sign up SIGN UP

Nunggak Iuran BPJS Kesehatan, Risiko Denda Mengintai Hingga Rp30 Juta! Ternasuk Bagi yang Belum Pernah Manfaatkan Layanan Ini?

Tim Redaksi detikJatim | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 15:15 WIB
Nunggak Iuran BPJS Kesehatan, Risiko Denda Mengintai Hingga Rp30 Juta! Ternasuk Bagi yang Belum Pernah Manfaatkan Layanan Ini?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Amorn Suriyan
Jakarta -

Para peserta BPJS Kesehatan, pastikan membayar iuran setiap bulannya tepat waktu ya! Karena kalau tidak, ada risiko denda yang mengintai.

Denda tersebut pun diatur dalam Peraturan Presiden (Perperes) Nomor 64 tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan, yang sekaligus menggugurkan Perpres sebelumnya tahun 2018.

Pada perpres tersebut, pihak BPJS Kesehatan dapat mengenakan denda hingga Rp30 juta atau 5% dari perkiraan biaya paket penyakit yang diderita peserta (INA-CBGs), Beauties.

Peraturan tersebut berlaku bagi peserta yang saat diberhentikan kepesertaannya, namun sempat menerima layanan rawat inap dan dalam 45 hari aktif kembali atau setelah membayar iuran BPJS Kesehatan, kepesertaannya aktif kembali.

Ilustrasi BPJS Kesehatan.Ilustrasi BPJS Kesehatan./ Foto: Wisma Putra

"Dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali sebagaimana dimaksud pada ayat (3), ayat (3a), dan ayat (3b), Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib membayar denda kepada BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap tingkat lanjutan yang diperolehnya," tulis ayat 5 pasal 42 Perpres tersebut.

Denda pun diberikan bila peserta tersebut menunggak selama 12 bulan. Setelah itu, denda akan diakumulasi dan dikenakan ke peserta.

Meski demikian, tarif denda 5% atau hingga Rp 30 juta hanya berlaku untuk peserta Non-Penerima Bantuan Iuran (PBI), peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Bukan Pekerja (BP). Sebab, iuran ketiga kelompok ini dibayarkan oleh pemerintah.

Bagaimana dengan peserta yang menunggak tapi belum pernah menerima layanan rawat inap?

Dan bagaimana bila status kepesertaan sudah tidak aktif dalam waktu lama, tapi ingin kembali diteruskan meski nggak akan langsung memanfaatkan layanan pada BPJS?

Lanjutkan membaca di sini ya, Beauties.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id