sign up SIGN UP

Nggak Suka Metematika? Tenang... 5 Jurusan Kuliah Ini Akan Membuatmu Terhindar dari Deretan Angka dan Hitungan!

aqillah diaz | Rabu, 12 Jan 2022 17:00 WIB
Nggak Suka Metematika? Tenang... 5 Jurusan Kuliah Ini Akan Membuatmu Terhindar dari Deretan Angka dan Hitungan!
5 Jurusan Kuliah untuk yang Tidak Suka Metematika/Foto: Pexels.com/StanleyMorales

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang banyak dihindari oleh siswa, baik mulai SD hingga SMA. Hal ini dikarenakan, pelajaran matematika cukup rumit, serta kamu harus menghafal rumus dan menerapkan pada soal yang tersedia. Semakin tinggi tingkatannya, semakin banyak rumus yang harus dihafal dan dipelajari.

Jika kamu saat ini sedang berada di bangku SMA atau SMK dan tidak ingin bertemu matematika saat kuliah, kamu bisa memilih beberapa jurusan kuliah yang tidak ada hubungannya dengan matematika. Berikut 5 jurusan kuliah yang tidak ada matematika dalam perkuliahannya. Check this out!

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi / foto : pexels.com/TirachardKumtanom
Ilmu Komunikasi / foto : pexels.com/TirachardKumtanom

Jurusan pertama yang bisa jadi pilihanmu ketika akan melanjutkan pendidikan kuliah adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari tentang bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif hingga sampai kepada sasaran. Ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan mendapatkan ilmu tentang public speaking, jurnalistik, marketing communication, fotografi, desain, hubungan masyarakat, dan lain-lain. 

Di jurusan ini, kamu akan lebih sering bertemu dengan bahasa dan tidak akan bertemu dengan hitung-menghitung atau pelajaran matematika. Tidak hanya belajar tentang ilmu komunikasi saja, tetapi kamu juga akan belajar tentang seni berkomunikasi. So, goodbye untuk matematika. 

2. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum / foto : pexels.com/EkaterinaBolovtsova
Ilmu Hukum / foto : pexels.com/EkaterinaBolovtsova

Jurusan kuliah berikutnya yang tidak ada matemarika adalah Ilmu Hukum. Namun, dalam jurusan ini diperlukan pemahaman konsep dan teori yang cukup mendalam dan nggak tanggung-tanggung. Di jurusan Ilmu Hukum kamu akan mempelajari berbagai sistem hukum dan perundang-undangan di berbagai sekala, mulai dari hukum perdata, hukum pidana, hukum perdagangan, dan lainnya.

Kamu juga akan sering bertemu dengan pasal dan perundang-undangan. Sehingga, kamu nggak akan bertemu hitung-menghitung, tetapi kamu harus suka menghafal atau mengingat jika memilih jurusan ini. Prospek jurusan ini juga nggak kalah bagus dengan jurusan lain lho, kamu bisa dapat kesempatan untuk bekerja di lembaga hukum, seperti kejaksaan, pengadilan negeri, pengadilan tinggi, dan lainnya.

3. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional / foto : pexels.com/AugustdeRichelieu
Hubungan Internasional / foto : pexels.com/AugustdeRichelieuhk

Jurusan Hubungan Internasional merupakan jurusan yang banyak diminati baik di dalam maupun luar negeri. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari bagaimana negara membangun upaya untuk berinteraksi secara global. Jurusan ini berkaitan dengan hal-hal seperti diplomasi, kebijakan luar negeri, keamanan dan strategis, institusi internasional, ekonomi-politik, sosial-budaya, dan lainnya dalam lingkup internasional.

Jika kamu memiliki skill menguasai bahasa asing dan pandai berkomunikasi, kamu cocok banget lho pilih jurusan ini. Dan tentunya nggak bakal ketemu matematika deh!

4. Sastra, Bahasa, dan, Budaya

Sastra, Bahasa, dan, Budaya / foto : pexels.com/GenaroServin
Sastra, Bahasa, dan, Budaya / foto : pexels.com/GenaroServin

Nah, opsi lain kalau kamu nggak ingin bertemu dengan matematika kamu bisa pilih beberapa jurusan sastra, seperti Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, dan lainnya. Eits, nggak hanya itu tentunya kamu juga akan belajar mengenai budayanya, lho. Seru banget, kan?

Lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang bagus lho, seperti editor, copywriter, penerjemah, penulis naskah, dan masih banyak prospek kerja lain yang tentunya menjanjikan!

5. Desain dan Animasi

Desain dan Animasi / foto : pexels.com/Designecologist
Desain dan Animasi / foto : pexels.com/Designecologist

Di era teknologi yang semakin berkembang, jurusan Desain atau Animasi bisa jadi pilihanmu, lho! Tenang aja kamu juga nggak bakal ketemu sama matematika kok. Jurusan ini cocok banget buat kamu yang kreatif dan tertarik dengan desain dan animasi. Nggak cuma buat gambar aja lho, kamu juga akan belajar bagaimana cara membuat di media yang tepat untuk menyampaikan pesan secara efektif.

Peluang karier untuk lulusan Desain atau Animasi sangat besar. Kamu bisa bekerja di industri media, kreatif, periklanan, dan lainnya. 

Itulah 5 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih, bila kamu tidak suka matematika. Untuk itu, pilihlah jurusan dengan bijak dan sesuai dengan keinginan hati. Semoga kamu nggak salah pilih ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id