sign up SIGN UP

Orangtua Wajib Tahu! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Bikin Akun Medsos untuk Anak

Meuthia Khairani | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 19:45 WIB
Orangtua Wajib Tahu! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Bikin Akun Medsos untuk Anak
caption

Di era serba digital ini, semakin mudah untuk Beauties membagikan foto bersama pasangan, keluarga, dan anak-anak. Setiap momen yang terjadi tampaknya harus diabadikan dan di-share di media sosial. Apalagi untuk Beauties yang sudah menjadi ibu, segala momen lucu dan progress pertumbuhan anak-anak atau bayi pasti tak boleh luput difoto atau pun direkam dengan ponsel.

Tak hanya itu, kebanyakan ibu-ibu muda cepat-cepat membuat akun Instagram yang username-nya adalah nama lengkap atau nama panggilan si kecil. Sebenarnya, sah-sah saja bila Beauties mau membuat akun ini untuk anak dan memposting foto-fotonya di media sosial.

Namun, dikutip dari laman Brit.co, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar privasi, keamanan, dan kenyamanan anak tetap terjaga. Di antaranya:

1. Lihat bagaimana perasaan anak-anak terhadap foto mereka yang Beauties posting. Tanyakan kepada mereka apakah mereka merasa nyaman jika fotonya diposting di media sosial, dan biarkan mereka memutuskan foto mana yang boleh dibagikan.

2. Jika memfoto momen kebersamaan anak-anak bersama teman-temannya, alangkah lebih baik bila Beauties meminta izin terlebih dahulu kepada orangtua teman anak sebelum mempostingnya di media sosial.

Ya, tidak semua orang merasa nyaman bila foto anaknya dibagikan tanpa izin terlebih dulu.

Ilustrasi foto anak-anak/Unsplash/Rachel
Ilustrasi foto anak-anak/Unsplash/Rachel

3. Hati-hati saat memberikan informasi lokasi momen tersebut diabadikan, agar tidak menjadi incaran orang-orang yang berniat jahat terhadap anakmu.

4. Bila perlu atur privasi dengan hanya membagikan foto anak ke close friends-mu di Instagram, yang terdiri dari orang-orang terdekat dan bisa dipercaya, atau melalui jaringan pribadi ke saudara atau teman terdekatmu saja.

Ilustrasi foto anak-anak/Pixabay/HaiBaron
Ilustrasi foto anak-anak/Pixabay/HaiBaron

5. Tidak memposting identitas pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat sekolah. Sebab, informasi tersebut adalah hal krusial yang rawan disalahgunakan orang-orang yang tidak Beauties kenal, stalker, dan pedofil yang berkeliaran di dunia maya.

6. Dilansir dari laman Baby Gaga, Beauties perlu mempertimbangkan baik-baik sebelum membagikan cerita dan foto anak karena tidak semua orang setuju dengan gaya pengasuhan Beauties dan Suami.

Komentar, kata-kata kasar, atau penghakiman dari orang tak dikenal berisiko akan berefek pada self worth anakmu di kemudian hari.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id