sign up SIGN UP

Nggak Merana di Akhir Bulan, Ini Trik Bertahan di Saat Gaji Mulai Menipis

Novianty Aulia | Selasa, 27 Jul 2021 20:15 WIB
Nggak Merana di Akhir Bulan, Ini Trik Bertahan di Saat Gaji Mulai Menipis
caption

Seminggu di akhir bulan tampaknya menjadi waktu paling genting untuk bertahan sebelum gajian tiba. Hal ini dirasa semakin sulit ketika didapati simpanan uang semakin menipis tetapi banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menunjang aktivitas di setiap harinya. 

Walaupun terdengar menakutkan, bukan berarti kamu tidak bisa hidup dengan nyaman meskipun isi dompet tidak sesuai. Terdapat beragam cara yang dapat kamu lakukan untuk menekan pengeluaran sambil menunggu hari gajian. 

Berikut, Beautynesia telah merangkum 5 kiat untuk bertahan hidup tanpa merana meskipun di akhir bulan. Yuk simak artikelnya berikut ini. 

Membawa Bekal

Berhentikan dahulu kebiasaan makan di restaurant, mulailah membawa bekal agar lebih hemat.
Membawa bekal jadi pilihan tepat menghemat saat akhir bulan/Foto:Freepik.com/Timonila


Order makan siang dari restaurant memanglah nikmat, tetapi membawa bekal dari rumah sebenarnya jauh lebih menguntungkan, terutama di tanggal tua ini lho, Beauties. 

Ya, tips yang satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan di hari-hari akhir sebelum gajian tiba. Menu yang dibawa pun bisa kamu pilih sesuai selera, dibuat sendiri sebelum kerja atau bisa juga membeli lauk murah di warteg terdekat.

Selain hemat, membawa bekal pastinya lebih mengenyangkan karena jumlah porsi lauk yang bisa kamu tentukan sendiri. 

Manfaatkan Segala Promo 

Akhir bulan tetap bisa makan enak dengan memanfaatkan segala promo menarik di media sosial.
Jelajahi media sosial dan temukan promo menarik di akhir bulan/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Ingin tetap makan enak walau isi dompet mulai tak bersahabat? Jangan sedih, banyak promo menyenangkan yang dapat kamu manfaatkan. 

Seperti yang kamu tahu, saat ini sudah banyak berbagai gerai makanan hingga supermarket yang kerap menawarkan promo menarik di akhir bulan. Cukup siapkan smartphone dan kamu bisa berselancar di internet untuk memilih promo mana yang dirasa dapat membantu memenuhi kebutuhanmu. Tetapi ingat, pastikan apa yang kamu beli memang sesuai dengan budget dan kebutuhan ya. 

Ingat, Jangan Membeli Sesuatu yang Tidak Penting 

Perhitungkan selalu barang apa yang ingin kalian beli agar tidak melewati batas keuangan.
Jangan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Keinginan berbelanja adalah musuh utama saat ingin berhemat di akhir bulan. Seperti yang dilansir dari laman Invested Wallet, kebiasaan buruk para pekerja ialah mudah terlena untuk membeli barang yang sebenarnya tak perlu. Kebiasaan inilah juga yang menjadi pangkal mengapa kamu kesusahan saat akhir bulan. 

Oleh karena itu, perhitungkan selalu barang apa yang ingin kamu belanjakan dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansial. Cobalah untuk menahan diri dan abaikan segala ajakan menarik yang dapat menarik uang kamu lebih banyak lagi. Nggak mau dong, kamu malah kesulitan sendiri karena godaan tidak penting? 


Mulailah Mencoba Olahan Sederhana

Punya banyak bahan makanan? Jangan biarkan rusak, segeralah olah menjadi olahan menarik.
Gunakan bahan makanan yang tersedia/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Punya banyak bahan makanan tetapi hanya dibiarkan tergeletak di lemari pendingin? Yuk, mulai untuk mengolah berbagai bahan tersebut. 

Sebelum rusak dan malah terbuang sia-sia, ada baiknya kamu manfaatkan bahan makanan tersebut untuk diolah menjadi menu makanan yang menarik. Nggak perlu bingung, kamu bisa mencari berbagai resep olahan di media sosial dan sesuaikannya dengan bahan makanan yang tersedia di rumah. Olahan enak tak selalu hanya dari bahan makanan mahal, bukan? 


Harus Keluar Rumah? Manfaatkan Transportasi Umum yang Murah 

Tak masalah bukan harus bersusah sedikit dengan menggunakan transportasi umum di akhir bulan
Pilih moda transportasi umum yang terjangkau/Foto:Freepik.com/Freepik


Simpanan uang tidak mencukupi untuk naik kendaraan nyaman seperti biasa? Jangan sedih, masih ada banyak pilihan transportasi umum serta terjangkau yang dapat kamu coba. 

Saat ini banyak moda transportasi dengan ongkos terjangkau, yang bisa kamu gunakan sebagai langkah menghemat di beberapa hari sebelum gajian. Dengan bermodalkan biaya murah, kamu bisa sampai di kantor walaupun harus bersusah sedikit ketika mengantri atau berdiri di transportasi umum. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa mencari teman yang searah dan meminta bantuannya untuk ikut berangkat bersama.

Bagaimana Beauties, mudah kan? 


Our Sister Site

mommyasia.id