa belajar dan mempraktikannya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE