sign up SIGN UP

Peringati Hari Buku Nasional, Ini Rekomendasi Buku Self Improvement yang Wajib Dibaca Saat Merasa Tidak Baik-baik Saja

Anindya Milagsita | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 14:30 WIB
Peringati Hari Buku Nasional, Ini Rekomendasi Buku Self Improvement yang Wajib Dibaca Saat Merasa Tidak Baik-baik Saja
caption

Pada 17 Mei 2022 diperingati sebagai Hari Buku Nasional, Beauties. Momen ini dihadirkan oleh pemerintah sebagai upaya mendorong minat membaca masyarakat Indonesia agar lebih meningkat. Bicara soal membaca, ada sebuah genre buku yang tengah populer dan banyak diminati oleh semua kalangan, lho.

Bernama self improvement yang dikenal sebagai genre bacaan dengan mengangkat tema seputar pengembangan diri dari segi kualitas hidup, minat, keuangan, hingga kesehatan mental. Buku self improvement sendiri dianggap dapat membantu untuk bisa memberi dampak positif hingga menjadi sosok yang lebih baik. Nggak jarang jenis buku ini juga membantu seseorang mengatasi rasa khawatir, insecureoverthinking, sampai galau soal kehidupannya.

Nah, buat kamu yang perasaannya saat ini mungkin sedang tidak baik-baik saja, ada sederet rekomendasi buku self improvement yang bisa dibaca. Simak daftarnya di sini, ya!

Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah

Buku Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah jadi salah satu rekomendasi buku self improvement wajib dibaca.
Rekomendasi buku self improvement paling best seller/instagram/penerbitharu

Rekomendasi pertama jatuh pada buku 'Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah' yang ditulis oleh Geulbaewoo. Buku asal Korea Selatan ini diterjemahkan dan dicetak Penerbit Haru, Beauties. Lewat buku ini kamu akan menemui berbagai esai yang ditulis sendiri oleh penulis. Bukan sembarang esai, tulisan dalam buku ini menyajikan pengalaman hidup penulis semasa muda.

Menariknya, ada banyak hal yang ternyata relate dengan pembaca, lho. Seperti saat penulis mengungkap kebiasaannya yang selalu membandingkan diri dengan orang lain, merasa ingin menyerah saat ada hal-hal yang tak berjalan sesuai dengan harapan, sampai quarter life crisis yang berat untuk dilaluinya.

Lewat buku ini kamu akan diajak penulis untuk lebih bisa berdamai dengan diri sendiri, mensyukuri apa yang ada, dan beristirahat sejenak saat merasa lelah.

You Do You

Buku self improvement You Do You yang menjadi best seller dan patut dibaca.
Rekomendasi buku self improvement paling best seller/instagram/youdoyoubook

Masih menjawab soal kegelisahan anak muda zaman sekarang, ada buku bergenre self improvement lainnya yang layak kamu baca, Beauties. Bertajuk 'You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness' yang ditulis oleh Fellexandro Ruby. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini cocok dibaca bagi generasi masa kini yang masih galau soal passion sampai tujuan hidup. 

Lewat buku ini kamu akan diajak untuk memahami diri sendiri. mencari tahu apa yang ingin dilakukan dalam hidup ini, dan menemukan cara untuk memulainya. Dibandingkan menggurui, penulis seakan mengajak kamu mengobrol sebagai pembaca. Isinya yang ringan untuk dibaca tapi padat akan makna cocok dipilih sebagai bacaan bagi mereka yang berusia 20-an.

Hidup Apa Adanya

Buku self improvement Hidup Apa Adanya yang bisa dibaca saat perasaan tidak baik-baik saja.
Rekomendasi buku self improvement paling best seller/instagram/transmediapustaka

Pernahkah kamu lelah karena harus hidup sesuai standar seperti orang lain? Kalau kamu pernah atau sedang mengalaminya, mungkin buku ini jadi pilihan yang tepat buat dibaca. Bertajuk 'Hidup Apa Adanya' yang ditulis oleh Kim Suhyun. Buku asal Korea Selatan ini diterbitkan Transmedia Pustaka dengan sampul bagian depan yang minimalis tapi manis.

Lewat buku ini kamu sebagai pembaca akan diajak untuk lebih percaya pada diri sendiri dan hidup tanpa harus memikirkan apa yang dikatakan orang lain. Seperti judulnya, membaca buku ini seakan diajak untuk hidup apa adanya sebagai diri sendiri.

Menariknya, buku ini ditulis pakai bahasa yang ringan khas anak muda dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik. Bahkan Jungkook BTS pernah merekomendasikan buku ini untuk dibaca, lho.

Insecurity is My Middle Name

Buku Insecurity is My Middle Name yang bisa dibaca saat perasaan sedang tidak baik-baik saja.
Rekomendasi buku self improvement paling best seller/instagram/alvisyhrn

Perasaan insecure yang meliputi ketidakpercayaan diri seringkali dialami oleh anak muda. Buat membantu bangkit dari rasa insecureada sebuah buku yang layak untuk dibaca, Beauties. Bertajuk 'Insecurity in My Middle Name' yang ditulis oleh penulis Indonesia bernama Alvi Syahrin. Buku yang ditebitkan Alvi Ardhi Publishing ini telah terjual lebih dari 20.000 eksemplar.

Seperti judulnya, saat membaca buku ini kamu akan menemukan berbagai perasaan insecure yang bisa terjadi pada semua orang. Alih-alih malu dan menghambat kamu buat berkembang, kamu akan menemukan cara untuk bisa menerimanya sekaligus melihatnya dari sudut pandang yang lain agar bisa lebih percaya diri.

How to Respect Myself

Buku How to Respect Myself yang bisa dibaca saat perasaan sedang tidak baik-baik saja.
Rekomendasi buku self improvement paling best seller/instagram/transmediapustaka

Mau belajar untuk lebih menghargai diri sendiri? Coba baca buku 'How To Respect Myself: Seni Menghargai Diri Sendiri' ini, Beauties. Buku yang berasal dari Korea Selatan ini ditulis oleh seorang psikiater bernama Honggyun Yun dan diterbitkan oleh Transmedia Pustaka. Berbeda dari buku sebelumnya, saat membaca buku ini kamu akan menemui 24 latihan.

Bukan latihan soal, tapi justru metode untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri. Cara ini memudahkan pembaca untuk menganalisis apa saja yang terjadi pada diri. Lewat ilmu kedokteran yang dimiliki oleh penulis, buku ini akan membantu kamu mengenali emosi, rasa sakit, hingga stres yang terpendam dan cara untuk menanggapinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id