Nggak Sulit Kok, Ini 5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking di Tempat Kerja

Nazhifah Husna S | Beautynesia
Senin, 22 May 2023 17:00 WIB
Nggak Sulit Kok, Ini 5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking di Tempat Kerja/Foto: Getty Images/iStockphoto/jacoblund

Public speaking merupakan salah satu keterampilan yang wajib kamu miliki untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pesan di hadapan banyak orang. Sebab, skill ini banyak dibutuhkan dalam dunia kerja di bidang apapun.

Meski kemampuan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, nyatanya tidak semua orang bisa berbicara di depan umum. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu bagaimana cara berbicara di depan umum dengan baik dan benar.

Apa saja itu? Berikut 5 cara melatih kemampuan public speaking di lingkungan kerja, dilansir melalui LinkedIn.

1. Latihan di Depan Cermin Setiap Hari

Ilustrasi/Foto: Pexels.com/Vapel

Saat kamu diberi kesempatan untuk melakukan promosi atau presentasi bisnis, mungkin momen ini bisa membuat kamu kewalahan karena pertama kali berbicara di depan umum. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus rajin melatih diri kamu dengan berbicara, berpidato, atau presentasi di depan cermin.

Cara ini sangat membantu agar kamu bisa mengenal diri sendiri dan menciptakan gaya public speaking yang berbeda dari orang lain. Melatih berbicara di depan cermin juga bisa membantu agar kamu menguasai materi apa saja yang perlu disampaikan saat presentasi.

(naq/naq)